Sebelum badan kamu tumbang karena sakit, ada baiknya kamu memulai untuk melakukan gaya hidup yang sehat. Daripada harus keluar banyak duit buat berobat, mending kita bersusah payah ngejaga badan kita agar tetap sehat, ‘kan?

Bergaya hidup sehat itu nggak selalu harus mahal kok. Hipwee punya tips untuk bisa hidup sehat dengan cara yang mudah dan simpel. Langsung dibaca aja yuk!

1.  Hindari makan Junk Food

Jangan sering-sering makan junk food! via zena.blic.rs

Hindari makanan junk food! Memang, cheese burger, french fries dan pizza adalah makanan-makanan yang menggugah selera dan mudah didapat. Tapi junk food mengandung sodium tinggi, banyak lemak jenuh, dan kolesterol. Kalau makanan seperti ini terus-terusan masuk ke dalam tubuh kita, itu akan menimbulkan berbagai macam banyak penyakit seperti darah tinggi, stroke, jantung, hingga kanker.

2. Masaklah makananmu sendiri

Masak makanan sendiri via porcelanowa.soup.io

Advertisement

Makanan yang paling aman dan terjamin kesehatannya adalah makanan yang kita masak sendiri. Dengan memasak makanan sendiri, setidaknya kita bisa memastikan standar kebersihan dan kesehatan dari makanan yang akan kita konsumsi nanti. Kita bisa memasak makanan yang lebih sehat dengan cara mengurangi minyak, garam, atau vetsin. Selain bikin perut kamu nyaman, memasak sendiri bisa bikin kita jadi lebih irit!

3. Sarapan dengan menu sehat

Sarapan yang sehat via www.ritualzbeauty.com

Good food, good life! Setuju nggak? Yup, penting buat kamu untuk memilih makanan sehat untuk memulai harimu. Hindari makanan sereal yang mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah banyak, karena ini dapat memicu naik-turunnya gula darah dalam tubuh.

Daging, sosis, dan nugget juga mengandung nitrat yang bisa berisiko memicu kanker. Pilihlah menu makanan yang lebih segar untuk memulai hari, seperti buah-buahan yang kaya akan serat, telur, selai kacang homemade, dan salad sayuran.

4. Pergi Jalan-jalan Ke Luar Rumah

Jalan-jalan biar nggak stres. via www.washingtoncitypaper.com

Di hari libur, mungkin kita lebih memilih untuk beristirahat dan bermalas-malasan di rumah. Tapi lebih baik jika kita menyempatkan diri untuk pergi keluar rumah dan berjalan-jalan. Pergi untuk sekedar bermain dan berjalan-jalan dapat mengurangi rasa stres, meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, dan membuat kita lebih cepat pulih sehabis sakit.

5. Olahraga sebelum beraktivitas

Olahraga pagi sebelum beraktivitas via idu-photo.blogspot.com

Penting untuk selalu mengerakkan tubuh kita. Nggak sembarangan bergerak, loh! Maksudnya adalah, penting bagi kita untuk selalu menyempatkan diri berolahraga sebelum beraktivitas. Cukup berolahraga simpel-simpel aja, seperti senam,  jogging atau bersepeda di sekitar komplek rumah. Kalau kamu nggak punya banyak waktu, kamu bisa olahraga dalam waktu 7 menit saja!

6. Banyak-banyaklah tertawa

Tertawa itu sehat! via www.tevilagod.com

Tawa itu bisa jadi salah satu obat mujarab bagi kesehatan kita. Ketika seseorang tertawa, tubuh akan melepaskan neurotransmiter yang dapat mengurangi hormon penyebab stres. Pada saat tertawa, otot-otot pada perut, wajah, kaki dan punggung pun akan ikut bergerak.

Selain itu, tertawa juga membuat paru-paru lebih mengembang sehingga kamu akan lebih mudah bernapas. Dampak positif lainnya, tertawa bisa mendorong sistem kardiovaskular tubuh, membuat aliran darah menjadi lebih lancar, dan menyeimbangkan otak kanan dan kiri saat menanggapi sebuat lelucon.

7. Jangan kebanyakan duduk!

Jangan lupa berdiri ya.. via www.theguardian.com

Terlalu banyak duduk bisa bahaya bagi kesehatan kita! Kebanyakan duduk bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, lho! Kalau mau lebih tahu tentang bahaya akibat duduk terlalu lama, kamu bisa klik artikel Hipwee yang ini.

Kalau pekerjaanmu membuatmu lebih banyak duduk ketimbang berdiri atau berjalan kaki, mulai sekarang biasakan untuk selalu menyempatkan berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Ini juga bisa membuatmu jadi lebih produktif lagi.

Gimana, nggak susah kan buat ngelakuin hal-hal di atas? Menjaga tubuh untuk tetap sehat itu adalah sebuah keharusan, karena kalau kita udah sakit yang rugi kita sendiri. Mumpung belum terlambat, sebaiknya mulai dari sekarang kamu coba untuk selalu bergaya hidup sehat. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya guys!