Mencukur bulu wajah atau shaving umumnya dilakukan oleh para cowok untuk membersihkan bulu-bulu halus di sekitar wajah mereka, terutama bagian kumis dan jambang. Namun tahukah kamu? Tren dunia kecantikan saat ini, kegiatan mencukur wajah ini juga ternyata dilakukan juga oleh para cewek, lho.

Sebut saja nama legendaris seperti Elizabeth Taylor dan Marilyn Monroe yang terkenal dengan kecantikannya, ternyata sudah lama menekuni ritual mencukur wajah sedari dulu. Selain itu, tren mencukur bulu wajah ini juga telah ditekuni oleh wanita Jepang hingga menjadi rahasia umum bagi mereka untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Lalu, apa sih manfaat dari mencukur bulu wajah bagi cewek atau yang biasa disebut sebagai dermaplaning ini? Simak ringkasan dari Hipwee Tips berikut ini!

1. Pada prinsipnya, cukur bulu wajah atau dermaplaning berfungsi untuk membersihkan wajah dari bulu halus yang nggak diinginkan

hilangkan bulu-bulu kaya gini via www.bustle.com

Beberapa cewek mengeluhkan tentang wajahnya yang ditumbuhi bulu-bulu halus di bagian tertentu seperti di atas bibir. Metode pencukuran wajah ini dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan bulu-bulu halus tersebut.

Advertisement

Ketimbang metode waxing, pencukuran wajah dirasa lebih aman karena hanya membersihkan, bukan mencabut bulu-bulu tersebut sampai ke akarnya, yang dikuatirkan akan berdampak pada fungsi saraf-saraf tertentu.

2. Aktivitas ‘cukuran’ ini pun ampuh membersihkan lapisan kulit paling luar dengan mengangkat sel kulit mati. Lebih ampuh lho daripada facial

mengangkat sel kulit mati via www.bustle.com

Teknik pencukuran juga berfungsi untuk pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan wajah yang nggak hilang ketika kita hanya membersihkan wajah secara teratur. Dengan terangkatnya sel kulit mati, wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah.

3. Manfaat lainnya, garis halus pun akan berkurang dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru sehingga wajah tampak awet muda

bikin awet muda via emphower.com

Terkelupasnya sel kulit mati di permukaan wajah mendorong pergantian lapisan kulit dengan cepat. Mencukur akan memicu produksi kolagen di wajah yang berfungsi untuk mengurangi kerutan wajah. Secara fisik, pisau cukur melakukan pengelupasan alami pada kulit sehingga sangat baik mencegah penuaan. Karenanya, kamu akan terlihat lebih awet muda.

4. Dan hebatnya, bercukur bisa mencegah pori-pori wajah tersumbat sehingga mencegah munculnya jerawat dan komedo

mencegah penyumbatan pori via www.self.com

Proses pencukuran bukan hanya mengikis sel kulit mati saja, melainkan juga membuka dan membersihkan pori-pori wajah. Pencukuran ini juga mencegah penyumbatan kotoran atau bakteri sehingga wajahmu akan terhindar dari jerawat dan komedo.

Hal yang perlu diperhatikan usai pencukuran adalah; membasuh muka dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali setelah dibersihkan.

5. Karena tersingkirnya bulu-bulu halus tadi, make-up akan lebih mudah menyerap ke wajah sehingga tampilan riasan lebih rapi

make-up lebih mudah via kathlydoublen.wordpress.com

Pencukuran wajah akan menstimulasi peredaran darah dan meningkatkan reaksi imun kulit serta memaksimalkan kemampuan kulit untuk menyerap formulasi produk kecantikan yang akan digunakan.

Wajah yang bersih dan bebas bulu akan membuat aplikasi riasan wajah lebih mudah, nggak terdistorsi, halus dan nampak bercahaya. Sehingga akan mendapatkan hasil make-up yang lebih flawless dan make-up menjadi lebih menyatu dengan kulit.

Nah, agar nggak keliru ketika melakukan pencukuran, ikuti tips berikut ini:

tips cukur wajah cewek via www.sheknows.com

  • Gunakan pisau cukur yang lurus, bukan menggunakan pisau cukur yang sama untuk mencukur bulu kaki.
  • Kondisikan wajah dalam keadaan kering, lalu oleskan krim cukur yang kaya akan kandungan bahan-bahan anti-oksidan dan anti-peradangan.
  • Cukur wajah dengan gerakan teratur sesuai arah bertumbuhnya bulu. Hindari terlalu menekan pisau cukur terlalu dalam dan mencukur area yang sama berkali-kali.
  • Ketika selesai mencukur, bilas area yang dicukur hingga bersih, lalu oleskan pelembab.
  • Selalu cuci alat cukur dengan alkohol setiap selesai digunakan.
  • Mencukur di kamar mandi yang beruap membantu mengurangi iritasi dan bisa membuat kulit lebih banyak mengelupas.

Dari sekian banyak manfaat tadi, tetap ada beberapa efek sampingnya. Begini penjelasannya…

perhatikan efek sampingnya, ya! via www.thestar.com

Risiko dari pencukuran bulu wajah pada cewek bukan kemungkinan akan tumbuh lebih banyak bulu setelah bercukur, karena hal ini hanyalah mitos. Bulu wajah cewek lebih halus sehingga akan tumbuh halus juga setelah pencukuran.

Mencukur wajah dapat meningkatkan risiko munculnya ruam, bulu yang tumbuh ke dalam, juga gejala dari ketidakseimbangan hormon. Kamu perlu berhati-hati saat melakukan pencukuran, wajah yang terluka karena alat cukur bisa menjadi iritasi hingga infeksi.

Disclaimer penulis: Metode ini juga nggak dianjurkan bagi cewek dengan kulit sensitif, berjerawat, memiliki luka terbuka di kulit, atau kondisi kulit mudah iritasi dan luka. Jadi, sebaiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter kulit, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!