Perhatiin gak sih? Semakin hari, semakin banyak aja teman cowok kamu yang perutnya menggembung laksana Oom-Oom atau Bapak-Bapak yang umurnya 40-an tahun. Padahal, mereka baru aja lulus S-1 atau bahkan belum selesai kuliahnya.

Kenapa sih perut mereka jadi buncit gini? Jawaban singkatnya, karena makan sembarangan plus kebanyakan duduk. Padahal lemak di perut itu gak sehat karena bisa berpengaruh pada organ dalam. Makanya, kamu yang punya perut Oom-Oom ini wajib banget berusaha punya perut rata.

Nah, di artikel ini, Hipwee akan memperkenalkan sesi olahraga 20 menit yang bisa membantumu membakar lemak perut dengan cepat. Langsung dipraktikin, ya!

1. Dalam empat menit pertama, lakukan olahraga dengan pola jogging – running – jogging – running. Lalu tutup sesi ini dengan satu menit strong run

Run for your life via www.youtube.com

Mulailah sesi latihanmu dengan pola jogging – running – jogging – running:

Advertisement

Menit 0-1: jogging

Menit 1-2: running

Menit 2-3: jogging

Menit 3-4: running

Cukup mudah, ‘kan? Kamu tinggal memilih trek lari yang kondusif untuk latihan ini, misalnya di trotoar yang sepi atau stadion olahraga. Atau kamu juga bisa meminjam alat treadmill di gym. Tutup sesi ini dengan satu menit strong run alias lari sekuat tenaga.

2. Di menit 5-10, fokusmu adalah strength training dengan push up dan plank.

Menit 5-6: lakukan push up. Letakkan telapak tangan dan kakimu di atas lantai, lalu perlahan tekukkan kedua siku. Turunkan dadamu sampai hampir menyentuh lantai, lalu kembalilah ke posisi semula. Ulangi selama 60 detik.

Normal plank via liftingrevolution.com

Menit 6-7: lakukan plank. Letakkan siku dan telapak kakimu di atas lantai, pertahankan posisi tubuh, lalu tarik dan hembuskan napas bergantian selama 60 detik.

Plank up/downs via www.liftingrevolution.com

Menit 7-8: plank up/downs — posisikan tubuh seperti akan melakukan plank. Lalu pelan-pelan, angkat lengan kirimu sehingga tegak lurus dengan lantai. Ulangi dengan lengan kananmu. Lalu kembalilah ke posisi plank, lengan kiri lebih dulu.

Knee/elbow via equinox.com

Menit 8-9: knee to elbow. Dalam posisi seperti akan push up, majukan lutut kanan ke arah depan. Ulangi dengan lutut kiri. Lakukan bergantian sampai 60 detik.

Plank jacks via liftingrevolution.com

Menit 9-10: plank selama 30 detik, diteruskan dengan plank jacks 30 detik.

3. Selama menit 10-15 kamu bisa kembali melakukan jogging dan running

Lari! via www.youtube.com

Menit 10-11: jogging

Menit 11-12: running

Menit 12-13: sprint

Menit 13-14: jogging

Menit 14-15: sprint

4. Lima menit terakhir bisa kamu gunakan untuk training dengan dumbel. Gak punya dumbel? Belilaaah, mending punya dumbel daripada lemak perut!

Bicep curl via easypowerful.com

Menit 15-16: bicep curl seperti gambar di atas. Hembuskan napas, angkat dumbel, ambil napas, turunkan dumbel. Ulangi sampai 60 detik

Menit 16-17: squat dengan dumbel. Dari posisi jongkok, angkat tubuhmu jadi seperti gambar di atas. Tahan, hembuskan napas. Ulangi satu menit penuh.

shoulder press via www.bodybuilding.com

Menit 17-18: shoulder press. Berdiri dengan dumbel di kedua tanganmu, angkat dumbel seperti gambar di atas, hembuskan napas, angkat dumbel ke atas kepala hingga lenganmu lurus ke atas. Tarik napas, kembali ke posisi semula

Kickback via planforfit.com

Menit 18-19: tricep kickback. Gerakkan lengan mengikuti gambar di atas, ulangi sampai 60 detik.

Burpee via rebloggy.com

Menit 19-20 (hampir selesai!): burpees (tanpa dumbel) selama 60 detik.

5. SELESAI! Lakukan latihan ini 3 kali seminggu, dan jangan lupa basmi kulit ayam goreng dari menu makanmu

Bye-bye kulit ayam goreng via www.foodspotting.com

Latihan 20 menit ini cukup mudah diikuti, ‘kan? Nah, supaya perut buncitmu dijamin hilang, jangan lupa kontrol juga apa yang kamu makan. Lupakan kulit ayam goreng, bir, gorengan dan jajanan kemasan yang nggak sehat. Kamu juga wajib menjaga konsumsi air minum dan cukup tidur.

Kepala tiga aja belom, masa’ perut udah kayak Oom-Oom? Perut buncit itu gak seksi! Yuk, basmi perut buncitmu dengan latihan di atas tadi!