Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya mimpi buruk. Entah tentang kejadian mengerikan, dikejar setan, jatuh dari ketinggian, atau teror tentang mantan, mimpi buruk itu nggak ada enak-enaknya. Tidur jadi terganggu karena perasaan tiba-tiba kacau dibuatnya. Efek jangka panjangnya, mimpi buruk tidak hanya dirasakan ketika tidur saja, tetapi juga berpengaruh pada mood kita seharian.

Untungnya, Hipwee Tips punya cara biar tidur kamu terbebas dari serangan mimpi buruk. Kamu yang sering terganggu mimpi buruk, wajib coba, ya!

1. Mandi air hangat sebelum tidur sangat membantu, lanjutkan dengan peregangan ringan agar badan lebih rileks

mandi air hangat sebelum tidur via 4.bp.blogspot.com

Selain mengurangi kecapekan, mandi air hangat membantu membuat badan lebih rileks sehingga kamu akan lebih cepat tertidur. Kamu bisa lakukan hal ini satu jam sebelum tidur, ya! Paling efektif, sebaiknya jangan lakukan mandi terlalu malam karena bisa berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh.

Kamu juga bisa lakukan peregangan ringan dengan menarik nafas dalam-dalam terlebih dahulu. Teknik-teknik meditasi sederhana juga sangat membantu kamu untuk mengosongkan pikiran sebelum istirahat malam.

2. Bersihkan dan tenangkan pikiran, buat situasi nyaman dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan

Advertisement

tenangkan pikiran dengan meditasi atau yoga via media3.popsugar-assets.com

Sebelum tidur, usahakan agar pikiran kamu nggak terbebani oleh hal-hal yang mengganggu. Tinggalkan dulu segala rutinitas, masalah kehidupan atau sejenisnya. Pikirkan hal-hal baik dan menyenangkan yang kamu alami.

Jika buntu, cobalah untuk bercengkrama dengan pasangan atau orang terdekat sebelum tidur. Sekedar bercanda, bermesraan atau meringankan beban pikiran. Kalau nggak ada yang bisa diajak ngobrol, tulis saja masalah yang sedang kamu hadapi di catatan kecil dan tidak perlu memikirkan solusinya terlebih dulu.

3. Mendengarkan musik juga ampuh untuk relaksasi pikiran, asal nggak dengarkan musik yang ugal-ugalan lho ya!

dengerin musik untuk relaksasi via 34hj1o1ipy51f7w8csgutt1b.wpengine.netdna-cdn.com

Coba deh, sebelum tidur kamu dengerin musik yang menenangkan, seperti alunan instrumental misalnya. Hal ini bisa membantu membebaskan pikiran kamu dari hal-hal negatif. Mimpi yang lebih menyenangkan cenderung akan terjadi setelah pikiran kamu terpaku pada hal yang positif.

4. Pastikan lingkungan tempat tidurmu ideal, bersihkan kamar dan redupkan lampu adalah suatu keharusan

gunakan lampu tidur via s3.amazonaws.com

Kamu nggak akan pernah tahu apa yang ada di tempat tidur sebelum kamu merebahkan badanmu. Itulah kenapa kamu harus banget membersihkan dan merapikan tempat tidurmu. Redupkan lampu kamar tidur untuk menenangkan pikiran sehingga tidurmu juga akan lebih nyenyak.

Atur suhu ruangan supaya nggak kedinginan tapi nggak juga kepanasan. Tambahkan aromaterapi untuk menciptakan suasana rileks. Tidur dalam kondisi kepanasan atau kedinginan juga akan mempengaruhi kualitas tidurmu. Nggak jarang kamu akan mengalami mimpi buruk, nah lho!

5. Hindari nonton film horor atau tayangan kekerasan sebelum tidur, ini adalah penyakit yang bisa banget bikin kamu mimpi buruk!

jangan nonton film horor sebelum tidur via zululandobserver.co.za

Jangan sampai kamu menyaksikan tontonan-tontonan yang negatif seperti berita kriminal dan film horor. Bahkan, menonton dan mengetahui bahwa tim kesayangan baru saja kalah dalam pertandingan sepak bola pun bisa memicu datangnya mimpi buruk di tidurmu.

Intinya, jangan menonton tayangan-tayangan yang sekiranya bisa membuat perasaanmu carut-marut, kacau dan galau sepanjang malam.

6. Jangan makan makanan berlemak dan berbumbu, kecuali yoghurt dan susu

minum susu sebelum tidur lebih baik via health-bath.co.uk

Makanan nggak sehat seperti soda, es krim, burger dan makanan lain yang penuh lemak nggak baik dikonsumsi larut malam atau ketika merasa lapar. Mengonsumsi makanan ini sebelum tidur bisa menyebabkan perut kembung dan sakit perut. Hasilnya, kamu justru merasa nggak nyaman dan berpotensi mimpi buruk.

Minumlah susu atau yogurt. Keduanya mengandung kalsium dan triptofan yang memiliki efek relaksasi.

7. Jauhkan dirimu dari kafein, nikotin dan obat-obatan. Bukannya nyenyak tidur, justru perasaan jadi nggak nyaman

mau gelisah kayak gini? via b.fastcompany.net

Kafein dan nikotin dipercaya bisa mempengaruhi masalah susah tidur. Hentikan juga pemakaian obat-obatan yang bikin efek nggak baik pada kesehatan dan kesadaranmu.

8. Bikin aja daftar mimpi burukmu atau ceritakan dengan orang lain. Hal ini membantumu men-download isi pikiranmu supaya lebih tenang

bikin daftar mimpimu deh.. via 4.bp.blogspot.com

Jika kamu penasaran dengan mimpi buruk yang mampir di tidurmu, buatlah semacam jurnal yang mencatat dan merekam isi mimpimu, lalu hubungkan mimpi itu dengan kehidupan yang kamu alami sebelumnya untuk mencari penyelesainnya. Hal ini bisa membantumu mengidentifikasi pola dan memahami makna dari mimpi buruk kamu.

Memahami pola bukan berarti kamu belajar meramal arti mimpi, tetapi lebih ke mengerti bahwa ada kaitannya tentang suasana hati dan keadaan kamu sehingga bisa jadi mimpi buruk. Kamu bisa mengantisipasinya sejak dini.

Atau, kamu juga bisa menceritakan pada orang lain tentang mimpimu, cara ini mampu membuatmu lebih lega dan rileks. Sehingga kecemasan pun berkurang.

9. Jangan lupa berdoa, dalam kondisi sadar ataupun tidur, hidupmu bergantung pada yang kuasa

berdoa sebelum tidur via theprayinglife.files.wordpress.com

Segala cara menangkal mimpi buruk nggak akan bisa menggantikan yang satu ini, berdoa sebelum tidur. Menyerahkan kepada Tuhan atas segala raga dan pikiran, membantumu untuk tidur lebih nyaman karena perasaan lega. Doa adalah jawaban dari segala kegelisahan, termasuk saat tidur.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, dijamin kamu bakal tidur nyenyak tanpa terganggu oleh mimpi buruk. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya