Kesibukan selama beberapa hari belakangan membuat badan lelah, jenuh dan kurang bersemangat. Jika sudah begini, maka tiba saatnya untuk melakukan relaksasi. Salah satu cara yang menyenangkan untuk me time favorit para cewek adalah perawatan tubuh di spa. Namun, harganya terlalu mahal kalau kamu mau sering melakukannya.

Sebenarnya, masih ada cara lain untuk mendapatkan tubuh segar dan terawat dengan nggak memakan biaya dan waktu. Kamu bisa lakukan homemade spa – menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dan murah di rumah. Dengan menerapkan cara simpel, kamu sudah bisa merasakan pengalaman relaksasi layaknya perawatan di spa. Ikuti langkah-langkah yang sudah Hipwee Tips rangkum untukmu berikut ini.

1. Ciptakan suasana ruangan yang menenangkan agar kamu bisa rileks dan nyaman selama perawatan

ciptakan suasana nyaman via id.pinterest.com

Jika kamu ingin melakukan spa di kamar, atur cahaya lampu kamar agar nggak terlalu terang sehingga cukup kondusif untuk melakukan pernapasan dalam dan menyembuhkan. Atau manfaatkan cahaya lilin yang jauh lebih lembut, namun masih memungkinkanmu untuk melihat – terutama jika kamu ingin berelaksasi sambil membaca.

Kamu bisa menyalakan beberapa buah lilin agar suasana di dalam ruangan lebih menenangkan. Boleh juga kamu tambahkan aromaterapi agar suasana rileks makin terasa.

2. Setelah mendapatkan suasana yang pas, hal lain yang harus dipersiapkan sebelum memulai perawatan a la spa adalah kudapan dan hiburan pendukung

Advertisement

campuran air dingin, mentimun dan lemon via beautyandblush.com

Proses perawatan diri yang cukup lama terkadang membuat suasana terasa membosankan. Misalnya saja saat sedang menanti masker wajah atau masker rambut untuk mengering dan meresap. Oleh karena itu, siapkan minuman spa sebagai teman acara relaksasimu. Jika diperlukan, siapkan pula hiburan pendukung lainnya seperti buku bacaan atau putar lagu-lagu favorit.

Isi teko dengan air dingin yang sudah difilter, kemudian masukkan potongan mentimun dan lemon. Biarkan selama kurang lebih 10 menit sebelum mengonsumsinya. Minuman spa buatan sendiri ini nggak kalah segarnya dengan minuman spa di salon. Nikmati sembari kamu berelaksasi ya.

3. Mulailah dengan perawatan wajah untuk membuka pori-pori dan memaksimalkan tahap perawatan berikutnya

awali dengan men-treatment wajah via www.isabelsbeautyblog.com

Pertama-tama, bersihkan wajah dengan pembersih yang cocok untuk kulitmu. Lakukan penguapan dengan cara merendam handuk ke dalam air panas dan letakkan pada wajah. Biarkan wajah menyerap uap selama 5-6 menit untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran secara efektif. Kemudian, oleskan masker wajah sambil pijat kulit selama beberapa saat dan diamkan. Kamu bisa gunakan masker alami yang terbuat dari campuran pisang dan madu, yoghurt dan madu, atau stroberi dan oatmeal. Jangan lupa tutup mata dengan potongan timun untuk menyegarkan area mata, ya!

4. Setelah merawat wajah, lanjutkan dengan perawatan rambut agar sehat dan berkilau. Gunakan masker rambut, misalnya

lanjutkan dengan masker rambut via www.vitalproteins.com

Rawat rambutmu dengan masker alami yang bisa didapatkan dari bahan alami. Kamu bisa gunakan campuran alpukat dan minyak zaitun. Selain murah, masker alpukat dan minyak zaitun berfungsi untuk membuat rambut berkilau tanpa alergi.

Haluskan alpukat, lalu campur dengan minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada rambut secara merata. Pijat lembut kulit kepala agar nutrisinya meresap, akar rambut menjadi lebih kuat dan sehat, sekaligus memberi efek relaksasi. Sambil menanti masker rambut terserap, bungkus rambut dengan handuk yang sudah direndam air hangat atau gunakan shower cap. Biarkan selama 30 menit.

5. Pijatlah tubuh perlahan sembari menggosok tubuh dengan lulur untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk

pakai lulur via beauty.onehowto.com

Sel kulit mati pada tubuh nggak hanya bikin kusam, tapi juga tampak kering. Maka dari itu, gunakan bahan-bahan yang membantu pengangkatan sel kulit mati. Misalnya menggunakan bubuk kopi dan susu. Gosok dan pijat perlahan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih bersih dan lembut.

6. Bersantailah sejenak dengan berendam dalam air susu jika memungkinkan. Kapan lagi merasakan sensasi kenyamanan mewah buatan sendiri?

mandi susu via www.allthingshair.com

Mandi susu bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus dan lembap. Jika ada, manfaatkan bathtub di rumah untuk berendam sejenak dalam lautan susu a la spa.

Caranya mudah, siapkan 2-3 gelas susu putih cair, satu cangkir minyak zaitun, dan satu sendok makan vanili. Tuangkan bahan-bahan tersebut dalam bathtub yang telah diisi dengan air hangat. Atur temperaturnya agar pas bikin tubuhmu nyaman saat berendam di dalamnya. Duduk dan bersantailah sambil sesekali menggosok tubuhmu dengan lembut.

7. Lanjutkan dengan mandi air hangat yang menenangkan untuk membilas seluruh bagian tubuh

mandi air hangat via wallup.net

Pastikan kamu sudah menyiapkan air hangat yang nggak terlalu panas. Spa sudah pasti identik dengan body wash yang wangi dan beraroma mewah. Oleh karenanya, gunakan fragranced body wash yang mengandung pelembap dan nggak hanya lembut untuk kulit, tapi juga menebarkan aroma wangi yang menyenangkan. Lalu, gosok tubuh dengan lembut di bawah air yang mengalir. Cuci rambut dan tubuh secara menyeluruh agar nggak ada lagi bahan-bahan masker atau lulur yang tersisa.

8. Terakhir, lakukan manikur dan padikur untuk menyempurnakan homemade spa agar tubuhmu semakin memesona

menikur pedikur via id.pinterest.com

Ini adalah langkah terakhir untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari perawatan spa yang kamu lakukan.

Caranya, hapus kuteks yang tersisa, rendam tangan dan kaki ke dalam air hangat dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulitmu. Biarkan tangan dan kakimu rileks beberapa saat. Kemudian, gunting kuku tangan dan kaki, lalu rapikan ujungnya. Jangan lupa aplikasikan body oil, body lotion, atau body butter untuk memberikan kelembapan kulit dan membuatnya semakin bersinar.

Nah, dengan melakukan rangkaian perawatan homemade spa, kamu bisa berhemat dan mendapatkan keuntungan yang nggak kalah menenangkan dengan fasilitas di salon langganan, ‘kan? Yuk, coba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya