Setiap orang pasti memiliki rasa takut akan sesuatu hal. Semisalnya dulu, waktu kamu masih kecil, kamu takut akan hantu yang kamu rasa suka ada di bawah kolong tempat tidur, atau kamu takut dengan orang dewasa yang belum pernah kamu kenal sebelumnya. Rasa takutmu waktu kecilmu memang bisa hilang sendirinya saat kamu dewasa.

Akan tetapi, rasa dan tingkat rasa takut setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang memiliki rasa takut alami seperti yang dimiliki manusia pada umumnya, serta ada juga yang memiliki rasa takut akan sesuatu secara berlebihan. Rasa takut yang berlebihan inilah yang disebut sebagai phobia.

Phobia sendiri adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena dan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.

Mungkin saja, ketakutan yang selama ini sering kamu rasakan karena kamu punya phobia terhadap sesuatu.

Kamu lagi sakit gigi, tapi kamu tapi kamu takut ke dokter gigi. Jangan-jangan kamu mengidap Dentophobia

Ke dokter gigi jadi momok menakutkan via chai-tealatte.deviantart.com

Advertisement

Dentophobia adalah rasa takut pada dokter gigi.

Kamu yang terkena dentophobia biasanya begitu mati-matian berjuang agar tidak usah pergi ke dokter gigi, meskipun gigimu sudah harus mendapat perawatan dokter. Hal ini bisa jadi karena kamu pernah merasa trauma di masa kecil, pernah bertemu dokter gigi yang mirip nenek sihir dan galak, maupun omongan orangtua kalau nakal akan disuntik oleh dokter. Itulah kenapa, saat ini ruangan dokter selalu dihiasi dengan benda-benda lucu supaya pasien, baik anak-anak maupun orang dewasa merasa lebih nyaman.

Saat berada di kantor, kamu selalu merasa cemas dan takut masuk kantor. Itu adalah ciri dari Ergophobia

Kamu takut sama pekerjaanmu yang sekarang? via www.idntimes.com

Ergophobia adalah ketakutan abnormal terhadap kerja, mencari kerja, teman kerja, yang berlangsung secara terus-menerus.

Pengidap Ergophobia memiliki pengalaman yang tidak semestinya terhadap lingkungan tempat kerja dan menyadari ketakutan itu sedikit irasional.

Kamu mungkin tidak membenci pekerjaan yang dilakukan seperti merasa takut saat harus bekerja sama dalam kelompok, memimpin kelompok, gagal akan tugas yang diberikan, maupun berbicara di depan umum saat waktu rapat. Ergophobia mungkin terjadi karena sebuah insiden atau trauma pada titik kehidupan sebelumnya. Kehilangan pekerjaan atau difitnah oleh rekan kerja, menjadi beberapa alasan kenapa kamu memiliki ketakutan ini.

Hati-hati, bisa jadi kamu punya decidophobia: kesulitan dalam membuat keputusan

Kamu bingung sendiri menentukan pilihan via evolve-mma.com

Kamu sering mengalami kebingungan dan kesulitan dalam membuat dan mengambil sebuah keputusan. Misalnya, saat libur kamu bingung memilih antara pergi berbelanja, atau mending di rumah saja. Hal ini ternyata juga berlangsung hampir setiap minggu. Jangan-jangan kamu sebenarnya mengidap Decidophobia.

Decidophobia mungkin phobia yang paling sering dialami orang-orang.

Kamu yang tidak bisa membuat keputusan masuk ke dalam phobia ini. Seandainya sudah dalam posisi yang parah, kamu bahkan seringkali tidak bisa memilih dua pilihan yang sebenarnya begitu mudah, seperti memilih menu sarapan, ataupun pakaian yang akan dikenakan. Jika tidak bisa memilih juga, biasanya kamu akan terbengong-bengong selama beberapa jam.

Kamu takut makan karena takut gemuk. Padahal bisa saja itu pertanda Phagophobia

Kamu tidak harus takut makan demi punya badan bagus via twistedrootburgerco.com

Biasanya manusia butuh makan tiga kali sehari, pada waktu pagi, siang, dan malam hari. Namun, kamu takut untuk makan karena beberapa alasan. Alasan yang paling sering diungkapan adalah karena takut menjadi gemuk.

Selain itu, phobia ini dinyatakan dalam berbagai keluhan menelan tanpa alasan fisik yang jelas yang terdeteksi oleh pemeriksaan fisik dan analisa laboratorium.

Phagophobia adalah ketakutan seseorang untuk makan. Bahkan dalam tahap serius, mereka lebih memilih tinggal di rumah sakit daripada harus makan biasa. Pengidap phobia biasanya akan meninggalkan janji kencan makan malam romantis karena mereka lebih memilih diam dan menjauh.

Cinta bahasa sendiri sih boleh saja, tapi bukan berarti menjadikan kamu menjadi sosok Xenoglossophobia

Belajar bahasa asing itu penting via www.itsmilkandhoney.com

Kamu mungkin heran dan baru mendengar tentang istilah Xenoglossophobia tapi sebenarnya hal ini sudah sering kamu temukan sehari-hari.

Xenoglossophobia adalah sebuah ketakutan akan berbahasa asing.

Biasanya bila kamu seorang Xenoglossophobia, kamu akan secara tidak wajar membenci dan tidak mau mempelajari bahasa asing dan mengagung-agungkan bahasa sendiri.

Padahal mempelajari bahasa asing itu perlu lho. Dalam keadaan parah, Xenoglossophobia akan membawamu pada kelainan psikolinguistik kamu jadi tidak bisa sama sekali memahami bahasa asing.

Bukannya tidak mau punya pasangan, kamu hanya takut jatuh cinta lagi atau Philophobia

Patah hati itu membuatmu gelisah via itakeoffthemask.com

Philophobia berasal dari bahasa yunani “Philo” yang berarti cinta dan “phobia” yang berarti takut. Philophobia adalah satu penyakit mental dalam diri seseorang yang takut untuk jatuh cinta dan dicintai.

Kamu yang mengidap Philophobia biasanya karena pernah melalui sendiri atau mendengar pengalaman orang lain tentang hal-hal yang tidak menyenangkan dalam percintaan.

Ciri pengidap Philophobia adalah merasa takut, gelisah dan menunjukkan permusuhan, kebencian, diskriminasi dan berprasangka buruk terhadap apa saja yang berkaitan dengan cinta sama ada sesuatu objek, orang atau situasi. Dalam kondisi tertentu, seorang Philophobia dapat memengaruhi kualitas hidup dan menjauhkannya dari komitmen dan ketertarikan akan apapun.

Aspek yang paling buruk adalah ketakutan akan cinta dan jatuh cinta yang membuat orang menjadi solitude perasaan tidak ingin bersosialsiasi.

Kamu merasa malas dan takut bersentuhan dengan makeup, bisa jadi sebenarnya kamu Maquillaphobia

Apa kamu takut bermake up? via www.n-punto.com

Maquillaphobia adalah ketakutan berlebihan saat memakai atau bersentuhan dengan make up atau kosmetik, bahkan terkadang peralatan kamar mandi.

Pengidap Maquillaphobia biasanya memiliki masalah terhadap peralatan make up seperti body lotion, sabun, maupun produk lainnya.

Kamu begitu takut akan rasa takut, karena kamu Phobophobia

Apa kamu takut terhadap rasa takut? via community.uservoice.com

Phobophobia dapat disebut sebagai takut akan rasa takut. Kamu dengan phobia ini sebenarnya takut mengembangkan phobia itu sendiri.

Pada dasarnya, Phobophobia bukanlah phobia yang dianggap penting, tetapi dapat menjadi faktor penting pemicu phobia.

Phobia ini tidak memiliki pemicu, tetapi dapat memberikan sensasi yang menimbulkan serangan rasa panik.

Sebenarnya, masih beberapa jenis phobia yang banyak terjadi dan tanpa sadar ternyata kamu sendiri juga mengidapnya. Namun, jika kamu atau orang terkasih mengalami salah satu phobia yang sudah dibahas, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan para ahli. Karena phobia bukanlah sesuatu penyakit yang dapat disembuhkan dengan minum obat. Sebaliknya, ia hanya bisa perlahan dihilangkan dengan terapi tertentu! 🙂