Aktivitas yang padat, tugas yang menumpuk, bahkan – kalau kamu ibu muda – anak yang rewel sepanjang siang kadang mengharuskan kamu untuk bekerja ekstra di malam hari. Karena otak harus kerja keras inilah, tak jarang kamu merasa kelaparan di tengah malam. Padahal, kamu sudah makan cukup banyak sebelumnya. Terus bagaimana dong?

Mengisi perut yang keroncongan di malam hari nggak ada salahnya, kok. Nggak usah merasa berdosa ketika kamu harus melakukannya. Tapi, alangkah lebih baik kalau kamu mengkonsumsi makanan yang aman dimakan di malam hari.

Di artikel ini, Hipwee akan membagikan makanan apa saja yang lezat tapi juga aman dikonsumsi di malam hari. Apa saja makanan tersebut? Mari kita cek!

Meski tidak sedang diet, jelas kamu harus menghindari makanan berlemak seperti rendang atau lontong opor

Lapar di tengah malam, makan saja! via matrastianshi.blogspot.com

Advertisement

Mungkin kamu bukan orang yang terlalu memperhatikan penampilan. Kamu pun cuek dengan berat badanmu. Tapi, tidak ada salahnya juga kan menjaga kesehatan dengan menjaga apa yang kamu konsumsi di malam hari. Caranya cukup sederhana, kamu cukup mengurangi makanan yang berlemak dan kalori tinggi. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan gizi akan membuat perutmu tidak gampang lapar. Makanan yang kaya gizi dan vitamin sebenarnya ada mudah kamu dapatkan. Hanya, cara memasaknya saja yang perlu kamu perhatikan agar menjadi enak disantap.

Mau begadang nonton bola? Kacang rebus adalah teman sejati kalau pacar nggak mau menemani

Camilan murah sekaligus menyehatkan via www.flickr.com

Kamu yang hobi begadang demi menonton pertandingan bola kegemaranmu pasti akan merasa kurang lengkap jika nonton pertandingan tanpa camilan. Banyak yang bilang, ngemil di malam hari bisa membuatmu tidak sehat. Eits, tunggu dulu, tidak semua camilan itu buruk. Ngemil di malam hari sambil menonton televisi sah-sah saja kamu lakukan. Yang perlu kamu perhatikan adalah memilih camilan yang pas sebagai pendampingmu menonton televisi. Tentu saja, tidak disarankan untuk kamu ngemil makanan yang menggandung MSG walaupun enak. Kamu bisa memilih kacang rebus sebagai camilan kamu di malam hari.

Kacang mengandung kalori yang rendah dan kaya akan nutri dan serat. Tak hanya mencegahmu kelaparan di malam hari, kacang juga bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak karena kacang dapat meningkatkan produksi serotin dalam tubuh.

Kamu bisa juga makan sandwich dari roti gandum. Lebih enak, dan bisa bikin kamu kenyang sampai pagi

Sandwich bergizi via duniafitnes.com

Ketika sedang asyik mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan keesokan harinya, tiba-tiba perutmu berbunyi keroncongan. Rupanya tugas yang menumpuk membuat otakmu bekerja keras sehingga butuh energi lebih. Tak perlu cemas, kamu bisa mengisinya dengan roti gandum. Gandum banyak disarankan oleh ahli kesehatan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Alasannya, gandum dapat membuat kita tidur lelap dan mengurangi keinginan ngemil karena dalam gandum meningkatkan kadar triptophan yang mendorong produksi serotonin dalam tubuh. Tapi jangan minm jus gandum juga ya.

Supaya roti gandum tersebut dapat kamu nikmati dengan nikmat, kamu bisa mengolahnya menjadi setangkup sandwich. Yang kamu perlukan antara lain:

  • dua lembar roti gandum
  • tomat dan selada air, dipotong sesuai selera
  • daging merah/ dada ayam/ tuna/ salmon (sesuai selera)
  • madu/ yogurt

Pertama-tama, rebuslah daging yang sudah kamu siapkan. Susun semua bahan, sebagai pengganti mentega gunakan madu atau yogurt tawar.

Sudah, jangan mimpi makan opor. Justru ini kesempatanmu buat makan salad buah yang segar.

Lebih tampak sedap kan? via manfaatkhasiat.com

Buah-buahan segar juga bisa membantumu mengganjal perut yang sedang keroncongan di malam hari. Kalau kamu bosan dengan tampilan buah yang begitu-begitu saja, kamu bisa menyulapnya menjadi salad buah yang lebih membangkitakan selera makanmu. Siapkan buah-buahan segar sesuai seleramu, madu, dan yogurt tawar. Potong kecil-kecil semua buah. Aduk madu dan yogurt tawar jadi satu. Setelah rata, tuangkan adonan madu dan yogurt ke atas potongan buah. Campur semuanya sampai merata. Salad buah siap kamu nikmati di malam begadangmu.

Kalau malas makan salad, sulap saja buah-buahan itu jadi jus segar

Mengubah buah menjadi jus agar tampak lebih menarik via www.theurbanlist.com

Selain salad, kamu juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur dengan membuatnya menjadi jus yang segar agar tidak bosan. Campurlah sayuran seperti brokoli, wortel, atau tomat dengan buah-buahan yang memiliki rasa dasar manis seperti apel, pisang, atau pepaya, untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Kamu juga boleh menambahkan daun mint ke dalam jusmu agar rasanya jadi lebih segar.

Segelas susu rendah lemak akan membuat perutmu kenyang dan tidurmu lelap

Minum susu berkalsium tinggi membuat badanmu tetap kuat via www.sayangi.com

Minum susu tengah malam juga tidak dilarang kok. Pilihlah susu rendah lemak yang berprotein tinggi. Sehingga perut kamu terasa kenyang tapi tidak menambah lemak. Sudah tidak dipungkiri lagi, kalau kadungan gizi dalam susu sangat baik untuk tubuhmu. Meminum susu tiap malam membuat tidurmu lelap dan daya tahan tubuhmu kuat.

Kabar gembira! Makan mie instan di malam hari bukan dosa!

Tidak lengket karena minyak via mariabalun.blogspot.com

Bagi kamu yang gemar bikin mie instan di malam hari, ada kabar gembira untukmu. Kamu tak perlu cemas makan mie instan di malam hari karena ada juga mie instan yang rendah lemak dan kalori. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkannya dengan irisan sayur dan rebusan dada ayam.

Tubuh yang kurus memang awesome, tapi yang terpenting adalah tubuh yang sehat. Jika aktivitasmu padat, tubuhmu butuh banyak asupan energi, jadi tak ada salahnya kamu mengisinya kapanpun asal dengan makanan yang bergizi. Nah, mau makan apa kamu malam ini?