Memberikan kejutan kepada seseorang yang berarti untuk kita memang perlu. Tanpa mereka yang selalu memberikan dukungan, kita tidak akan bisa di posisi yang sekarang kita rasakan. Bila kita sedang jatuh, ada tangan-tangan baik yang akan senantiasa membantu kita bangkit kembali.

Ngasih surprise nggak melulu waktu hari ulang tahunnya lho. Pesta kejutan bisa diadakan kapan dan di mana saja. Hanya saja, dengan suasana yang sedikit berbeda. Di kesempatan kali ini, Hipwee memberikan beberapa ide yang beda daripada yang lain untuk kamu berikan kepada yang tersayang. Wah, penasaran ya? Yuk kita baca!

1. Kejutan nggak mesti bikin kamu ribet sendiri. Hadirkan saja dekorasi simple dengan aksen balon ini

Dekorasinya warna emas, siapa tahu bisa dijual via www.pinterest.com

Dalam membuat acara, balon adalah barang yang memberikan peran penting dalam suasana kemeriahan ulang tahun. Nah, kita buat dekorasi yang beda nih, kita isi balon-balon tersebut dengan gas nitrogen supaya bisa melayang dengan cantiknya. Lalu ikat dengan tali dan di ujung tali tersebut kita pasang foto-foto bersama yang lucu-lucu. Untuk hidangan yang bisa disajikan selagi menyambut sang “target” kejutan, bisa kamu siapkan menu makanan yang ringan atau makanan mungkin makanan favorit si “target”.

Untuk budget, kita kira-kira aja:

Advertisement
  • Balon warna emas, Rp50.000/pak (isi 100 buah)
  • Jasa bapak-bapak gas helium Rp100.000
  • Makan & minuman Rp100.000

Total pengeluarannya adalah sekitar 250 ribuan. Untuk kamu yang punya budget di kisaran angka itu, boleh kamu coba ide ini ya.

2. Manfaatkan halaman belakang rumahmu untuk spot memberikan kejutan

Momen kejutan yang istimewa di wilayah hunian sendiri via www.pinterest.com

Untuk menentukan tempat ekesekusi kejutan kepada si target, jangan berangan-angan terlalu jauh. Lihatlah sekelilingmu, sekeliling rumahmu terutama. Yes, manfaatkan halaman rumahmu untuk kesempatan ini. Apa kelebihannya? Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dan bisa digunakan untuk membeli item yang lain.

Budget yang perlu kamu siapkan adalah:

kertas karton berwana untuk banner Rp5.000/buah

Bunga Rp5.000/tangkai

Makan & minum Rp100.000

Kalau dijumlah, kamu membutuhkan modal sekitar 150 ribu. Wah, lebih terjangkau ya!

3. Party sambil piknik di bawah pohon boleh juga!

Nyantai sama kakak di bawah pohon yuk, dek via www.pinterest.com

Ide dekorasi kejutan yang ini belum jauh-jauh dari halaman, guys. Yak, manfaatkanlah eksistensi pohon di sekitar
kalian. Di cuaca yang sekarang makin panas, kamu bisa menyiapkan kejutan yang unyu, meneduhkan ditemani sepoinya angin.
Pasang dekorasi yang simple dan tidak memakan tempat terlalu banyak dan ikat di cabang pohonnya. Supaya unik, kamu bisa gunakan bantal duduk untuk alas kalian nantinya.

Untuk budget, kamu hanya perlu menyiapkan makanan dan minuman, Rp100.000 misalkan. Nah, semakin murah kan bila kamu bisa memanfaatkan spot di sekitar kamu?

4. “Target” kamu tipe yang feminin? Berikan saja pesta kejutan indoor yang girly dan serba pink!

Pinky unyu begitu yah temanya via www.pinterest.com

“Target” kejutan kamu adalah lagi seneng-senengnya sama warna pink? Jangan gundah dan gelisah, ide dekorasi untuk pesta kejutan kali ini ada bertema pinky nggemesin. Manfaatkan tempat nyaman yang ada di dalam ruangan, dan yang ada blackboard-nya. Untuk apa? Untuk sekedar menulis ucapan selamat, atau berisi tulisan lainnya untuk membuatnya semakin senang.

Perkiraan modal kamu adalah:

  • Kertas berwarna pink untuk hiasan di sekitar ruangan: Rp 20.000
    Sendok dan sedotan berwarna pink: Rp25.000
    Untuk kue tart: siapkan sekitar 150 ribu.

