Banyak orang berpikir bahwa olahraga hanya dibutuhkan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan saja. Sedangkan mereka yang bertubuh kurus dianggap nggak perlu lagi berolahraga karena nggak punya banyak lemak yang perlu dibakar. Padahal, mereka yang bertubuh kurus juga butuh latihan khusus untuk bisa menaikkan massa otot sehingga memberi efek badan yang terlihat berisi.

Untuk mencapai tujuan ini, nggak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh si pemilik tubuh kurus. Ada beberapa olahraga atau latihan tertentu yang dianjurkan untuk menaikkan massa otot dan tentunya nggak bikin badanmu makin habis karena terlalu banyak kalori yang terbakar. Simak dan praktikkan yuk!

1. Berlatih angkat beban akan mengencangkan otot-otot inti atau core mucsles dan membantu membangun massa otot

Angkat beban via www.youtube.com

Salah satu cara untuk menaikkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga angka beban seperti barbel dan angkat besi. Olahraga ini bisa membantumu mengencangkan dan membangun massa otot yang kemudian akan tumbuh menjadi lebih besar dan kuat. Selain memberikan efek terlihat lebih gemuk, massa otot yang padat juga akan membuat berat badanmu bertambah secara alamiah lho.

Kamu bisa mencoba posisi squat, bench press, chin ups dan bent over. Lakukan latihan ini selama 30 menit tiap setnya dengan sedikit pengulangan atau dengan perlahan, namun dalam frekuensi yang sering.

2. Selain melatih otot tubuh bagian atas, latihan push up juga melatih kardiovaskularmu

Advertisement

Push up via biohealthguru.com

Melakukan latihan push up secara rutin dapat membantu menguatkan dan memperbesar otot-otot bagian dada, lengan, bahu, serta memperkuat punggung. Termasuk juga salah satu metode mengencangkan otot-otot payudara. Lakukan push up sebanyak 10-20 kali dengan tiga kali repetisi setiap harinya. Untuk cewek, gunakan kedua lutut sebagi tumpuan saat melakukan push up, ya!

3. Olahraga kelenturan seperti pilates atau yoga yang bisa meningkatkan panjang otot, meningkatkan keseimbangan, kelenturan dan pergerakan tubuh

Yoga via hoteldel.com

Peneliti Alan Kristal menemukan, bahwa latihan yoga secara teratur dapat membantu penyebaran berat badan secara berlebih. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2009 menemukan bahwa latihan yoga teratur bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Kedua jenis latihan ini sama-sama fokus untuk kelenturan tubuh. Yang membedakan hanya tujuan akhirnya, yoga lebih memfokuskan latihan fleksibilitas, meditasi, dan pengelolaan stres, sementara gerakan pilates lebih berfokus menempa stamina tubuh.

4. Latihan motorik juga cocok untuk membantu menambah kekuatan otot, daya tahan otot, kelincahan, dan kardiovaskular

Outdoor training via greenparkfitness.co.uk

Beberapa latihan motorik yang bisa kamu terapkan misalnya beladiri, outdoor training, dan circuit training. Ada beberapa jenis beladiri yang bisa kamu ikuti seperti tae kwon do, judo, karate, jujitsu dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan ketangkasan apa yang yang ingin kamu kuasai. Untuk outdoor training, misalnya dengan mengikuti outbond yang biasanya diadakan di area-area wisata.

Sedangkan untuk circuit training, yang adalah kombinasikan latihan kardio dan latihan kekuatan untuk meningkatkan beberapa komponen fisik secara bertahap dan berkesinambungan, dapat dilakukan di lapangan, alam bebas, atau menggunakan mesin untuk latihan beban. Kamu bisa menggabungkan beberapa latihan seperti lompat tali, lari, push up, sit up, lunges, squat atau latihan lain yang disesuaikan dengan staminamu.

5. Olahraga anaerobik lain yang merangsang aktivitas otot dalam intensitas tinggi sehingga meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot

Lompat tali via guardian.ng

Anaerobik merupakan kebalikan dari aerobik yang berarti suatu olahraga tanpa melibatkan oksigen. Jika olahraga aerobik seperti bersepeda, jogging dan jalan kaki, maka contoh anaerobik adalah angkat beban, lari jarak pendek dan body building, push up dan lompat tali. Jika kamu ingin melakukan olahraga dengan tujuan utama untuk mendapatkan berat badan yang meningkat, maka praktikkan bentuk olahraga yang lebih sedikit membutuhkan pernafasan, kecuali hanya sebagai sampingan saja.

Nah, berikut beberapa olahraga yang cocok diterapkan untukmu yang bertubuh kurus. Sebisa mungkin hindari olahraga aerobik seperti lari jarak jauh. Aerobik bisa membakar banyak kalori pada tubuhmu sehingga membuatmu gagal menaikkan berat badan. Kalau kamu ingin lari, pastikan hanya lari jarak pendek, ya! Semoga membantu 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya