Mungkin kamu masih bertanya-tanya, apa sih vlogger itu? Coba bedakan dulu antara vlog dengan blog, kalau blog kontennya adalah tulisan yang dipublikasikan, maka vlog adalah video dokumentasi jurnalistik yang dipublikasikan secara online.

Vlogger sendiri adalah orang yang membuat vlog. Terus kemana harus mempublikasikannya? Sebetulnya ada banyak media, tapi Youtube adalah yang paling potensial dan banyak digunakan dan diakses.

Tahu nggak sih? Jadi vlogger itu ternyata juga bisa mendapatkan uang terhitung dari berapa banyak penonton yang menyaksikan video yang kamu unggah. Kalau boleh dibilang, semboyan para vlogger adalah ‘banyak penonton, banyak uang’. Lalu, diantara jutaan video di Youtube, kira kira apa ya, yang paling banyak dicari oleh penonton?

Nah, khusus buatmu para vlogger pemula, Hipwee Tips kasih saran tentang jenis-jenis video yang banyak diburu penonton. Berikut detailnya…

1. Video tentang hal-hal yang lagi lagi booming dan jadi pembicaraan banyak orang, atau biasa disebut video viral

om telolet om via www.youtube.com

Advertisement

Kalian pasti sering mendengar kata viral. Menyebarnya suatu informasi tertentu lewat media sosial, itulah yang dinamakan viral.

Nah, video-video yang mengangkat kejadian yang sedang viral di media sosial sangat cepat tersebar dan populer di kalangan netizen. Contohnya saja, video tentang ‘om telolet om’ yang belakangan hari sedang digandrungi.

Sayangnya, video-video viral semacam ini nggak bisa dijadikan jenis video yang akan kamu tekuni jika ingin serius menjadi vlogger dan mendapatkan uang dari Youtube. Kenapa? Karena kamu nggak bisa selalu update tiap menit tentang hal apapun yang sedang booming. Setelah beberapa video dari kejadian viral ini sudah nongol di Youtube dalam jumlah yang besar dan kamu telat upload, maka kamu akan kehilangan hampir sebagian penonton. Sayang, ‘kan?

Kalau buat iseng-isengan saja sih nggak masalah video viral semacam ini kamu buat lalu publiksikan.

2. Kebanyakan penonton bakal mencari video lucu semacam komedi atau parodi, mereka butuh hiburan!

parodi via www.youtube.com

Parodi adalah sebutan untuk kegiatan yang menirukan suatu hal, baik itu film, drama, tingkah laku atau apapun yang dianggap menarik dan menjadikannya sebagai bahan candaan.

Agar video parodi dicari oleh banyak penonton, usahakan untuk membuat video yang berasal dari sesuatu yang nge-hits.

Contohnya, video klip lagu Awkarin yang dijadikan bahan sebuah video berisi scene serupa dan menyajikannya dalam bentuk komedi. Video semacam ini akan diminati karena penonton punya keinginan untuk melihat sisi lain dari suatu hal.

3. Video teen life, konten yang cocok buat para remaja masa kini. Kehidupan penuh cerita dari mereka bagus untuk diangkat

teenlife via www.youtube.com

Di masa remaja, ada banyak hal menarik yang dapat kamu ekspos kepada publik, seperti persahabatan, keluarga ataupun percintaan. Semuanya dapat kamu tuangkan dalam bentuk video. Video seputar kehidupan para remaja semacam ini sangat diminati.

Remaja yang menonton bakal cengar-cengir melihat tingkah laku mereka tercermin dalam bentuk video yang dikemas dengan cara yang menarik. Sebaliknya orang dewasa yang menontonnya akan mengenang masa-masa di mana mereka masih usia remaja. Salah satu bentuk hiburan juga, ‘kan?

4. Jenis video tutorial banyak digemari oleh orang-orang yang ingin belajar secara langsung dan mempraktikannya. Kalau yang ini jenis video yang berguna sih…

tutorial via www.youtube.com

Video jenis tutorial ini banyak membantu orang awam yang ingin mengerti mengenai sesuatu hal. Contohnya, video yang membahas tentang cara mengedit foto dengan Photoshop, belajar gitar, tutorial membuat blog, memasak serta banyak lagi. Jika kamu kreatif, video tutorial ini akan menjadi ide yang cemerlang untukmu yang ingin berbagi karya di Youtube.

Jika kamu ingin membuat video tutorial, kamu harus membuatnya dengan detail dan jelas, jangan sampai muncul komentar pedas tentang videomu yang kurang ini itu.

5. Satu lagi video yang sifatnya menghibur, video challenge!
Lewat video ini, kamu bisa mengajak orang untuk melakukan apa yang kamu lakukan

Video challenge merupakan semacam game di mana para pemainnya akan diuji oleh suatu hal. Sesuatu tersebut bisa bersifat konyol, menakutkan, menegangkan, menjijikan, memalukan, atau yang lainnya yang intinya sangat ‘berisiko’.

Dan biasanya, sang penampil akan membuat siapapun penontonnya agar tergugah atau tergoda dan melakukan tantangan yang sama. Beberapa video challenge juga bisa jadi video viral, lho. Contohnya mannequin challenge atau tahan tawa challenge yang sedang hits belakangan ini.

6. Video yang unik aneh dan menarik juga jadi salah satu konten yang banyak dicari penonton. Coba dikulik dulu nih…

video unik via www.youtube.com

Video semacam ini juga mendapat banyak perhatian dari banyak penonton. Banyak hal yang unik dan aneh yang terjadi di belahan dunia, nggak sedikit juga yang merekamnya secara langsung dan meng-upload videonya ke Youtube karena dianggap memberikan pengetahuan baru kepada penontonnya.

Contoh video unik adalah penampakan UFO yang terekam oleh kamera secara langsung. Kalau di Indonesia mungkin akan lebih tertarik dengan penampakan hantu dan semacamnya.

Nah, sekarang kamu nggak bingung lagi dong bakal bikin video apa untuk di-upload di media sosial? Satu lagi kuncinya, kamu perlu mengetahui trending topic yang lagi ramai dibicarakan, hal ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak, dan uang yang lebih banyak juga pastinya.

Bisa jadi ide bisnis sampingan nih!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya