Artikel ini adalah hasil kerjasama antara Hipwee dan Nissan.

“Duh, susah amat sih nyisihin duit? Nyimpen 500 ribu aja susah..”

Godaan sekarang memang bisa datang dari mana-mana. Sebut saja dari ajakan teman untuk menjajal kafe baru yang hits dan Instagramable di kotamu. Atau godaan online shop yang barangnya lucu. Intinya sih, perlu perjuangan berdarah-darah bisar kamu bisa punya tabungan.

Buat anak umur 20-an macam kita berhemat 500 ribu per bulan adalah nominal yang masih masuk akal. Kali ini Hipwee bersama Nissan sengaja mengumpulkan tips biar keinginan hemat 500 ribu ini bisa diwujudkan.

1. Duduk dan catat dulu pengeluaran rutinmu. Kemudian tentukan apa yang bisa dipangkas dari situ

Tentukan dulu apa yang bisa dipangkas dari pengeluaranmu via cempakacatering.wordpress.com

Sebelum memulai penghematan, kamu harus tahu dulu pos mana yang bisa dipangkas. Sebab asal pangkas tidak akan membuat hidupmu jauh lebih mudah.

Agar lebih mudah, bagi pengeluaranmu dalam beberapa pos:

  • Pos makan sehari-hari
  • Tagihan tetap (listrik, kost, atau cicilan)
  • Belanja bulanan
  • Transportasi
  • Pulsa
  • Kebutuhan lain

Nah, setelah mengetahui pos mana yang jadi pengeluaran terbesarmu, baru deh persiapkan untuk memangkas nominal pengeluaran di pos itu.

2. Lebih baik investasi buat beli rice cooker. Cuma beli lauk saja lumayan bikin kamu lebih hemat

Lauk beli. Tapi nasinya bikin sendiri via vevnews.blogspot.co.id

Harga nasi plus lauk di beberapa kota besar sudah mencapai 20 sampai 25 ribu rupiah. Nah, 5-7 ribu dari nominal itu adalah harga nasi. Hmmmm padahal agak gak mungkin kan makan tanpa nasi?

Agar rencana menabung berjalan lancar, pangkas uang membeli nasi ini dengan berinvestasi pada rice cooker. Alhasil dalam sebulan kamu sudah bisa berhemat sebesar Rp 150.000,00-Rp 210.000,00.

3. Boleh kok kalau kamu tetap mau nongkrong atau ngopi-ngopi lucu. Tapi sebelumnya tetapkan dulu fixed budgetmu

Boleh kalau mau ngopi lucu. Asal udah ada fixed budget aja via www.pinterest.com

Salah satu hal yang bikin pengeluaran bobol adalah kebiasaan mengeluarkan uang dengan enteng untuk hal-hal yang kelihatannya kecil. Sebut saja buat ngopi-ngopi lucu atau ngemil di kafe baru. “Halah…cuma 30 ribu atau 5o ribu.” begitu pikirmu.

Tapi coba kalikan 50 ribu biaya ngopi-ngopi lucu dengan 4 kali dalam sebulan. Sudah 200 ribu. Bayangkan kalau agenda ini terjadi lebih dari cuma setiap akhir minggu. Sadar gak sadar, uangmu habis di situ….

Agar kamu tidak terjebak lingkaran uang habis di ngopi-ngopi lucu coba deh tetapkan fixed budget buat nongkrong. 100 ribu sebulan terdengar cukup masuk akal?

4. Uang bensin tanpa disadari bisa menggerogoti rencana penghematanmu. Wajib hukumnya pilih mobil yang gak cuma nyaman, tapi juga hemat!

Cari mobil yang hemat bisa bikin pengiritan lancar via www.instagram.com

Untuk urusan pengeluaran bensin udah wajib hukumnya kamu harus berhemat. Sebab pengeluaran ini jenisnya tetap. Coba deh hitung tiap bulan berapa uang yang habis untuk pengeluaran bahan bakar. Buat kamu yang naik mobil Rp 400.00,00-Rp 500.000,00 sudah masuk nominal yang pantas.

Nah, demi melakukan penghematan wajib hukumnya buat kamu memilih kendaraan yang gak cuma nyaman, tapi juga hemat. Cotohnya aja Nissan dan berbagai varian mobilnya. Mulai dari mobil yang stylish macam Nissan March sampai Nissan Juke yang keren cocok banget mendukung aktivitasmu sehari-hari sebagai anak muda aktif.

Berbagai varian mobil dari Nissan ini memiliki fitur mesin dan teknologi transmisi yang memaksimalkan performa. Hasilnya, penggunaan bensin pun akan jauh lebih maksimal. Kalau fitur mesin dan teknologi transmisinya udah oke, penghematan jadi gak mustahil lagi.

5. Gak usah menganggap diri paling sibuk sedunia. Kamu gak butuh-butuh amat jasa laundry kok sebenarnya

Kamu sebenarnya gak butuh-butuh amat kok laundry… via www.silvianapple.com

Mengernyitkah keningmu saat membayangkan harus mencuci baju sendiri? Merasa gak punya waktu atau kekurangan tenaga untuk melakukannya? Perasaan seperti ini nih yang sering membuat kita merasa wajar melakukan pengeluaran yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

Sebenarnya kamu gak sibuk-sibuk amat, kok. Menyisihkan beberapa jam di akhir Minggu untuk mencuci gak akan membuatmu jadi orang paling merana sedunia. Dan dengan memangkas pengeluaran laundry kamu sudah bisa menghemat minimal 300 ribu sebulan.

6. Cara menabung berdasarkan nominal uang bisa bikin kamu terpaksa berhemat. Tetapkan saja nominalnya, mulai 10 ribu sampai 50 ribu — terserah kamu!

20 ribu dikumpulin lama-lama udah jadi banyak via plus.kapanlagi.com

Susah menabung karena selalu tergoda membelanjakan uang untuk hal yang gak begitu penting? Menabung dengan nominal uang bisa jadi cara yang tepat buat kamu. Mulai sekarang tetapkan nominal uang yang akan secara otomatis masuk ke tabunganmu. Let’s say, setiap bertemu uang 10 ribu kamu akan langsung menabungnya. Atau setiap bertemu uang 20 ribu kamu berjanji akan langsung memasukkannya ke tabungan.

Dengan begini mau gak mau kamu terpaksa memasukkan uang ke tabungan setiap hari. Gak ada alasan lagi.

Menurutmu, mana yang bisa diaplikasikan?