Semua orang pasti butuh makan. Karena itu, kamu sangat bisa mencoba merintis usaha makanan. Makanan yang punya cita rasa khas pasti mudah menemukan pelanggannya. Apalagi kalau kamu memang sudah dasarnya suka masak. Usaha makanan semacam katering bisa kamu telateni dengan hati senang.

Nah, sebelum memulai usaha katering, urusan pemilihan menu makanan jadi hal penting yang benar-benar harus diperhatikan. Pastikan menu yang kamu pilih umum, nggak ribet banget, bisa awet dan punya harga terjangkau. Supaya kamu nggak bingung-bingung, Hipwee bantu menyiapkan daftar menu makanan yang bisa kamu jadi bahan pertimbangan. Silakan dicek ya!

1. Mulai dari acara selamatan sampai seminar besar, menu kue-kue basah pasti akan banyak dicari. Kamu bisa buka usaha katering khusus menu ini!

kue-kue basah via www.indonesia-tourism.com

Camilan atau kudapan nggak pernah ketinggalan hadir di setiap acara. Biasanya sih camilan ini dalam bentuk kue-kue basah, seperti pastel, risoles, kue bolu, lemper, onde-onde, lepet dan lain sebagainya. Di acara selametan biasa, kue-kue basah ini bisa di sajikan langsung di piring atau nampan. Sedangkan di acara-acara resmi seperti seminar, biasanya beberapa potong kue basah diletakkan di dalam kerdus kecil untuk dibagi ke peserta acara.

Mengingat menu kue-kue basah ini sering banget dicari orang, kamu perlu banget memasukkan mereka ke daftar menu makanan usaha kateringmu. Terlebih proses pembuatan kue-kue basah pun lebih mudah daripada memasak menu makanan utama seperti nasi kotak.

2. Menu nasi kuning dengan segala lauk pauknya, bisa dalam bentuk tumpeng juga.

Advertisement

Nasi kuning tumpeng via resepdanmasakan.com

Nasi kuning dengan lauk pauknya, seperti urap, ayam goreng atau ayam bumbu bali, orek tempe, perkedel, telur dadar hingga sambal, menjadi salah satu menu makanan yang sering sekali dicari orang. Nggak hanya untuk nasi kotak aja, menu ini biasanya juga bisa dalam bentuk tumpeng.

Selain ukuran harga yang lebih terjangkau di masyarakat, nasi kuning atau tumpeng ini pun jadi simbol untuk setiap acara. Makanya, menu makanan selanjutnya yang wajib kamu jajakan itu ya nasi kuning dengan segala lauk pauknya ini.

3. Mau ayamnya digoreng atau dibakar, asal bungkus sebagai lalapan. Jasa kateringmu dijamin bisa selalu jadi pilihan.

Nasi kotak lalapan ayam via www.kateringsemarang.co.id

Sekadar untuk makan siang sebuah keluarga, kantor atau acara-acara kecil lainnya. Menu makanan seperti lalapan entah itu ayam goreng biasa, ayam goreng tepung atau ayam bakar ditambah dengan tempe-tahu serta sambal, pun paling sering dicari orang. Apalagi kalau masakanmu punya cita rasa yang emang enak banget, dijamin jasa ketering kamu bisa selalu jadi pilihan.

4. Mie atau bihun goreng pun paling lumrah untuk dijadikan pelengkap menu lainnya.

Bihun goreng

Selain menu-menu utama, kamu harus mempertimbangkan menu pelengkap lainnya yang memang umum dan harganya terjangkau, seperti salah satunya mie atau bihun goreng. Kedua makanan ini nggak cuma bisa untuk nasi kotak putih biasa, tapi bisa juga jadi salah satu pelengkap dalam menu nasi kuning. Buat kamu yang jago masak, membuat mie atau bihun goreng pun nggak akan sulit. Kamu tinggal pastikan punya racikan bumbu dan komposisi yang pas serta beda dari biasanya.

5. Sambal goreng kentang, jadi pilihan menu yang paling mudah dan pastinya juga lebih awet.

Sambal goreng kentang via defidi.web.id

Selanjutnya ada sambal goreng kentang yang bisa kamu masukkan ke dalam list menu kateringmu. Selain mudah untuk dimasak, makanan ini pun bisa lebih awet atau nggak mudah basi. Untuk harga, menu ini udah pasti terjangkau. Mengingat komposisi sambal goreng kentang biasanya di dominasi oleh kentang, isi lainnya seperti hati sapi atau ayam dan bisa pete biasanya nggak terlalu banyak dimasukkan.

6. Sayuran yang nggak repot karena nggak terlalu berkuah macam cap cay perlu banget dimasukan ke daftar menu catering kamu.

Urusan menu sayuran, cap cay jadi juaranya. Sebab cap cay yang nggak terlalu berkuah nggak akan repot jika harus dimasukkan ke dalam nasi kotak. Belum lagi makanan ini pun bisa pas dengan banyak menu lainnya. Jangan lupa untuk pastikan sayuran yang kamu pakai selalu yang masih segar ya.

7. Kamu juga bisa mengkhususkan menu cateringmu dengan aneka jenis pepes.

Aneka pepes via www.resepsedapku.com

Nggak ingin ribet dengan menu masakan yang campur-campur, kamu juga bisa mengkhususkan menu cateringmu dengan satu jenis makanan, misalnya aneka jenis pepes. Seperti yang kamu tahu, pepes nggak hanya berisi ikan yang dilumur bumbu, tapi bisa juga tahu, jamur, ayam atau kamu juga bisa membuat variasi dari rasa bumbunya.

8. Menu makanan khas padang seperti rendang atau ayam hijau, ambo udah pasti bikin pelanggan ketagihan dengan jasa cateringmu.

rendang pandang

Menu lain yang hits banget dipesan pelanggan itu ya pastinya makanan-makanan khas padang seperti rendang atau ayam hijau. Memang sih untuk makanan jenis ini proses masaknya agak sulit dan lama. Tapi nggak usah khawatir, asalkan rendang atau ayam hijaumu punya rasa yang sedapnya mirip masakan di rumah makan padang, udah pasti pelanggan ketagihan dengan jasa cateringmu.

9. Aneka jenis gorengan jangan sampai ketinggalan ada di dalam menu cateringmu.

Gorengan? No no no! via www.kidnesia.com

Tahu isi, bakwan sayur, bakwan jagung, atau tempe mendoan pun nggak boleh ketinggalan ada menu cateringmu. Aneka jenis gorengan ini murah meriah dan pastinya  lebih banyak dicari oleh pelangganmu.

Paling penting dari usaha jasa catering adalah cita rasa dan keunikan makanan. Menu boleh umum, tapi kamu bisa mengemas menu-menu tersebut dengan ciri khas kamu sendiri. Sampai sini masih ada yang bingung nggak memilih menu makanan untuk usaha cateringmu kelak? Kira-kira menu apa lagi ya yang bisa dimasukkan ke daftar menu catering rumahan kamu? Yuk bagi share menu lainnya di kolom komentar!