Sudah sejak zaman dulu, pekerjaan merawat tubuh adalah hak setiap wanita. Mulai dari maskeran, pedicure, manicure, hingga catok rambut. Bahkan kian hari kian marak salon kecantikan untuk wanita. Sementara pria, selalu diidentikkan dengan pekerjaan keras, kasar, dan sebagainya yang jauh dari istilah kecantikan.

Tapi dewasa ini, cukup banyak fenomena mengenai kecantikan bagi cowok. Ya, cowok tak selalu lekat dengan pekerjaan keras, kasar dan sebagainya lagi. Kini cowok juga berhak untuk melakukan perawatan, terlebih perawatan wajah. Agar tak terkesan dekil dan urakan.

Nah, inilah tips buat kamu para cowok yang pengen terlihat bersih dan jauh dari kata penuaan. Gunakanlah masker-masker alami ini untuk wajahmu yang ‘berantakan’!

Cobalah ke pasar dan membeli beberapa buah lemon. Bahan alami berjuta manfaat, untuk mencegah kulit wajah yang kusam

Diminum juga boleh. via www.extra.cz

Lemon dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kilang minyak di wajahmu. Karena kandungan asam dan vitamin C di dalam lemon sangat tinggi yang mampu mengontrol kadar minyak dan mampu mencegah efek buruk dari paparan sinar matahari.

Advertisement

Tapi, alangkah baiknya, kalau kamu mau menggunakan masker lemon, kombinasikanlah dengan bahan-bahan alami yang lain, seperti telur, ampas teh, madu, minyak zaitun, tepung beras, dan sebagainya. Usahakanlah untuk menggunakan masker ini sekali sehari setiap habis mandi selama sebulan. Cukup sebulan, kamu akan mendapatkan wajah yang lebih ganteng dari sebelumnya!

Selain bisa menggantikan posisi nasi dan singkong, kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker, lho. Pencerah dan pemutih alami!

Potatoman! via allaboutmusic.pl

Ternyata, kentang bukan cuma bisa menggantikan posisi nasi dalam menghadirkan karbohidrat bagi tubuh. Kentang juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat dalam mencerahkan dan memutihkan wajah dan bagus digunakan sebagai masker wajah. Cara penggunaan masker kentang ini pun sangat mudah.

Cukup kamu haluskan beberapa buah kentang, lalu campurkan dengan madu murni secukupnya, lalu tinggal pakai deh. Sehari sekali juga boleh kok, asal rutin sebulan memakainya.

Tanpa perlu ragu, cobalah bikin ekstrak bengkoang sendiri yang memang sudah teruji khasiatnya untuk meremajakan kulit

Buat ngerujak~ via keepitskinny.wordpress.com

Nggak ada yang perlu kamu ragukan lagi, bengkoang memang dapat mengatasi masalah pada wajahmu yang kusam dan dekil.

Caranya, parut atau haluskan sebuah bengkoang, lalu peras airnya, dan diamkan beberapa menit hingga mengendap. Nah, hasil endapan itulah yang akan kamu pakai sebagai masker wajahmu. Setelah mengoleskan endapan bengkoang tadi sampai beberapa menit, bilaslah wajahmu dengan air hangat. Untuk mengeringkan wajah, jangan diusap terlalu kasar, ya! Bisa bikin wajahmu iritasi.

Menyesallah kamu yang nggak suka buah pisang. Ternyata pisang juga bisa membantumu mengatasi masalah pada wajahmu!

Banana! via hayatouki.com

Berbeda dengan bahan-bahan alami lainnya, buah pisang yang akan kamu gunakan sebagai masker ini nggak perlu ditambahkan dengan bahan lainnya. Pisang sudah cukup banyak mengandung khasiat yang baik untuk meremajakan wajah alias menunda penuaan dini.

Caranya pun sangat mudah. Tinggal haluskan saja buah pisang dan langsung oleskan pada wajahmu. Tunggu sampai 20-30 menit dan bilas dengan air hangat. Hasilnya, wajahmu akan tampak lebih cerah dan lebih muda.

Nggak cuma enak untuk dimakan, Oatmeal juga cocok dipakai untuk maskeran. Pembersih yang bisa menyelamatkan wajah dari kekeringan

Duh, jadi laper nih. #eh via efariya.ru

Ternyata, oatmeal mengandung senyawa kimia saponin yang bermanfaat untuk membersihkan wajah. Biasanya, saponin ini digunakan untuk mengemulsi dan membuat busa pada deterjen dan sabun. Maka dari itu, oatmeal cocok dipakai sebagai masker untuk membersihkan wajah dan meredakan wajahmu yang kemarau.

Giling oatmeal hingga cukup halus, lalu campurkan dengan air hangat, kuning telur, dan madu hingga merata. Setelah itu, oleskan tipis-tipis di wajahmu yang kering itu hingga 15 menit. Jangan lupa untuk membilas wajahmu dengan air hangat, ya.

Buat kamu yang merokok, cobalah masker dari tanah liat. Konon, tanah liat ini bisa memuluskan dan mengencangkan kulitmu yang kendor karena sering menghisap rokok

Ganteng deh abis ini! via thenewmanblog.wordpress.com

Mungkin terkesan jorok dan menjijikkan, tapi masker yang berbahan tanah liat ini ternyata banyak manfaatnya loh. Karena mengandung kalsium bentonit, tanah liat berguna untuk mengencangkan kulit, menjadikan lebih mulus tanpa minyak, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mampu membersihkan wajah dari jerawat membandel.

Ambil tanah liat secukupnya, campur dengan air mawar atau minyak kelapa, dan langsung oleskan ke wajah secara merata. Tunggu beberapa menit, lalu bilaslah dengan air hangat.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa cowok gunakan sebagai masker untuk meremajakan wajah. Meski penampilan cowok urakan, seenggaknya muka harus tetap terjaga. Dan, cara buatnya pun simpel, bukan? Selamat mencoba!