Kalau kamu pergi ke kafe, restoran, atau bahkan kantor yang bergerak di bidang kreatif, kamu akan melihat dinding atau papan tulis yang dihiasi hand lettering art. Dengan memadukan berbagai jenis tipografi dan warna, kamu bisa menciptakan daftar menu atau quote catchy yang juga enak dipandang.

Lauren Hom / Will Letter For Lunch via willletterforlunch.com

Lauren Hom / Will Letter For Lunch via willletterforlunch.com

Lettering via apairandasparediy.com

Mau coba bikin hand lettering art-mu sendiri? Ada banyak contekan atau tutorial gratis yang bisa kamu ikuti tentang hand lettering di internet. Di bawah ini, Hipwee menghimpun di bawah ini tutorial-tutorial yang paling membantu. Siapa tahu bisa jadi inspirasi dekorasi kamar kost atau kafemu!

1. Tutorial ini akan mengajarkanmu seni membuat berbagai huruf, dari yang bentuknya formal sampai yang fun

Advertisement

Hand lettering tutorial via design.tutsplus.com

Ternyata, nggak sembarangan huruf bisa digunakan untuk macam-macam keperluan lho. Ada huruf yang lebih bagus kalau dipakai di billboard, ada yang lebih cocok dipakai di cover buku, dan lain-lain. Ini tergantung dari “sifat” huruf itu sendiri: ada yang formal, ada yang lebih fun. Nah, kamu bisa belajar membuat masing-masing huruf ini lewat tutorial ini. Tutorial ini ditemani dengan GIF, jadi kamu nggak akan kesulitan mengikutinya.

2. Tutorial ini memberi tahu pena dan tinta apa yang bagus serta mengajarkanmu cara menulis halus

Kaligrafi untuk pemula via thepostmansknock.com

Hand lettering bisa dibuat dengan apa saja, dari kapur, pensil, spidol atau pena. Nah, tutorial ini  akan membimbingmu menulis halus dengan pena tinta. Tutorialnya khusus untuk mereka yang benar-benar pemula (yang bahkan mungkin belum tahu harus punya pena seperti apa dan membeli tinta apa). Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan bingung ketika belajar dari tutorial ini.

3. Untuk melihat proses membuat pola, proses mengukur jarak dari satu huruf ke huruf lainnya, sampai editing, simak deh video satu ini

Video singkat di atas akan memperlihatkan proses pembuatan hand lettering secara step-by-step, dari proses penentuan pola sampai hasil akhirnya.

4. Klik tutorial ini untuk membuat kartu ucapan buat teman atau pacar di hari spesial dia!

Kartu ucapan via apairandasparediy.com

Dengan hand lettering sederhana di atas kertas A5 warna polos, kamu sudah bisa membuat kartu ucapan yang unik untuk temanmu yang sedang berulang tahun atau akan menikah. Simak tutorialnya di sini ya!

5. Tutorial ini akan menerangkan dengan detil proses editing karyamu di Photoshop

Mau bikin poster quote buat dipajang di dinding kamar? Ikuti langkah-langkah di tutorial ini aja! Dari membuat pola dengan pensil sampai proses editing di Photoshop dijelaskan dengan detail dan sederhana di tutorial tersebut. Tinggal membawa desainmu ke percetakan dan mencetaknya dengan harga murah, kamu sudah dapat poster dekorasi yang apik untuk kamar kostmu!

6. Butuh inspirasi pola untuk mengarsir bagian dalam huruf? Cari saja di sini!

Blocking via www.hellobrio.com

Mengarsir huruf yang sudah kamu bikin juga butuh keahlian sendiri. Jangan khawatir karena ini termasuk skill yang mudah untuk dipelajari. Ikuti deh tutorial ini untuk mengasah skill-mu dalam mengarsir huruf. Temukan juga pola-pola unik yang bisa kamu pakai untuk mengarsir.

7. Dan untuk inspirasi hand lettering art yang keren setiap hari, sering-seringlah mampir ke website ini!

Hand lettering adalah seni, dan untuk menciptakan seni yang bagus kamu tentu butuh inspirasi. Nah, blog The Art of Hand Lettering ini adalah sumber inspirasi yang menyenangkan. Setiap hari, kamu bisa melihat kumpulan karya hand lettering keren baik dari mereka yang pemula maupun yang sudah profesional. Sering-sering saja mampir ke blog ini! Diiringi latihan rutin dan tentu saja ketekunan, skill hand lettering-mu akan semakin baik dari hari ke hari. Percaya, deh! 😀

Sering nemu hand lettering lucu di kafe atau restoran favoritmu? Kenapa nggak coba belajar menciptakannya sendiri? Nggak ada ruginya, apalagi 7 tutorial di atas bisa kamu lihat secara gratis. Nah, kalau sudah jago bikin hand lettering, jangan lupa tunjukkan hasilnya ke Hipwee, ya! 😉