Urusan berat badan tak hanya berpengaruh pada penampilan saja. Lebih dari itu, berat badan ideal nyatanya mampu menunjang aspek kehidupan lain, misalnya perkara pekerjaan hingga hubungan cinta. Akibtanya, banyak orang yang mau menjajal berbagai macam cara demi mendapat berat badan yang ideal.

Nah, salah satu cara yang lazim dilakukan adalah dengan melakukan program diet. Sayangnya, banyak dari kita yang seringkali gagal dalam menjalankan dietnya. Sulitnya menjaga pola makan biasanya jadi alasan utama. Di artikel kali ini Hipwee akan berbagi tips agar dietmu konsisten hingga meraih berat badan ideal yang kamu impikan!

1. Saat menjalani diet, niat yang kuat adalah modal utama. Tuliskan komitmenmu pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar agar semangatmu tetap terjaga

Kuatkan komitmen via prenatalyogapittsburgh.com

Dalam menjalankan program diet, hal pertama yang jelas harus kamu punya adalah niat yang kuat. Saat terlintas keinginan untuk diet, coba dengungkan dalam kepalamu pertanyaan-pertanyaan berikut ini;

 “Kenapa aku harus diet, ya?”

“Apa diet yang aku lakukan memang penting dan akan bermanfaat?”

Advertisement

Memupuk niat yang kuat otomatis juga akan menguatkan komitmenmu. Membuat komitmen pada diri sendiri mungkin menjadi hal yang paling berat, namun bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Selalu ingatkan pada dirimu bahwa perjuangan ini tidak akan sia-sia.

Rasa puas akan kamu dapatkan ketika berat badan idaman sudah kamu raih. Salah satu cara yang paling efektif adalah tulis komitmenmu di atas sebuah kerta dan tempelkan di atas cermin yang biasa kamu gunakan untuk berkaca, agar semangatmu tetap terjaga.

2. Pasang poster tubuh ideal yang kamu impikan supaya keinginan menjalani program dietmu tak mudah timbul tenggelam

Pasang foto tubuh idamanmu via wallpaperswide.com

Cetaklah dalam porsi sedang, foto atau poster tubuh ideal yang kamu impikan. Misalnya, kamu bisa mengambil gambar-gambar tubuh yang ideal dari internet. Secara tidak sadar, kekuatan visual akan mengirimkan sinyal dalam dirimu agar kamu selalu ingat dengan tujuan diet yang kamu lakukan. Bisa juga pasang foto kekasih atau gebetan misalnya, karena mereka adalah motivasi nyata agar dietmu tidak berhenti di tengah jalan.

3. Demi menghindari aktivitas nongkrong dan makan kudapan tak sehat, habiskan waktumu untuk bergaul dengan teman-teman yang punya hobi olahraga

Cari teman yang punya banyak kegiatan via www.facebook.com

Terkadang, orang-orang di sekitarmu adalah rintangan terbesar dalam program diet yang kamu jalani. Pasalnya, acara kumpul dengan teman seringkali dihabiskan dengan nongkrong dan mengkonsumsi kudapan-kudapan yang tak sehat.

Nah, akan lebih baik lagi jika kamu dan teman-temanmu memiliki hobi yang sama, misalnya olahraga atau kegiatan lain yang mengandalkan aktivitas fisik. Yang pasti, aktivitas fisik yang kamu jalani bersama teman akan terasa lebih menyenangkan dan sudah pasti kebugaran tubuh dan program dietmu pun akan tetap terjaga.

4. Diet tak bisa dijalani dengan asal-asalan atau sesuka hatimu. Catat perkembangan dietmu dari waktu ke waktu agar semangatmu pun terus terpacu

Buatlah jurnal foto via hiddensixpack.com

Buatlah catatan atau jurnal sederhana tentang perkembangan dietmu dari waktu ke waktu. Bila perlu buatlah foto jurnal yang dengan jelas menunjukkan perubahan bentuk tubuhmu. Cara ini sudah pasti efektif menjaga semangatmu agar tetap terpacu.

Melihat perubahan secara nyata melalui foto jurnal akan membuat kamu terus berusaha untuk mencapai berat badan ideal. Bagaimana pun, kekuatan visual akan membantu menjaga komitmen yang sudah kamu bangun sejak awal agar tetap terjaga konsistensinya.

5. Program diet yang dijalani tak harus membuatmu stres atau tertekan. Jadikan dietmu sebagai gaya hidup maka segala yang kamu lakukan akan terasa lebih ringan

Jadikan dietmu menyenangkan via watchfit.com

Tak perlu menjadikan diet sebuah momok karena kamu harus meninggalkan makanan kesayanganmu atau waktu makanmu yang harus berkurang. Lihatlah diet yang kamu jalani dari sudut pandang yang positif. Bahwa diet sebenarnya bisa dijadikan sebagai sebuah gaya hidup dan bukan hanya sebagai program menurunkan berat badan.

Bayangkan betapa sehatnya tubuhmu jika kamu berhasil menjalani diet dengan konsisten. Kemungkinan punya umur lebih panjang dan terhindar dari beragam penyakit berbahaya pun semakin besar. Justru menjadikan diet sebagai beban hanya akan mengakibatkan program penurunan berat badanmu berakhir berantakan.

6. Sibuk membandingkan tampilan diri dengan orang lain adalah hal yang percuma. Fokuslah pada diet yang kamu jalani agar kerja kerasmu tak terbuang sia-sia

Tak perlu membandingkan dengan yang lain via tombasson.wordpress.com

Tak perlu membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang tentu punya kemampuan yang berbeda-beda. Sibuk merutuki tampilan diri dan mendamba-dambakan tubuh ideal layaknya orang lain hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

Pahamilah bahwa setiap orang memiliki kondisi genetik dan proses metabolisme yang berbeda. Membandingkan diri dengan orang lain akan mengalihkan konsentrasimu dalam program diet yang sedang kamu jalani. Tak jarang hal tersebut justru menimbulkan tekanan yang berpotensi membuat berat badanmu naik lagi.

7. Tubuh yang ideal tak bisa didapat dengan cara instan. Butuh perjuangan dan proses panjang demi memiliki bentuk tubuh yang kamu impikan

Jalani dengan rileks via sunandmoonoriginals.blogspot.com

Selain rileks, hal lain yang harus kamu tanamkan dalam-dalam adalah menyadari bahwa tidak ada proses yang instan. Jangan mudah termakan iklan obat-obatan yang konon katanya bisa membuatmu kurus atau punya tubuh yang ideal hanya dalam sekejap.

Meskipun butuh perjuangan dan proses yang panjang, nikmati saja prosesnya. Ketika program dietmu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, maka menurunkan berat badan tidak akan menjadi fokus utamamu lagi. Lebih dari itu, kamu akan dengan senang hati menjalankan diet demi punya tubuh yang sehat dan selalu bugar.

8. Jadikan masa lalu sebagai motivasi agar semangat dietmu tak akan kendur lagi!

Lihatlah ke depan via stepitupwithsteph.com

Melihat foto masa lalu yang berhubungan dengan bentuk badan terkadang terasa menyakitkan. Pasalnya, mengingat perjuangan selama menjalani program diet bisa menimbulkan ketakutan tersendiri dalam dirimu. Bisa jadi kamu merasa takut lantaran tak ingin kembali pada bentuk tubuh yang seperti dulu lagi.

Berpikirlah bahwa setiap orang pasti pernah memiliki masa yang tidak indah. Tapi, lihatlah ke depan di mana tujuan dan hal-hal baik sedang menanti. Alih-alih menjadikan masa lalu sebagai momok, lebih baik mengingatnya sebagai motivasi. Melihat perubahan yang sudah terjadi pun akan membuatmu percaya bahwa tidak ada usaha yang sia-sia dan mustahil untuk dijalani.

Itulah 8 tips yang bisa membantu agar dietmu tetap konsisten. Bagaimana pun, tubuh ideal tak bisa didapat dengan cara-cara instan. Nikmatilah setiap prosesnya karena kelak saat bentuk tubuhmu sudah sempurna, kamu pun bisa berbangga dengan dirimu sendiri.

Semakin semangat untuk menjalankan dietmu ‘kan? Semoga sukses, ya!