Saat ini, smartphone boleh dibilang jadi gadget yang paling populer. Selain praktis, kecanggihan benda ini pun tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang juga tak bisa dipandang sebelah mata adalah teknologi kameranya.

Tanpa perlu kamera digital atau kamera mahal macam DSLR, kamu pun bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dengan bermodal smartphone-mu. Nah, di artikel kali ini Hipwee akan membagikan tips dan trik sederhana saat menggunakan kamera smartphone. Langsung simak, yuk!

1. Ingin berfoto dengan jurus seribu bayangan ala Naruto? Kamu bisa gunakan mode panorama untuk menggandakan dirimu

Gunakan mode panorama untuk memperbanyak dirimu via www.diyphotography.net

Ingin foto yang tidak biasa dan kreatif? Cobalah untuk memaksimalkan mode panorama yang saat ini ada hampir di semua jenis smartphone. Agar foto pemandangan tidak monoton, gunakan trik ini untuk mengambil foto lanskap. Selain memotret pemandangan, hasrat narsisimu pun bisa lebih maksimal dengan metode ini.

Caranya mudah saja. Setelah mengambil foto di awal, perintahkan model untuk berlari lewat belakang punggungmu dan berpindah sesuai arah panning pergerakan smartphone-mu. Mungkin memang cukup melelahkan bagi sang model, tapi hasil yang kamu dapatkan dijamin tak akan mengecewakan.

Advertisement

keren kan? via www.buzzfeed.com

2. Mode panorama juga bisa digunakan saat mengambil gambar lanskap kota dari dalam mobil

Bosan di mobil? mainkan kameramu via www.buzzfeed.com

Saat perjalanan jauh, rasa bosan seringkali muncul dan tak mempan jika hanya diusir dengan alunan musik saja. Nah, salah satu alternatif cara mengusir rasa bosanmu adalah dengan mengandalkan kamera dalam smartphone-mu.

Dengan mode panorama pula kamu bisa mengambil gambar lanskap kota dari dalam mobil. Daripada berputar 360 derajat untuk mengambil foto panorama, kamu bisa melakukan teknik mengambil gambar secara paralel ini melalui jendela mobil. Hasilnya, foto yang kamu buat pun tidak kalah menarik dengan foto yang kamu ambil secara manual.

Tapi sebaiknya, pegang erat smartphhone-mu dan jangan mengeluarkannya terlalu jauh. Alih-alih mendapatkan gambar yang bagus, bisa jadi malah smartphonemu yang akan terjatuh.

Foto panorama dari dalam mobil via www.diyphotography.net

3. Tanpa perlu lensa eksternal, efek lensa zoom pun bisa kamu dapat dengan mengandalkan teropong binocular

Gunakan teropong sebagai pengganti lensa zoom via www.buzzfeed.com

Ingin foto candid dengan menggunakan smartphonemu? Gunakan teropong binocular yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah di toko mainan anak.

Daripada menghabiskan ratusan ribu untuk membeli lensa eksternal kamera smartphone, kamu bisa menggunakan trik ini untuk mengambil foto yang jaraknya jauh atau untuk mengcandid peristiwa menarik yang berada jauh dari posisimu berdiri.

Hasil foto makro dengan teropong yang menakjubkan via www.diyphotography.net

4. Teteskan satu butir air ke lensa kameramu demi mendapatkan gambar makro yang cantik!

teteskan sedikit air untuk memberikan efek makro via www.buzzfeed.com

Jika kamu tidak memiliki lensa makro untuk mengambil foto-foto artistik dari jarak yang paling dekat, kamu bisa melakukan trik simpel ini demi mendapatkan hasil foto makro yang menakjubkan. Cukup sediakan segelas air dan sedotan, kemudian ambil setetes air dengan sedotan lalu teteskan di atas lensa kamera smartphone-mu, maka air akan memenuhi ruangan kecil yang ada diatas lensa sehingga tak perlu takut air itu akan menetes.

Ingatlah, untuk tetap berhati-hati ketika meneteskan setetes air ke smartphone, lakukan secara perlahan agar air tidak merembes ke lain tempat dan merusak smartphone-mu.

Foto makro dengan setetes air via www.diyphotography.net

5. Alumunium foil bisa jadi reflektor versi murah meriah yang bisa membuat fotomu lebih bernyawa

alumunium foil untuk fotomu yang dramatis via www.buzzfeed.com

Satu lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto diri yang menakjubkan dengan menggunakan aluminium foil atau reflektor matahari yang biasa ditaruh di kaca mobil bagian depan.

Letakkan di depan bagian bawah, posisikan badanmu mengarah ke arah cahaya matahari berasal, lalu ambillah sebuah foto dan lihatlah hasilnya yang menakjubkan. Tak perlu reflektor khusus yang berharga ratusan ribu untuk menghasilkan foto yang keren ‘kan?

Bandingkan hasilnya, dengan reflektor (kiri) dan tanpa reflektor (kanan) via www.diyphotography.net

6. Gunakan headphone sebagai shutter release dan kertas karton sederhana sebagai tripod

tripod dari karton bekas via www.buzzfeed.com

Selain berfungsi untuk mendengarkan musik, earphone smartphone ternyata dapat kamu gunakan sebagai pengganti shutter release sehingga kamu tidak perlu bersusah payah memencet tombol snap dari layar lcd mu.

Cara lain yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif pengganti tripod adalah dengan menggunakan kertas karton bekas yang bisa kamu bentuk seperti gambar di atas. Cukup dengan karton, penggaris, dan gunting saja lho. Kombinasikan keduanya dan berikan jarak yang cukup jauh dari tempatmu berdiri sehingga kamu bisa ber-selfie tanpa butuh tongsis.

Selfie tanpa tongsis via www.diyphotography.net

7. Siapa bilang foto underwater hanya bisa dihasilkan kalau kamu punya casing yang mahal? Cukup gunakan gelas bening dan kamu akan terkesan dengan hasil fotomu sendiri

Foto underwater ciamik dengan gelas bening via www.buzzfeed.com

Dengan trik ini kamu tidak perlu khawatir lagi mengambil foto dalam air. Tak perlu pula membeli casing mahal yang khusus digunakan untuk foto underwater. Triknya cukup sederhana dan murah saja. Gunakan gelas bening yang ada di dapur rumah atau kosmu.

Caranya, celupkan setengah gelas terlebih dahulu ke dalam air (jangan sampai ujung gelas menyentuh batas air). Masukkan fotomu dengan posisi terbalik, lalu “snap” ambillah gambar objek yang berada di dalam air. Cara yang satu ini cukup beresiko, jadi pastikan kamu melakukannya dengan tenang dan penuh dengan kehati-hatian.

Foto underwater dengan cara murah via www.buzzfeed.com

Nah, gimana? Itu tadi beberapa tips dan trik sederhana yang bisa kamu coba saat menggunakan kamera smartphone demi menhasilkan foto-foto yang keren. Bagi kamu yang punya tips dan trik lain buat memaksimalkan fungsi kamera smartphonemu, yuk bagikan di komentar! 🙂