Penampilan kamu yang sudah keren bisa rusak seketika gara-gara ada jerawat. Entah itu jerawat yang baru tumbuh, lagi matang-matangnya, atau berupa bekas, tetap saja memengaruhi kemulusan kulit wajah. Alhasil, kamu jadi nggak percaya diri (PD). Mau beraktivitas dan pergi ke manapun rasanya makin nggak mood karena noda mungil merah satu ini.

Untuk itu, agar rutinitasmu nggak terganggu dan berjalan dengan baik, kamu perlu menjaga mood dan kadar PD saat berjerawat. Walau memang tak mudah, kamu wajib coba demi kebaikan bagi diri sendiri. Simak 8 tipsnya berikut ini yuk.

 

1. Jerawatan bukan berarti kamu sama sekali nggak pakai make-up. Boleh tetap pakai bedak, tetapi yang tipis saja ya

tipis saja via www.yahoo.com

Penggunaaan kosmetik seringkali dianggap jadi penyebab wajahmu berjerawat, sehingga kamu jadi enggan memakai make-up. Sebetulnya, sah-sah saja kamu gunakan make-up karena dapat mencerahkan kulit. Wajahmu nggak bakal terlihat kusam dan tak masalah juga saat berjerawat. Namun, kamu harus menjaga kadar memakai kosmetik supaya tidak berlebihan – yang membuat jerawatmu makin menjadi. Misalnya saja pakai bedak tipis agar kandungan kimia yang terdapat pada bedak nggak banyak menempel di wajah.

2. Wajah berjerawat dapat tersamarkan dengan concealer. Cukup olesi pada area tertentu

Advertisement

concealer biar tersamarkan via www.youtube.com

Mungkin kamu suka bingung mencari cara agar jerawat tersamarkan. Padahal, terdapat kosmetik yakni concealer yang dapat menyamarkan jerawat. Kamu tinggal gunakan pada area-area yang ada jerawat saja, maka wajahmu bakal terlihat mulus. Seperti sama sekali tak ada ‘noda’ yang mengganggu penampilan.

3. Alihkan wajahmu yang berjerawat pada bibir. Gunakan lipstik dengan warna terbaik sesuai kulit

pakai lipstik via www.stylechum.com

Satu hal yang pasti kamu wajib lakukan saat jerawatan yaitu mengalihkan penampilan pada bibir. Kamu dapat poleskan lipstik terbaik sesuai warna kulit agar terlihat cerah dan kadar cantikmu nggak berkurang. Dengan begitu, perhatian orang sekitar dapat teralihkan. Hehe.

4. Kamu bisa galau berhari-hari cuma karena sering melihat jerawat di kaca? Sementara kurangi dulu aktifitas ngaca dari sekarang

jangan sering berkaca via www.orogoldcosmetics.com

Berkaca merupakan kegiatan yang sering banget cewek lakukan. Entah sebagai ajang mengagumi diri, mengecek riasan wajah, atau melihat jerawat pasti dilakukan beberapa menit sekali. Untuk itu, kurangi deh dari sekarang karena sering berkaca bikin kamu lama-lama stres karena ada jerawat. Daripada jadi nggak PD melulu ‘kan?

5. Biasakan untuk nggak berprasangka aneh ketika ada yang memperhatikan wajahmu. Anggap saja jerawat bikin tambah manis dan imut

imut via kenxsys.com

Berjerawat memang bikin kamu jadi sensitif. Tanpa disadari kamu jadi suka berprasangka aneh ketika ada yang memperhatikan. Padahal, belum tentu juga mereka melihat kamu gara-gara jerawat. Mikir yang aneh-aneh nggak baik buat kamu, mendingan berpikir positif deh. Anggap saja jerawat bikin tambah manis dan imut, hehe.

6. Jangan dipikirkan saat dengar komentar menyebalkan soal jerawat. Anggap saja sebagai angin lalu

cuekin saja via www.twistmagazine.com

Jika kamu mendengar ada orang yang berkomentar menyebalkan soal wajahmu, sebaiknya jangan dipikirkan deh. Kamu cuekin saja dan anggap hanya sebagai angin lalu. Dan nggak perlu dimasukkan ke hati juga. Supaya kamu nggak down dan tetap PD.

7. Menjaga kesehatan kulit wajah tetap wajib dilakukan. Plus mengonsumsi makan dan minuman yang menyehatkan

menyehatkan tubuh via www.bustle.com

Wajah yang lagi berjerawat harus tetap kamu rawat dengan baik. Namun, kamu perlu ketahui perawatan mana saja yang bisa dilakukan. Seperti halnya membersihkan wajah dan maskeran yang memang diperuntukkan untuk kulit berjerawat. Nah, untuk jenis perawatan yang dilarang yaitu facial. Kamu dapat menundanya dulu hingga jerawatmu menghilang.

Kamu pun juga perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pilih sayuran, buah-buahan, dan air mineral yang penuh manfaat bagi tubuh.

8. Dan outfit ciamik perlu diperhatikan. Jangan lupa tebarkan senyum terindahmu ya

Bukan hanya wajah, tapi penampilanmu secara keseluruhan memegang peranan penting. Wajah boleh berjerawat, tapi jangan sampai ganggu penampilanmu deh. Misalnya saja dengan mengenakan outfit ciamik yang bakal meningkatkan kadar PD kamu. Ditambah dengan senyuman menawan, jerawat nggak boleh menghalangi kamu untuk tampil sempurna.

 

Punya wajah yang lagi jerawatan memang bikin bete. Tapi, jangan sampai ganggu penampilan kamu, bahkan mengurangi mood dan kadar PD yang menurun. Biar makin lengkap, hindari tangan menyentuh wajah ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya