Baru-baru ini, gerakan untuk menyayangi bumi makin digalakkan. Bahkan segera akan diaplikasikan aturan bahwa kantung plastik di toko retail tidak lagi digratiskan. Kalau kamu belanja dan memilih pakai kantung plastik harus membayar Rp 200,00

Menurutmu gimana? Setuju, atau malah takut rempong bawa belanjaannya?

Sebenarnya apa salahnya sih mencoba gaya hidup hemat plastik untuk Bumi yang lebih baik? Kalau kamu bingung mau bawa kantong atau tas ramah lingkungan untuk belanjaanmu, jangan khawatir. Hipwee sudah mencarikan kamu 15 referensi tas ramah lingkungan yang bisa kamu andalkan saat belanja. Yuk simak sama-sama, guys!

1. Daripada jersey basketmu yang udah nggak kepake berubah jadi lap, mending jadiin tas belanjaan deh. Serbaguna dengan kesan sporty!

Dibuang sayang via www.instadiumpromotions.com

Buat kamu yang semasa sekolah hobi ikut ekstrakulikuler olahraga seperti basket, voli, atau sepakbola, biasanya di lemari selalu tersimpan koleksi jersey yang sering dipake. Beberapa tahun kemudian, ternyata jersey-mu udah nggak bisa dipake karena udah nggak muat karena lemak. Daripada dibuang, mending sulap jadi tote bag deh. Pas banget buat wadah belanjaan kamu daripada ditaruh di lantai sebagai lap air bocor.

2. Kaus oblong bisa kamu jadikan tas fringe kece buat beli sayuran dan buah di pasar.

Advertisement

Kaos jadi tas via www.blogilates.com

Nggak cuma penampilan yang harus mengikuti perkembangan jaman. Tas belanjamu sesekali pun harus jadi kece. Supaya aktivitas belanjamu makin semangat, buat tas rumbai-rumbai dari kaosmu yang nggak kepake, deh. Keliling pasar dan supermarket harus tetap kece dong.

3. Sayuran segar nggak perlu disimpan di plastik. Tas kanvas khusus sayur ini bisa bikin acara belanjamu makin asik.

Khusus sayur via www.hardtofind.com.au

Udah 2016 beli sayur ditaruh plastik? Mending kamu beralih atau bikin sendiri tas khusus sayuran yang dibuat dari kain kanvas ini. Nggak perlu khawatir sayuranmu jadi layu karena udara yang terbatas di plastik, acara belanja harianmu bisa jadi lebih seru, kan?

4. Nggak perlu khawatir saat belanja barang pecah belah. Toples dan gelasmu akan aman disimpan di tas ini!

Bisa buat toples

Nggak perlu khawatir barang pecah belahmu, selama kamu ada tas khusus jar, gelas dan toples ini. Lebih aman daripada ditaruh di tas plastik kan?

5. Plastic sucks! Canvas tote bag yey!

Dua kata yang cukup untuk menggambarkan gerakan anti plastik ini. Hehehe.

6. Kutipan bagus nih. Satu tas serbaguna untuk menyelamatkan bumi dari banjir sampah plastik. Save our Earth~

Bagus nih! via www.etsy.com

Yuk, kurangi penggunaan sampah untuk menyelamatkan bumi. Jangan sampai ekosistem alam jadi nggak seimbang karena dipenuhi sampah-sampah plastik!

7. Tas belanja yang lucu, tebal, sekaligus tahan banting ada yang terbuat dari goni, lho! Yakin nggak mau pake?

Karung goni cantik via designfromca.blogspot.co.id

Dari barang yang dianggap nggak bisa dipake, ternyata bisa disulap jadi tas belanja serbaguna yang ramah lingkungan. Bahannya yang tebal dijamin bikin belanjaanmu aman dan nggak ambrol di tengah jalan.

8. Karung bekas juga bisa disulap jadi tas belanja andalanmu. Barang bekas yang membawa manfaat lain bagi bumi

Bekas tapi manis via www.anacuca.blogspot.co.id

Karung bekas putih ini juga bisa kamu andalkan sebagai tas belanjaan. Sedikit kreatifitas akan memberikand ampak besar bagi bumi dengan mengurangi plastik!

9. Coba cari tote bag polos yang bisa dilipat. Praktis, sebagai andalan mengurangi pemakaian plastik di mana saja.

Polos ceria via www.burdastyle.com

Yang praktis dan bisa dibawa kemana saja memang banyak dicari. Selain hemat tempat, kamu bisa memakai tas ini ketika kamu membeli barang yang cukup banyak sewaktu-waktu.

10. Sudah waktunya mengganti keranjang buah plastik dengan keranjang ramah lingkungan dari kaos ini.

Keranjang buah via www.deliacreates.com

Manfaatkan barang yang tak terpakai di sekitarmu sebagai barang yang baru dan bermanfaat. Berbahan kaos bekas dan gunting saja, kamu bisa membuat keranjang buah yang lucu ini untuk menyimpan buahmu.

11. Kantong dari kanvas polos selalu bisa diandalkan sebagai wadah barang belanjaanmu. Mau belanja banyak juga aman

Kanvas serbaguna via blog.ecobags.com

Kamu suka menyimpan buah dan sayur belanjaanmu secara rapi dan terorganisir? Kenapa nggak coba taruh di kanting kanvas serbaguna ini? Belanja tidak pernah terasa semenyenangkan ini!

12. Kantong rajut menjamin sirkulasi udara yang oke. Nggak perlu khawatir lagi kalau harus belanja sayur dan buah

Kantong lubang via www.paris-to-go.com

Ingin kantong belanjaanmu berkesan cute dan feminin, cari kantong rajut pun bisa kamu jadikan pilihan. Kekhawatiran buah dan sayur busuk sudah lewat. Sirkulasi udara yang cukup akan buat belanjaanmu makin segar.

13. Kantung jaring ala Papua yang dimodifikasi bikin belanjaanmu tersimpan rapi

Yakin nggak mau coba taruh buah belanjaanmu di jaring-jaring unyu ini?

14. Pakai tas belanja daur ulang dari berbagai kemasan plastik juga bisa dijadikan pilihan untuk gerakan anti plastik!

Kreatif adalah kuncinya via www.kaskus.co.id

Kekreatifan orang Indonesia memang nggak usah diragukan lagi. Membuat kerajinan dari plastik bekas pun sudah sering kita temui. Plastiknya nggak terbuang sia-sia dengan inovasi orang-orang ini.

15. Sebelum inovasi tas keranjang mulai menjamur, dulu tas belanja ini sempet ngetren pada masanya. Pakai lagi, yuk!

Jangan lupakan dia via redini.wordpress.com

Masih inget nggak dengan tas belanja anyaman ini? Sebelum tas belanja yang warna-warni di pasar swalayan booming, tas ini yang setia menemani Ibu-ibu dan Mbak-mbak waktu belanja di pasar. Sebanyak apa pun barangnya, pasti muat. Nggak dosa kok kalo kamu mau pakai tas ini lagi.

Beberapa model tas yang bisa kamu pakai untuk membawa barang belanjaan udah kamu lihat semua. Mana nih yang akan jadi tas andalanmu?

Kredit featured image: http://www.absolutely-fuzzy.com/baggu/