Setelah dihitung-hitung, uang 200ribu cukup untuk mendapatkan dekorasi seperti contoh di atas.

5. Untuk adikmu, ada tema superhero yang cute abis

Lucunya tema superhero ini, unyu maksimal dedeknya via www.popsugar.com

Jangan lupakan sodara kamu untuk diberi kejutan yah. Biasanya buat adek yang masih kecil, mereka suka tema kejutan yang unik dan gak jauh-jauh dari superhero atau princess. Kalau adek kamu suka sama superhero, boleh kamu ikuti ide pesta kejutan dnegan tema ini. Kelihatan colorful dan ceria banget kan? Coraknya pun cocok banget buat anak-anak.

Berapa nih kira-kira modal yang perlu kamu siapkan?

Kain dengan motif unyu Rp10.000/meter

Cetak lambang superhero dan kacamata di digital printing Rp20.000

Untuk kue tart, siapkan Rp150.000

Total budget yang kamu perlukan adalah…. 200ribuan. Kapan lagi kamu bikin kejutan buat adek kamu? Jangan ditunda-tunda ya, guys.

6. Siapkan confetti, masukkan ke dalam balon, dan… “Kejutan!”

Balonnya tinggal ditusuk, dan ulala~ via www.boholoco.com

Ide dekorasi untuk pesta kejutanmu tidak jauh-jauh dari kawasan dalam rumah, guys. Mungkin kamu bisa gunakan ruang tamu sebagai tempat “eksekusi”. Kenapa di ruang tamu? Karena hampir setiap ruang tamu jadi pintu utama  orang untuk masuk ke dalam, kamu tidak butuh waktu lama untuk menyambut si “target”.

Karena waktu yang singkat itu, kejutan pun juga harus segera dilaksanakan. Sebelumnya, kamu bisa memasukkan confetti atau potongan kertas kecil-kecil berkilauan di dalam balon. Kamu bisa meletuskan balon itu tepat di bawah si target supaya dia makin terkejut.

Budgetnya?

Buat balon: kira-kira Rp20.000
Kain tipis untuk dekorasi: Rp10.000
Untuk makanan minuman: siapkan Rp100.000

Wah, dengan uang 150ribu-an, kamu sudah bisa mempersembahkan kejutan buat dia.

7. Untuk wanita spesialmu, siapkan bunga di tempat yang tak terduga seperti mobilnya

Bunganya udah gak di tepi jalan, udah dipetik sama kakaknya via www.pinterest.com

Membuat wanita merasa dianggap, dihargai, dan dicintai memang banyak caranya. Salah satu kejutan yang akan membuat mereka berbinar-binar adalah bunga. Walaupun nggak semua cewek suka bunga, paling tidak benda ini menggambarkan kasih sayang kamu padanya.

Supaya berbeda, kamu bisa taruh bunga di tempat yang tidak terduga, bagasi mobil kamu misalnya. Di momen ketika si cewek sedang sibuk dengan kegiatannya, paksa dia untuk buka bagasi. Dan setelah dibuka….. voila! Senyum sumringah yang semakin mengembanglah yang akan kamu dapatkan.

Budgetnya? Siapkan 200ribuan untuk buket bunga yang besar.

8. Kejutan tidak melulu soal kue tart, dengan tepung dan telur pun juga bisa. Indonesia banget~

Kejutan yang Indonesia banget via www.kaskus.co.id

Ide kejutan ini datangnya asli dari Indonesia, guys. Mengedepankan inovasi dan misi penghematan, orang Indonesia lebih mementingkan momen eksekusi, jadi kue tart bukanlah hal yang paling dibutuhkan. Bahan dasar pembuatan kue itulah yang penting. Telur, tepung dan air. Dijamin, “target” kejutanmu akan terkejut dengan maksimal.

Budget yang perlu kamu siapkan? 10ribu rupiah sudah lebih dari cukup kok. Dan yang paling penting adalah dokumentasi untuk mengabadikan momen “terkejut” dia. Jangan lupa diunggah di Instagram, Path, dan Facebook, ya!

Setelah kamu baca dan hitung-hitung budget dari ide-ide di atas, mana nih yang pingin kamu coba berikan buat orang terkasihmu?

Dan intip juga yuk kejutan apa sih yang diberikan oleh Puadin Redi untuk Ryana Dhea, hihi.