Meski Hipwee udah sering memuat artikel tentang kesuksesan dan kebiasaan orang sukses, sebagian besar dari kita pasti masih belum bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik. Ya, memang perlu usaha lebih untuk itu. Tim Ferriss, seorang enterpreneur dan penulis buku “The 4-Hour Workweek” mengatakan bahwa meskipun sukses, dia juga punya banyak kebiasaan buruk kok.

Tim Ferriss via www.sportvicious.com

Tapi, Ferriss punya suatu trik simpel untuk meningkatkan produktivitasmu. Penjelasannya bisa kamu simak di poin-poin singkat berikut ini:

1. Di pagi hari, tuliskan beberapa hal yang paling membuatmu stres.

Di awal hari, ambil secarik kertas dan tuliskan tiga sampai lima hal yang paling bikin kamu stres. Mereka bisa berupa kerjaan yang telah kamu tunda selama sekian hari. Biar praktis, kamu bisa pake Post-It yang bisa kamu tempel di tempat yang mudah terlihat.

Ngerjain apa hari ini? via ridiculouslyefficient.com

2. Lihat setiap poin dan ajukan pertanyaan sederhana ini:

Advertisement
  • “Jika ini adalah satu-satunya hal yang aku selesaikan hari ini, apakah aku bakal puas dengan hari ini?”
  • “Apakah dengan mengerjakan yang ini maka hal yang lainnya menjadi gak begitu penting atau lebih mudah dikerjakan nantinya?”

3. Sekarang perhatikan hanya pada hal-hal yang jawabannya “Ya” dari setidaknya salah satu pertanyaan di atas.

4. Pilih salah satu dan alokasikan 2-3 jam pada hari itu untuk menyelesaikan tugas itu.

Ferriss menekankan pentingnya memilih satu tugas saja untuk memastikan tugas itu diselesaikan dengan baik.

Produktif! via www.servora.com

Menurut Ferriss, metode di atas bisa membantu kamu untuk mengelola kebiasaan-kebiasaan buruk yang menghambat produktivitas, seperti menunda atau justru menjadwal kegiatan terlalu banyak. Dengan mengalokasikan 2-3 jam sehari untuk pekerjaan yang paling penting, kamu cenderung mampu mengesampingkan perilaku yang gak penting selama kamu mengerjakannya.

Nah, ternyata gak rumit kan tips dari Tim Ferriss? Buruan praktekkan deh!