Bicara soal kecantikan, tentu bukan hanya wajah saja. Seluruh tubuhmu juga bisa mewakili apa yang namanya cantik, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Meskipun cantik itu relatif di mata orang lain, yang penting adalah bagaimana kamu menilai dirimu. Jika menurutmu cantik itu tanpa make-up ataupun operasi plastik, nggak masalah kok. Yang terpenting bagaimana caranya agar kamu bisa merawat dan menjaga tubuhmu sebagai aset yang berharga.

Nah, kulitmu juga nggak terlepas dari bagian tubuh yang harus dijaga dan dirawat. Selain menggunakan pelembab, sabun mandi yang kamu gunakan ternyata juga berpengaruh lho sama kecantikan kulitmu. Banyaknya jenis sabun yang beredar di pasaran seperti sabun kecantikan, sabun kesehatan, jenis sabun batang, sabun cair, shower gel, belum lagi mereknya, pasti bikin kamu pusing memilihnya. Kamu nggak bisa memakai sembarang sabun mandi kalau pengen kulitmu tetap cantik berseri. Daripada fokus pada jenis dan merek sabun mandi yang kamu pilih, alangkah lebih baiknya kamu mengenal jenis kulitmu terlebih dahulu. Yuk ah!

Untuk kulit normal, kamu beruntung karena kulitmu cenderung fleksibel menggunakan sabun jenis apapun

Jenis kulit normal via www.pexels.com

Kamu yang punya jenis kulit ini bisa dibilang beruntung. Hampir semua jenis sabun bisa kamu gunakan dengan nyaman.

Ciri-ciri kulit normal adalah terasa lembut, halus dan mulus, nggak berjerawat, nggak terlalu berminyak tapi nggak kering juga. Nah, kamu bisa menggunakan sabun mandi kecantikan agar kulitmu yang normal bisa semakin cantik dan berkilau. Tapi sesekali juga nggak apa-apa kok pakai sabun kesehatan, biar kesehatan kulitmu juga terjaga dan terhindar dari kuman serta bakteri.

Nah, untuk kulit kering, kamu sebaiknya memilih sabun yang ada kandungan pelembab alaminya

Advertisement

Jenis kulit kering via www.pexels.com

Jika kulitmu terlihat nggak segar dan cenderung keriput, mungkin kamu memiliki jenis kulit kering. Terkadang kulitmu terasa kaku dan kering terutama di cuaca tertentu. Hal ini dikarenakan minyak alami yang diproduksi tubuhmu lebih sedikit. Memang sih cukup merepotkan karena membutuhkan perawatan yang lebih dari kulit normal. Nah, perawatan untuk kulit kering dapat kamu lakukan dimulai dari memilih sabun mandi yang tepat.

Kamu bisa menggunakan sabun mandi yang ada pelembab alaminya, seperti kandungan minyak zaitun, minyak bunga matahari, cocoa butter, dan sejenisnya.

Kamu yang punya kulit berminyak, sabun dengan kandungan antibakteri sebaiknya menjadi pilihan

Jenis kulit berminyak via www.pexels.com

Kebalikan dari kulit kering, kulit yang berminyak disebabkan oleh produksi minyak alami dari tubuhmu lebih banyak. Kulit yang berminyak cenderung lebih kenyal dan lembab. Tapi keuntungan tersebut tetap harus kamu jaga. Soalnya, kulit berminyak membuat bakteri berkembang lebih cepat. Apalagi kulit berminyak memiliki pori-pori besar, kotoran lebih mudah diserap.

Untuk kulit jenis ini, disarankan untuk menggunakan sabun kesehatan atau antibakteri. Apalagi jika ada kandungan chamomile atau lavender, tentu akan lebih bagus untuk perawatan kulitmu.

Kulit sensitif yang gampang iritasi, disarankan untuk menggunakan sabun yang minim atau tanpa pewangi. Kandungan pH yang seimbang juga jadi rekomendasi

Tipe kulit sensitif via www.pexels.com

Kulit yang sensitif emang cenderung lebih tipis dibanding jenis kulit lainnya. Karenanya, kulitmu yang sensitif cepat bereaksi terhadap ransangan. Kulit sensitif juga peka terhadap hal-hal yang menimbulkan alergi. Nah, biar kulitmu nggak gampang iritasi, kamu harus ekstra hati-hati merawatnya.

Gunakan sabun yang memiliki sedikit kandungan pewangi. Sabun herbal seperti yang terbuat dari ekstrak tanaman juga lebih aman untuk kamu gunakan. Sebisa mungkin hindari juga yang mengandung antibakteri dan deodoran. Jangan lupa untuk memperhatikan pH-nya, ya. Untuk kulitmu yang sensitif, disarankan untuk menggunakan sabun dengan pH balanced.

Jika kulitmu berjenis kombinasi, maka pilihan pas adalah sabun mandi yang lembut dan minim kandungan zat kimianya

Jenis kulit kombinasi via www.pexels.com

Kulit kombinasi memang bisa disebabkan oleh faktor genentik. Di beberapa area, kulitmu terasa berminyak, tapi di sisi lain kulitmu terasa kering. Atau bahkan ada di beberapa titik yang kulitmu lebih sensitif dan mudah teriritasi.

Merawat kulit kombinasi seperti ini memang membutuhkan perawatan khusus. Gunakan sabun yang lembut dan sedikit kandungan zat kimianya. Untuk bagian yang kering, kamu bisa menggunakan pelembab. Dan untuk area yang berminyak kamu bisa menggunakan sabun dengan kandungan benzoil peroksida untuk mencegah peradangan atau jerawat.

Nah, untuk jenis sabun, juga kamu bisa menentukannya sendiri. Sabun batang emang lebih fokus untuk membersihkan kotoran, sehingga kulitmu nanti akan terasa kering. Kulit yang berminyak cocok dengan jenis sabun ini, tapi kulit kering juga bisa lho asalkan sabun tersebut mengandung pelembab.

Kalau sabun cair, kandungannya cenderung menjaga kelembaban kulit. Jenis ini cocok untukmu yang memiliki kulit normal dan kering. Sedangkan shower gel cenderung lebih kental dan kandungan pewanginya lebih banyak. Sehingga juga cocok untuk kulit berminyak.

Jadi Ladies, apakah sabun yang kamu gunakan sekarang sudah tepat?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya