Adalah dusta, kalau kamu bilang nggak suka yang namanya es lilin. Es yang sempat populer zaman kita kecil dulu ini selalu akan dapat tempat di hati para fans-nya. Waduh, udah kayak artis aja nih..hihihi.

Meski banyak penggemarnya, sayangnya nggak banyak penjual es lilin yang gampang ditemui sekarang. Biar kamu nggak gemes sendiri karena saking kangennya ngemut es lilin ini, ayo deh Hipwee Tips ajak bikin aneka es lilin yang segar-segar. Siap-siap bernostalgia, ya!

1. Paling gampang sih bikin es lilin teh manis, nggak perlu biaya banyak tapi cepat laris!

es lilin teh manis via cookpad.com

Kalau minum es teh manis sudah biasa, kamu bisa menikmati teh lewat es lilin teh manis. Gampang banget bikinnya, yang penting mah ada freezer aja 🙂

Bahan-bahannya:

  • Teh tabur
  • Gula pasir putih
  • Air

Cara membuatnya:

  1. Rebus air, gula dan teh sampai mndidih, angkat dan dinginkan.
  2. Saring dahulu air teh lalu bungkus dalam plastik. Masukkan freezer hingga beku.
Advertisement

Coba bandingkan, seru mana dibandingkan minum es teh manis biasa?

2. Siapa yang nggak sarapan di rumah tapi jajan es lilin kacang hijau di sekolah? Ngaku aja deh..

es lilin kacang hijau via res.cloudinary.com

Es lilin kacang hijau salah satu yang bikin uang saku cepat habis zaman masih sekolah dulu. Sekarang, kamu bisa banget bikin sendiri.

Bahan-bahannya:

  • 50 gr kacang hijau, rendam semalam dalam air, tiriskan
  • 300 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 250 gr gula pasir
  • 500 ml santan
  • 2 sdm tepung kanji, larutkan dalam sedikit air

Cara membuatnya:

  1. Campurkan kacang hijau, air, garam, daun pandan, jahe, dan gula. Masak sampai airnya menyusut, sisihkan.
  2. Masak santan bersama larutan kanji hingga mendidih, aduk terus agar santan nggak pecah. Angkat, dinginkan.
  3. Masukkan kuah santan ke dalam bubur kacang hijau. Aduk rata sampai membentuk adonan. Bungkus dalam plastik lalu masukkan freezer.

Jangan lupa sarapan dulu sebelum makan es lilin kacang hijau, ya.. hihihi

3. Makan es tapi kepedesan? Ya cuma es lilin rujak yang bikin gara-gara…

es lilin rujak via www.resepnasional.com

Sebelum sekarang ada rujak es krim, dulu ada yang namanya es lilin rujak. Intip deh resepnya berikut..

Bahan rujak:

  • 2 1/2 liter air
  • 250 gr gula pasir
  • 250 gr mangga indramayu, serut
  • 250 gr bengkuang, serut
  • 250 gr pepaya, serut
  • 250 gr nanas, serut

Bahan bumbu halus:

  • 150 gr gula merah
  • 7 sdm air asam jawa
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 sdm air jeruk nipis
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1/2 sdt garam

Cara membuatnya:

  1. Didihkan air, gula dan bumbu halus, angkat, saring.
  2. Masukkan buah, aduk rata. simpan di dalam lemari es selama 30 menit hingga bumbu meresap, keluarkan.
  3. Bungkus ke dalam plastik lalau masukkan freezer.

Peringatan keras! Jangan makan es lilin rujak ini selama perut masih kosong, ya.

4. Yang seger, yang seger… Lihat tukang es lilin buah segar bikin ngiler! Ayo ah, bikin sendiri

es lilin buah segar via 3.bp.blogspot.com

Rasanya yang beragam tentu membuat es lili buah segar ini banyak digemari, apalagi anak-anak. Carilah buah yang punya banyak warna agar tampilannya lebih menarik.

Bahan-bahannya:

  • 50 gr pepaya, potong kecil
  • 50 gr nanas, potong kecil
  • 50 gr melon, potong kecil
  • 50 gr mangga, potong kecil
  • secukupnya selasih
  • 250 ml susu kental manis
  • 500 ml air masak
  • Sirup rasa coco pandan

Cara membuatnya:

  1. Larutkan susu kental manis, air, dan sirup di atas api kecil sambil aduk-aduk hingga mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Campurkan potongan buah segar ke dalam larutan kuah susu.
  3. Bungkus ke dalam plastik es dan masukkan freezer hingga beku.

