Apakah kamu termasuk orang yang sulit bangun subuh? Alarm bukannya membangunkanmu, namun justru jadi alat untuk membentuk pola tidur baru: tutup mata – tunggu 15 menit – snooze – tutup mata lagi – snooze – sampai kiamat.

Problematika bangun subuh memang klasik. Hawa fajar yang dingin dan lingkungan yang masih sepi sering memanggil-manggil diri untuk terlelap kembali. Kamu yang sering tak tahan godaan pun sering lebih memilih tidur lagi. Sholat subuh? Kamu lakukan ketika matahari sudah memperlihatkan sinarnya. Iya, sholat subuhmu lebih mirip sholat dhuha.

Sebenarnya, bangun pagi untuk sholat subuh tidaklah begitu sulit, cukup butuh latihan dan kebiasaan. Di artikel sebelumnya Hipwee sudah membagikan ke kamu bagaimana cara supaya kamu bangun pagi dengan segar tanpa malas-malasan. Kali ini, Hipwee akan memberikan tips bagi kamu agar bisa menunaikan sholat subuh pada waktunya.

1. Segala perbuatan yang kamu lakukan harus diawali dengan niat yang benar. Jadi, ubah niat bangun pagimu dari “supaya gak telat ke sekolah” menjadi “ingin sholat subuh”

Ubah niatmu jadi sholat subuh via khazanah.republika.co.id

“Hayo bangun, nanti terlambat ke sekolah lho.”

Advertisement

Kalimat di atas sering keluar ketika orangtua berusaha membangunkanmu dari tidur saat kamu kecil dulu. Akhirnya, ini pun menjadi motivasimu bangun pagi sampai sekarang. Ya, kamu masih niat bangun pagi supaya tidak telat menuju ke tempat kerja ataupun sekolah.

Supaya sekarang tidak malas-malasan lagi untuk sholat subuh, ubahlah niatmu. Jadikan bangun untuk melaksanakan perintah-Nya motivasimu untuk bangun pagi. Lagipula, otomatis karena ketika kamu melaksanakan sholat subuh pada waktunya kamu tidak perlu takut lagi pergi terlambat ke sekolah atau tempat kerja kok. Bangunnya saja sudah lebih pagi dari biasanya.

2. Tidurlah lebih awal, bahkan walau kamu masih punya hutang pekerjaan. Kamu pun bisa bangun untuk sholat malam lalu menuntaskan tugas sambil menunggu waktu subuh.

Tapi jangan tidur di masjid juga via sapiperjaka.com

Tidur lebih awal memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan tidur lebih awal, badanmu akan lebih mudah untuk terbiasa bangun pagi. Waktu subuh juga lebih produktif untuk menuntaskan pekerjaan daripada jika kamu terjaga semalaman alias begadang. Udara fajar yang masih segar, kandungan oksigen yang masih bersih akan membuat otak menjadi lebih fresh dan ketika subuh, otak lebih banyak memproduksi hormon yang akan menajamkan daya ingat sehingga penerimaan informasi menjadi lebih cepat dan tersimpan dalam waktu yang lebih lama. Ini tentu akan meningkatkan kualitas pekerjaanmu.

Tidurlah lebih awal pukul 21.00 dan bangun pukul 02.00 dini hari. Setelah sholat malam dan berdoa, isi waktumu dengan belajar atau menyelesaikan pekerjaan sambil menunggu datangnya waktu subuh.

Memang tidak salah menjadi mahluk nokturnal, alias yang aktif bergerak pada malam hari. Tapi, bukankah kamu sudah memantapkan niat untuk sholat subuh lebih pagi lagi?

3. Hindari makan berlebihan di malam hari. Ini bisa menyebabkan tidurmu terlalu nyenyak. Kamu juga akan bangun dengan badan yang capek.

Hindari makan malam-malam via defence.pk

Makan berlebihan akan menyebabkan kamu tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan capek. Kenapa? karena, ketika merasa kekenyangan, asupan oksigen kamu berkurang sekitar 20%-40% (5-10 detik), hal tersebut menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yang membutuhkan banyak energi, sehingga kita tidak bisa mendengarkan suara alarm ataupun mendengar adzan subuh yang berkumandang.

Makanlah ketika waktu maghrib dengan porsi yang sewajarnya, seperti apa yang dilakukan Rasulullah SAW: tidak langsung tidur setelah makan. Laksanakan sholat isya terlebih dahulu agar makanan yang kamu makan bisa tercerna secara maksimal, sehingga kamu tidak perlu lagi bersusah payah untuk bangun subuh.

4. Jangan ngulet atau berlama-lama main HP dulu. Begitu bangun tidur, bersegeralah mengambil air wudhu.

Segera berwudhu via www.elhooda.net

Jangan biasakan diri kamu untuk bermalas-malasan terlalu lama begitu bangun tidur. Alih-alih mengecek smartphone atau ngulet, bersegeralah untuk mengambil air wudhu. Menurut pakar kesehatan, wudhu akan merilekaskan otot-ototmu yang kaku, menormalkan detak jantung, dan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi segar. Menurut pakar kesehatan, bagian tubuh yang dibasuh ketika berwudhu, merupakan bagian yang biasa digunakan sebagai titik pijat/akupuntur.

Jangan meninggalkan istinsyaq (memasukan air ke hidung) ketika berwudhu, karena dengan melakukannya dijamin kamu bakal sadar 100% dan tidak lagi merasakan kantuk.

Pasang alarm kamu dengan waktu yang mendekati waktu sholat. Karena ketika kamu memasang alarm lebih pagi daripada waktu subuh dan kamu tahu itu, kamu akan berpikir “Ah, aku masih punya waktu… Tidur sebentar lagi ah…” dan kita tahu bahwa “sebentar” di sini artinya “beberapa jam”.

5. Tidur dengan memiringkan badan ke kanan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW akan memudahkan kamu bangun tidur.

tidur miring ke kanan via www.beyondthecoupon.com

Pakar kesehatan menyatakan tidur dengan memiringkan badan ke sebelah kanan memberikan banyak manfaat. Mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan penyerapan gizi, dan menjaga saluran pernafasan menjadi beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari tidur dengan memiringkan badan ke kanan.

Tidur dengan posisi memiringkan badan ke kanan akan menyebabkan posisi jantung kamu berada di atas, sehingga kamu tidak akan tidur terlalu nyenyak. Ini juga yang pada akhirnya akan membantumu mengembangkan kebiasaan bangun pagi.

6. Tidurlah sebentar setelah makan siang. Asal ingat, jangan lebih dari 15 menit karena ‘sebentar’ adalah ‘sebentar’.

15 menit tak apa-apa via www.smallofficetherapy.com

Dengan tidur siang, kamu akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk tidur malam. Jangan tidur ketika sore hari atau setelah maghrib, karena hal tersebut akan membuat kamu tidur larut malam dan tidur malam yang berlebihan akan membuat kamu berat untuk membuka mata di pagi hari. Selain itu, tidur dalam waktu singkat setelah makan siang, akan membangkitkan tenaga kamu yang hilang setelah kamu gunakan untuk bekerja.

7. Berolahraga ringan di pagi hari tidaklah sulit. Cukup lakukan sholat berjamaah di masjid dan berjalan kakilah dari rumahmu ke sana.

Langkahkan kakimu ke masjid via photography.nationalgeographic.com

Setelah mengambil air wudhu, bergegaslah untuk beranjak ke masjid. Selain pahala lebih besar yang kamu dapat, berjalan ke masjid termasuk ke dalam olahraga ringan yang efektif untuk membakar lemak yang kamu tumpuk ketika makan malam, udara pagi dengan oksigen yang masih segar menjadi keuntungan yang tidak bisa kamu dapat ketika bangun siang.

Masih kesulitan untuk menunaikan sholat subuh pada waktunya? cara-cara yang dipaparkan Hipwee di atas dapat kamu lakukan agar subuhmu tidak kesiangan lagi. Memang cara-cara tersebut tidak dapat kamu raih secara instan, konsistensi menjadi kunci agar sholat subuh tepat pada waktunya menjadi kebiasaan.

Berjanjilah untuk berhenti sholat subuh ketika matahari telah muncul, padahal waktu berakhirnya sholat subuh adalah ketika fajar telah menyingsing. Bacalah doa sebelum tidur dan mintalah kepada Allah S.W.T agar diberi pertolongan untuk dimudahkan sholat subuhmu.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil!