Nggak cuma positif dari segi agama, pakai hijab juga punya manfaat segudang jika dikaji melalui ilmu pengetahuan 🙂

Hijab dalam bahasa Arab diartikan sebagai tirai atau penutup, dan kita mengenalnya sebagai penutup kepala wanita-wanita muslimah. Sebagai salah satu perintah yang wajib dilakukan semua muslimah, hijab ternyata juga memiliki manfaat di baliknya. Sains pun ikut berbicara mengenai kebenaran manfaat berhijab.

Melansir tulisan Askislampedia.com, Hipwee Tips akan memberimu informasi apa saja manfaat hijab yang mungkin belum kamu tahu selama ini.

1. Nggak hanya menutup aurat, hijab dan pakaian muslimah juga menghindarkanmu dari efek bahaya sinar UV

melindungi dari bahaya UV via hijabbeautytutorial15.blogspot.com

Kamu pasti sudah sering mendengar ‘kan kalau sinar matahari itu berbahaya terutama radiasi sinar ultraviolet (UV) yang bisa merusak kulitmu. Nggak cuma bisa mengakibatakan penuaan kulit dan merusak mata, sinar UV juga bisa mengakibatkan kanker kulit dan menekan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Untuk itu, bersyukur lah kalau keseharianmu lebih sering mengenakan hijab dan pakaian muslimah, karena efek buruk sinar UV bisa terhalangi. Aktivitas di luar pun makin bebas dan menyenangkan!

2. Berkat hijab, rusaknya otak akibat suhu ekstrim di sebuah tempat akan terminimalisir. Wiihh…

terhindar dari kerusakan otak via hijabifullife.com

Efek udara yang sangat panas atau sangat dingin sangat berbahaya. Jika kamu berjam-jam berada di cuaca panas tanpa perlindungan, akan ada banyak elemen penting dari tubuhmu terutama otak, yang hilang. V.G. Rocine, spesialis penelitian otak mengungkap bahwa fosfor akan hilang saat suhu 108 derajat fahrenheit (suhu tubuh manusia bisa mencapainya saat terkena matahari tanpa perlindungan).

Sementara itu cuaca yang sangat dingin dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Sebesar 40%- 60% panas tubuh hilang melalui kepala karena itu disarankan untuk menggunakan penutup kepala, hijab bisa melakukannya.

3. Hijab bisa mencegah kanker melanoma, kanker kulit paling berbahaya yang bisa saja kamu derita

menghindarkanmu dari kanker via cuakep.com

Majalah British Medical mengatakan bahwa melanoma adalah bentuk kanker kulit paling mematikan yang timbul akibat paparan jangka panjang sinar matahari langsung. Kanker ini lebih banyak menyerang wanita karena pakaiannya cenderung lebih terbuka, terutama di bagian kaki. Hijab dan pakaian muslimah yang longgar dan tidak transparan sangat efektif menangkal paparan sinar matahari langsung.

4. Secara psikologis, hijab membentuk citra diri yang lebih positif dan menghindarkanmu dari kejahatan pria-pria nakal

Cenderung tidak dilecehkan via beritasorga.blogspot.com

Stimulasi visual berperan lebih dominan dalam fisiologi pria dibandingkan wanita. Tidak heran kalau 91% korban pemerkosaan adalah wanita. Dengan menggunakan hijab, kita akan memiliki citra diri yang lebih positif dan mengurangi stimulasi visual pada pria.

Data Bureau of Justice Statistics 1999

5. Tak sekadar menutup kepala, hijab juga akan mencegah terjadinya kontaminasi dan penyebaran infeksi

mengurangi kontaminasi bakteri dan infeksi via aisyah.com

Kalau kamu perhatikan, ada beberapa jenis profesi yang mengharuskan pekerjanya menggunakan penutup kepala untuk alasan kebersihan. Misalnya saja profesi juru masak, perawat dan pekerja pabrik. Penutup kepala digunakan untuk memastikan kebersihan dan mencegah kontaminasi serta penyebaran infeksi penyakit.

Terlepas dari agama serta kepercayaan apapun, artikel ini hanya sebatas memberikan informasi. Mari buka mata dan hati, agar kita tidak terjerumus ke dalam ‘lubang provokasi’ 🙂

Buat kamu yang berhijab, semoga 5 manfaat tadi segera kamu dapatkan, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!