Meskipun teknologi kian canggih dan peradaban dunia sudah mulai berkembang pesat, kita nggak bisa lepas dari yang namanya hal-hal tradisonal. Nggak usah jauh-jauh, ambillah arang sebagai contoh paling sederhana. Kita nggak bisa lepas dari arang ketika hendak melakukan kegiatan bakar-membakar. Mungkin kita bisa menggunakan kompor, tetapi cita rasa yang kita dapat tentu berbeda dengan pemanfaatan arang sebagai media pembakaran, bukan?

Nah, berbicara mengenai arang, ternyata benda hitam satu ini memiliki banyak manfaat untuk kita yang mau mengolahnya. Entah itu untuk kecantikan atau untuk kesehatan. Kali ini Hipwee Tips akan memberikan trik pemanfaatan arang bagi kecantikan dan kesehatan yang pasti nggak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya. Apa sajakah itu?

Kandungan alkali dalam arang ternyata mampu memutihkan gigi. Yes! senyummu makin percaya diri

Gosok terus~ via www.pinterest.com

Mungkin agak sedikit aneh ketika kamu tahu arang bisa memutihkan gigimu yang menguning. Ternyata, benda yang dihasilkan dari pembakaran kayu ini mengandung alkali yang bisa membuat lingkungan sekitarnya menjadi basa. Kadar basa inilah yang bisa membantu proses pembersihan dan pemutihan pada gigi.

Caranya cukup mudah. Tumbuklah arang hingga halus, lalu campur dengan pasta gigi dengan perbandingan 2:1. Nah, setelah itu tuangkan pada sikat gigi, dan mulailah menggosoknya seperti biasa. Sebagai catatan, nggak perlu pakai pasta gigi pun nggak masalah.

Advertisement

Selain berguna untuk memutihkan gigi, arang juga bisa membuat bau mulutmu pergi. Dengan cara berkumur dengan bubuk arang yang telah dilarutkan dengan air putih. Simpel, bukan? Awalnya memang gigimu akan tampak hitam semua, tapi setelah kamu bilas, gigi putih bersih akan kamu dapatkan.

Punya masalah dengan bau badanmu yang mengganggu? Tenang, buat lulur dari batangan arang saja

Batangan arang kaya manfaat. via www.dakaractu.com

Jangankan bau mulut, bau badanmu aja bisa hilang cuma dengan arang! Nggak percaya? Cobalah tumbuk arang hingga sedikit halus, menyerupai scrub. Gunakan serbuk arang tersebut ke seluruh badan, sebelum mandi. Ya, seperti menggunakan lulur biasa. Untuk hasil, nggak perlu ragu lagi. Bau badanmu sudah sirna seketika!

Masker arang ternyata juga bagus untuk perawatan wajah. Hasil memuaskan dengan harga murah

Make your own! via eatdrinkpaleo.com.au

Buat kamu para ‘petani jerawat’, kamu bisa mengakhiri karir buruk wajahmu dengan arang, lho. Dengan masker arang, kamu bisa mereduksi jerawat dan noda hitam di wajahmu.

Caranya sangat mudah, cukup haluskan arang dan mencampurnya dengan lidah buaya. Aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan pada wajahmu, dan tunggu hingga 15-20 menit. Bilas deh pakai air bersih.

Gunakan masker arang ini secara rutin, paling nggak dua hari sekali untuk hasil yang memuaskan.

Dengan mencampur serbuk arang dan air putih, berbagai penyakit bisa tersembuhkan. Arang, benda kecil berjuta manfaat

  • Selain bermanfaat bagi kecantikan, ternyata arang punya manfaat lain untuk kesehatan. Detoksifikasi atau pembuangan racun, misalnya

Arang aktif dapat menghilangkan racun yang nggak diperlukan dalam tubuh, seperti dari makanan dan polusi udara. Polusi ini dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh, imun yang nggak seimbang, penuaan dini, dan alergi kulit.

  • Arang aktif juga bisa menyelamatkanmu dari perut kembung dan diare berkepanjangan, lho!

Serbuk arang. via www.herbsandoilsworld.com

Perut kembung dan diare karena angin atau makanan tertentu, kamu bisa meredakan rasa sakitmu itu dengan arang. proses dekomposi dari bakteri dalam tubuh yang menyebabkan kembung atau diare itu bisa dinetralisasi dengan zat karbon aktif dalam arang.

  • Dengan tablet arang, kamu bisa membebaskan kadar kolesterol dan masalah penyakit jantungmu

Kapsul arang.

Dengan mengonsumsi tablet arang yang sudah marak dijual di apotek, kamu bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah, jantung, hati, dan otak. Dari penelitian medis yang sudah pernah ada, menyatakan bahwa arang aktif dapat mengurangi setidaknya 25% kadar kolesterol dan membantu mencegah pengerasan jantung (sclerosis) dan pembuluh darah koroner.

Nah, itulah beberapa manfaat arang yang pasti nggak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Jadi, percaya, ‘kan, benda kecil hitam itu bisa memberikan banyak manfaat?