Untuk sebagian orang, punya badan ginuk-ginuk dan pipi chubby itu anugerah, tapi juga musibah. Namun, ternyata masih ada juga orang yang merasa insecure dengan keadaan yang sebenarnya menggemaskan ini. Mau pesen menu diet di katering mahal, mau nge-gym juga nggak minat. Bingung deh harus ngapain.

Dan uniknya, ternyata ada beberapa makanan khas warteg (warung tegal) yang menyimpan banyak manfaat untuk menjaga berat badanmu agar selalu ideal, sekaligus sehat. Berikut Hipwee Tips rangkumkan deretan ‘makanan ajaib’ ini untukmu…

1. Tumis pare memang pahit, tapi khasiatnya buat tubuhmu jangan ditanya. Vitamin C dan serat yang tinggi lah jawabannya

Tumis Pare, pahitnya bikin kamu sehat! via www.maksindo.com

Di balik pahitnya pare, ternyata mengandung sejuta manfaat yang baik untuk kesehatanmu. Di antaranya melancarkan gerak peristaltik pada saat memproses makanan, sehingga kamu terhindar dari sembelit atau susah BAB. Nggak hanya itu, antioksidan berupa vitamin C yang terdapat dalam pare bisa menangkal radikal bebas.

Satu hal yang paling penting, pare mengandung zat yang bisa menurunkan dan menjaga kadar gula darah. Karenanya, cocok banget dijadikan menu santap siangmu yang tengah diet. Menu tumis pare ini hampir bisa dipastikan tersedia di banyak warteg. Murah dan kaya manfaat banget ‘kan?

2. Daripada melahap sayuran bersantan yang bikin pipi tambah puffy, baiknya melahap Trancam yang kaya akan serat!

Advertisement

trancam via cupuwaturesto.com

Menu yang satu ini hampir mirip urap (makanan khas tatar Sunda). Trancam terdiri dari beragam sayuran yang ditaburi parutan kelapa berbumbu. Adapun sayurannya terdiri dari kacang panjang, taoge, mentimun, serta daun kemangi.

Menu khas Jawa Tengah ini bisa ditemukan di beberapa warteg juga. Trancam mengandung banyak serat karena bahan-bahannya terdiri dari sayuran rebus, sehingga minim lemak yang berasal dari minyak goreng.

3. Siapa yang nggak suka tumis kangkung? Sayuran murah meriah dengan manfaat melimpah

Daripada makan junk food, mending menyantap tumis kangkung! via resepmedia.com

Seperti yang dilansir halosehat.com, kangkung merupakan salah satu sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan, khususnya berat badan. Berikut adalah manfaat kangkung yang perlu kamu tahu:

  • Kangkung merupakan sayuran rendah kalori
  • Mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B, C, niasin, piridoksina, riboflavin, asam folat dan mineral yang baik bagi tubuh
  • Kangkung mengurangi gejala insomnia, sehingga tidurmu lebih nyenyak
  • Kandungan serat yang tinggi dalam kangkung membuat pencernaanmu lancar.

4. Acar timun ternyata wajib banget masuk daftar menu dietmu. Sebab, semangkuk timun hanya mengandung 16 kalori saja!

Sebab semangkuk timun cuma mengandung 16 kalori aja! via resepkecilku.top

Kandungan kalori yang rendah pada timun, menjadikan sayuran ini sangat cocok untuk dijadikan menu dietmu. Kandungan fiber atau serat yang kaya pada timun juga membantu menjaga berat badanmu. Acar timun yang sering kita temui di warteg biasanya juga terdiri dari wortel, cabai, bawang merah dan timun itu sendiri.

FYI, wortel ternyata juga sayuran yang tepat untuk diet. Dilansir dari myilifestyle.com, jika kamu mengonsumsi wortel pada siang dan malam, maka berat badanmu pun dapat turun 3-4 kg. Wow!

5. Hindari makan daging-dagingan kaya lemak, baiknya ganti saja dengan Orek Tempe yang rendah lemak

orek tempe via resepseharihari.com

Menu orek tempe bisa dibilang selalu ada di warteg manapun. Demi berat badan yang lebih ideal, baiknya ganti menu daging-daginganmu dengan menu olahan tempe. Yang salah satunya orek tempe ala warteg. Tempe cocok untuk diet karena merupakan sumber protein nabati. Nggak hanya itu, tempe juga mengandung vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, dan serat.

6. Tumis Sawi Putih, tak hanya cocok sebagai menu diet, tapi juga bisa bikin kulitmu tambah sehat dengan kandungan vitamin E-nya!

Tumis Sawi Putih. via www.resepumiku.com

Nggak susah mencari sayuran yang satu ini di sejumlah warteg di berbagai daerah di Indonesia. Tumis sawi putih ini bisa banget dijadikan pilihan untuk menu dietmu. Kandungan kalsium dalam sawi putih berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan juga menurunkan kolesterol.

Pssst, sawi putih juga baik untuk kesehatan kulitmu, lho! Yup, karena kandungan vitamin E-nya. Oleh karena itu, dengan segala kelebihannya, jangan ragu untuk memilih tumis sawi putih sebagai menu makan siangmu sehari-hari.

7. Masih tentang tempe, tempe bacem penggempur lemak ini bisa kamu beli di warteg dengan harga super murah

Tempe Bacem, mudah kamu temui di sejumlah warteg. via www.koran-jakarta.com

Buat kamu anak kost’an yang berniat diet demi pipi yang lebih tirus, udah pergi ke warteg aja. Tinggal pesan sayur-mayur, setengah porsi nasi, dan lauknya tempe bacem! Olahan tempe yang satu ini bisa banget kamu pilih sebagai lauk pengganti daging-dagingan.

Tempe sendiri mengandung vitamin B12 yang tinggi. Istimewanya lagi, vitamin jenis ini hanya terdapat pada produk hewani dan nggak terdapat pada makanan nabati. Jadi, tempe adalah sumber vitamin yang potensial.

P.S: tempe juga mengandung isoflavon, yakni suatu zat antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Nggak nyangka ‘kan kalau makanan-makanan warteg tadi bermanfaat buat tubuhmu? So, murah bukan berarti murahan, ya 🙂 Salam warteg!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!