Apakah kamu cewek dengan rentang usia 20-25 tahun yang masih awam mengenai perawatan anti-aging atau penuaan dini?

Jika iya, berarti kamu telah melakukan sedikit kesalahan. Wah, kok bisa? Iya, karena perawatan semacam menjaga kulit agar tidak cepat keriput itu penting, meski usiamu belum beranjak tua. Bukan menyuruh untuk perawatan di klinik kecantikan atau memakai krim macam-macam, tapi sadari saja jika kulitmu itu butuh nutrisi agar tetap kencang dan elastis dengan bahan-bahan berbau alami.

Kabar gembiranya, Hipwee Tips punya daftar bahan-bahan alami penjaga keremajaan kulit, agar kamu tak repot-repot mencari di tempat lain. Penasaran? Ini dia…

1. Kandungan vitamin dan mineral dalam mentimun sangat ampuh membuat kulitmu sehat dan terlindung dari radikal bebas

Mentimun

Sayuran hijau ini tidak hanya rendah kalori, tapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan vitamin C-nya dapat membebaskan wajahmu dari kerutan dan kerusakan lainnya akibat terpapar cahaya matahari. Selain itu kandungan tersebut juga dapat membentuk kolagen, protein yang membuat kulitmu selalu tampak muda.

Advertisement

Pengolahannya pun macam-macam, kamu bisa membuat jus mentimun atau bahkan menghaluskannya, lalu dipakai sebagai masker rutin. Selamat mencoba!

2. Kunyit mengandung antikoksidan tinggi sehingga baik untuk menjaga keremajaan kulitmu. Say good bye to keriput!

Untuk urusan anti-aging, tidak ada ahli kecantikan yang tak mengenal dan menyarankan pemakaian kunyit. Berdasarkan skala ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity), yaitu skala yang mengukur jumlah dan aktivitas antioksidan pada makanan, kunyit lah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Dan kita semua tahu kalau antioksidan dapat melindungi kulit dan mencegah radikal bebas menghancurkan tekstur dan elastisitas kulit.

3. Berkat kandungan vitamin C dalam tomat, kulitmu akan senantiasa elastis sekaligus sehat

Karoten yang terdapat dalam tomat dapat membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Tidak hanya itu, tomat juga mampu melindungi kulit dari bakteri yang merusaknya. Kulitmu akan semakin kuat dan elastis setelah menggunakan tomat, keriput pun tak akan berani mendekat. Bisa dibikin masker atau langsung dikonsumsi 🙂

4. Meski tradisional dan terkesan kuno, air tajin masih diyakini sebagai bahan alami pencerah dan pengencang kulit

Air tajin via jinoharu.com

Coba tanya ke Mbah atau Eyangmu, pasti mereka kenal dekat dengan manfaat air tajin atau air rebusan beras. Air tajin dapat berfungsi sebagai pelembab sekaligus antioksidan. Penggunaan air tajin dapat memperlancar sirkulasi, mencegah tanda-tanda penuaan, serta membuat kulitmu makin cerah alami.

Cara membuatnya cukup mudah, tambahkan air yang lebih banyak dari biasanya saat memasak nasi. Saat mendidih sebelum nasi matang, ambil airnya dengan menggunakan sendok kayu.

5. Kandungan air bunga mawar bisa kamu andalkan untuk membuat kulitmu tetap kencang dan lembab

Air mawar via naturehacks.com

Air bunga mawar mungkin sering sekali kamu temukan dalam berbagai macam kosmetik yang kamu gunakan sehari-hari. Kandungan air mawar memang dikenal sangat baik untuk kulit. Salah satunya dapat berfungsi sebagai moisturizer atau lotion yang mampu meminimalkan kerutan terutama di daerah sekitar mata.

Selain itu, air mawar juga mengansung antioksidan yang dapat membuat kulitmu tetap kencang, lembab dan elastis.

6. Pepaya, buah ajaib yang nggak cuma enak dimakan, tapi juga baik untuk keremajaan kulitmu

Pepaya via thedcladies.com

Pepaya dipercaya sebagai buah terbaik untuk urusan merawat kulit sekaligus rambut. Buah ini memang kaya akan vitamin A dan antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk membuat kulit awet muda. Enzim papain dalam pepaya mampu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit. Manfaat lain pepaya untuk kulitmu adalah akan membuatnya tampak lebih elastis.

7. Kombinasi terbaik bahan alami untuk merawat kulit ada pada jus lemon dan madu. Kira-kira apa saja manfaatnya?

Lemon + madu via simplybeach.com

Lemon mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan terbaik. Sementara madu berfungsi sebagai moisturizer, keduanya bisa menjadi kombinasi perawatan kulit awet muda yang ampuh. Cukup oleskan campuran itu pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dan lakukan rutin setiap hari. Selamat datang, kulit yang selalu muda!

Jangan malas lagi! Yuk rawat kulitmu agar awet muda dari sekarang, sebelum semuanya terlambat 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!