Kamu sudah mencoba berbagai macam cara untuk merampingkan anggota tubuhmu tapi tak kunjung berhasil dan lemak-lemak masih betah ada di sana? Mungkin, itu karena kamu belum paham jenis lemak apa yang sedang kamu hadapi.

Faktanya, tubuh kita memiliki jaringan adiposa di seluruh tubuh yang terbuat dari adiposit (sel lemak). Meskipun begitu, distribusi lemak di tubuh tiap orang itu berbeda bergantung jenis kelamin, aktivitas, etnis, dan faktor lainnya. Cewek misalnya, banyak menyimpan lemak di bokong, paha, bagian dalam lutut, lengan atas, sekitar pusar, area antar paha, dan jaringan payudara. Sementara cowok lebih banyak menyimpannya di perut, sekitar pusar, area antar paha dan beberapa di antaranya juga ada yang menyimpannya di jaringan payudara. Meski ini hanya memakai pola dominan, intinya cowok memiliki persentasi lemak tubuh yang lebih sedikit dibanding cewek.

Lalu apa saja jenis-jenis lemak yang ada di tubuh kita dan bagaimana cara menghilangkannya? Nih, Hipwee Tips kasih bocorannya…

1. Lemak Cokelat; bukan jenis lemak yang perlu ditakuti, karena ia mampu membantumu membakar kalori

lemak cokelat via recfitapp.com

Lemak cokelat banyak ditemukan pada orang kurus dan anak-anak dan ketika dirangsang, lemak jenis ini bisa membakar kalori. Fungsi ini yang kemudian membuat banyak ilmuwan mencari cara untuk meningkatkan lemak cokelat agar bisa mengatasi obesitas.

Advertisement

Seseorang dengan berat 150 pon punya 20-30 pon lemak dan hanya ada 2-3 pon lemak coklat di dalamnya. Meski sedikit, itu bisa membakar 300-500 kalori per hari.

2. Kenalkan juga Lemak Putih yang jumlahnya lebih banyak daripada lemak cokelat. Fungsinya, menyimpan energi dan memproduski hormon

lemak putih via www.phillymag.com

Lemak putih jumlahnya jauh lebih banyak daripada lemak cokelat. Fungsinya untuk menyimpan energi dan memproduksi hormon yang kemudian disekresikan ke dalam aliran darah. Sel-sel lemak kecil menghasilkan hormon adiponektin, yang membuat hati dan otot jadi sensitif terhadap hormon insulin.

Pada orang gemuk, produksi adiponektin melambat atau dimatikan, sehingga jadi lebih mudah kena penyakit. Jadi kamu perlu menjaga berat tubuhmu agar tidak terlalu gemuk dan berpotensi obesitas.

3. Ini lemak yang dikenal berbahaya karena bersemayam di sekitar organ-organ penting, di dunia kesehatan di kenal dengan nama Lemak Visceral

lemak visceral via tru.vision

Dari perspektif kesehatan, lemak visceral adalah yang paling berbahaya. Tapi kabar baiknya adalah, bahwa program penurunan berat badan akan menyebabkan hilangnya lemak visceral ini. Jadi kalau kamu ingin menghilangkan lemak jenis ini, yang harus kamu lakukan adalah berfokus pada pola makan dan jenis makanan apa saja yang kamu konsumsi. Intinya diet dan jaga pola makan saja sih 🙂

4. Beda dengan lemak visceral yang bisa dihilangkan dengan diet, Lemak Subkutan lebih gampang dihilangkan dengan rajin berolahraga

lemak subkutan via www.acefitness.org

Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah lapisan kulit yaitu sekitar 80% dari semua lemak tubuh. Lemak subkutan itu ibarat lapisan bawang, jadi hilangnya lapis demi lapis di seluruh tubuh, bukan dengan cara menghilangkannya di area tertentu saja. Karena pada faktanya, timbunan lemak tiap orang berbeda.

Misalnya, yang menjadi area timbunan lemak di tubuhmu pertama kali adalah perut dan selanjutnya lemak juga muncul di lenganmu. Maka, lemak yang akan lebih mudah hilang adalah lemak di lengan, sementara lemak di perut akan hilang belakangan setelah rutin berolahraga.

Dari ke-empat jenis lemak tadi seharusnya kita bisa belajar bahwa menjaga pola hidup dengan selalu mengedepankan kesehatan daripada kenikmatan itu penting. Meski Tuhan sudah mengatur bentuk dan susunan tubuh kita sedemikian rupa, menjaga dan senantiasa memperhatikannya adalah bagian dari yang namanya usaha. Cheers!

Berikut ini Hipwee Tips berikan secara gratis berbagai jenis olahraga dan gerakan ringan untuk menghilangkan ke-empat jenis lemak tadi pada artikel-artikel di bawah ini:

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!