Es lilin buah segar ini bisa dikonsumsi sebagai asupan vitamin, asal higienis dalam mengolahnya.

5. Es lilin tape singkong termasuk yang juara, nyata khasiatnya gampang pula bikinnya

es lilin tape singkong via i.ytimg.com

Kalau yang masih ingat, es lilin tape singkong ini juga favorit, terutama buat cewek-cewek yang tahan sama rasa asemnya.

Bahan-bahannya:

  • 650 gr tape singkong
  • 1 kaleng susu kental manis vanila
  • 3 liter air
  • 400 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 50 gr gula aren
  • 4 sdm tepung maizena
  • 4 lembar daun pandan

Cara membuatnya:

  1. Rebus gula pasir dan air, saring.
  2. Blender tape singkong, susu kental manis, dan air rebusan gula.
  3. Setelah halus, didihkan bersama daun pandan, garam dan larutan maizena. Angkat, dinginkan.
  4. Bungkus ke dalam plastik es, masukkan freezer.

Awas, jangan kebanyakan makannya daripada sakit perut 🙁

6. Siapa sih yang nggak suka cokelat? Kamu juga bisa mengolahnya jadi es lilin cokelat nan lezat

es lilin cokelat via i.ytimg.com

Es lilin cokelat juga termasuk salah satu yang digemari, karena rasa cokelatnya yang familiar.

Bahan-bahannya:

  • 4 sdm tepung maizena
  • 2 sdm bubuk cokelat
  • 12 sdm susu kental manis
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 liter air

Cara membuatnya:

  1. Didihkan air, bubuk cokelat dan tepung maizena, aduk rata.
  2. Tambahkan susu kental manis dan gula pasir. Tunggu hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
  3. Bungkus ke dalam plastik es dan masukkan freezer.

Praktis, bukan?

7. Kalau sekarang ada rainbow cake, dulu warna-warni es lilin pelangi juga sempat nge-hits!

es lilin pelangi via 3.bp.blogspot.com

Membuat es lilin yang ini juga mudah, cuma butuh sedikit kesabaran aja.

Bahan-bahannya:

  • 2 liter air
  • 1 bungkus jelly tawar
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 3 sdm tepung maizena
  • Secukupnya gula
  • Pewarna makanan

Cara membuatnya:

  1. Rebus air, jelly dan susu kental manis, aduk rata. Tambahkan maizena yang sudah dilarutkan. Tunggu hingga mendidih. Angkat, tiriskan.
  2. Siapkan 5 wadah, tetesi dengan sedikit warna yang berbeda tiap wadahnya. Campurkan adonan es, aduk rata.
  3. Bungkus ke dalam plastik es lalu masukkan freezer.

Nah, es lilin pelangimu siap dinikmati, deh.

8. Kelapa muda enak juga dibikin beku, lho. Lewat es lilin kelapa muda ini, bisa bikin kamu gemes pengen gigit

es lilin kelapa muda via 1.bp.blogspot.com

Es lilin kelapa muda bisa dibuat dengan santan atau tanpa santan. Kali ini Hipwee Tips bagi-bagi resep yang pakai santan, ya..

Bahan-bahannya:

  • 600 ml santan
  • 150 gr gula pasir
  • sdt garam
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 1 btr kelapa muda, ambil dagingnya

Cara membuatnya:

  1. Masak santan, gula, dan garam sampai mendidih sambil diaduk rata. Masukkan larutan maizena sambil diaduk sampai adonan mengental dan matang, angkat, dinginkan.
  2. Setelah adonan dingin, tambahkan daging kelapa muda, aduk rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik es, dinginkan dalam freezer.

Kamu bisa juga menambahkan potongan nangka ke dalam adonan es, biar warnanya tambah cantik dan rasanya makin ciamik.

9. Es lilin ketan hitam pun tak kalah popelernya. Kalau kamu gimana? Pernah coba?

es lilin ketan hitam via 4.bp.blogspot.com

Meski udah jarang ada yang jual, ada juga lho es krim bermerek yang punya varian rasa ini. Artinya, es lilin ketan hitam ini memang jadi idola.

Bahan-bahannya:

  • 1/4 kg ketan hitam
  • 1 liter air
  • 25 gr tepung maizena, larutkan
  • 1/4 liter santan
  • 3/4 kg gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 1 kaleng susu kental manis

Cara membuatnya:

  1. Rebus ketan hitam dengan 1 liter air sampai matang.
  2. Masukkan semua semua sisa bahan kecuali vanili dan susu. Rebus sampai mendidih sambil diaduk aduk-aduk terus agar santan tidak pecah.
  3. Setelah mendidih, masukkan vanili dan susu kental manis, aduk-aduk sebentar biar merata. Angkat dan dinginkan.
  4. Bungkus adonan ke dalam plastik es dan dinginkan dalam freezer.

Nggak cuma seger, es lilin ketan hitam juga kaya manfaat karena kandungan karbohidrat serta protein dalam kacang hitamnya. Nyummm!

10. Buat kamu yang suka kopi, coba bikin es lilin capuccino. Lumayan biar nggak ngantuk

es lilin cappucino via 4.bp.blogspot.com

Yang ini nggak kalah simpel, cara pembuatannya mirip dengan es lilin teh manis dan cokelat.

Bahan-bahannya:

  • 3 sachet bubuk cappucino
  • 2 sachet susu kental manis vanila
  • 250 gr gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan
  • 1 liter air

Cara membuatnya:

  1. Larutkan cappucino, susu kental manis, dan gula pasir dengan segelas air panas. Kemudian tambahkan larutan maizena.
  2. Bungkus ke dalam plastik es, masukkan ke freezer.

Coba di kafe-kafe sedia ini….

11. Namanya es nggak bisa jauh-jauh dari jelly, termasuk es lilin. Yuk, bikin es lilin susu jelly

es lilin susu jelly via 1.bp.blogspot.com

Buat kamu yang suka jelly, es lilin susu jelly bisa jadi pilihan kudapan nih..

Bahan-bahannya:

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1,2 liter air masak
  • 1 bungkus agar-agar
  • Secukupnya gula pasir

Cara membuatnya:

  1. Masak agar-agar, air dan gula (sesuai petunjuk pada kemasan), didihkan, angkat dan dinginkan. Potong dadu.
  2. Campurkan air dan susu kental manis, aduk rata. Masukkan potongan jelly ke dalamnya.
  3. Bungkus ke dalam plastik es lalu bekukan di freezer.

Biar warnanya lebih menarik, gunakan agar-agar rasa yang punya warna menarik seperti jambu, mangga, melon, anggur atau cokelat.

12. Es lilin asal Malaysia ini lumayan viral, namanya es lilin choki-choki. Tampilannya yang belang bikin lapar mata

es lilin choki-choki via 4.bp.blogspot.com

Memang sih, dulu belum pernah ada es lilin choki-choki ini, baru choki-chokinya aja yang hits. Nah, biar nggak ketinggalan, kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahannya:

  • 250 ml susu full cream
  • 2 sachet susu kental manis vanila
  • 2 1/2 gelas belimbing air masak
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm gula pasir
  • 5 sachet choki-choki

Cara membuatnya:

  1. Didihkan semua bahan kecuali choki-choki.
  2. Masukkan choki ke dalam plastik es secukupnya hingga membentuk belang-belang pada permukaan plastik.
  3. Setelah adonan dingin, masukkan ke dalam plastik yang sudah diberi choki-choki, lalu bekukan dalm freezer.

Sekilas tampak simpel, namun jangan ditanya rasanya. Kamu yang nge-fans sama es lilin wajib coba, ya.

13. Yup, es lilin yoghurt juga favorit! Selain bisa buat diet juga ampuh atasi sembelit

es lilin yoghurt via i.ytimg.com

Kalau biasanya kamu suka membelinya di warung atau penjual susu keliling, kini kamu bisa membuatnya sendiri, lho. Dijamin lebih higienis.

Bahan-bahannya:

  • 400 ml yoghurt
  • 300 gr gula pasir
  • 500 ml susu cair
  • 500 ml air
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • pewarna hijau dan merah

Cara membuatnya:

  1. Masak agar-agar: rebus air, gula, dan agar sambul diaduk hingga mendidih. Angkat, bagi menjadi dua bagian. masing-masing ditambahkan warna merah dan hijau dan aduk sampai rata.
  2. Tuang masing-masing ke dalam mangkuk dan dinginkan. Potong dadu kecil-kecil.
  3. Rebus yoghurt, gula pasir, dan susu cair sambil diaduk hingga mendidih dan dinginkan.
  4. Campurkan potongan agar-agar dan adonan yoghurt. Masukan ke plastik es lalu bekukan dalam freezer.

Gimana rasanya? Nggak sebanding kan dengan yang kamu beli di luar?

Itulah beberapa kreasi membuat es lilin yang populer zaman kamu kecil dulu. Tertarik untuk mencoba? Sembari nostalgia, kamu akan tersenyum-senyum dibuatnya. Selamat mencoba, ya 🙂