Jerawat adalah musuh kita bersama, sepakat ‘kan?

Cara menghilangkannya nggak bisa dibilang gampang, apalagi bekasnya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengembalikan kulitmu yang mulus dan sempurna. Sayangnya sebelum kulitmu kembali mulus, seringnya jerawat baru sudah muncul lagi. Padahal kamu sudah menghabiskan banyak uang untuk periksa ke dokter sekaligus melunasi resep-resepnya. Tapi kok masih jerawatan juga?

Hipwee Tips akan mengungkap semua fakta itu, bahwa semua obat dan perawatan demi wajah bebas jerawat itu akan percuma kalau kamu tidak bisa menghilangkan 7 kebiasaan ini. Kelihatannya sepele, tapi dampaknya ke wajahmu sangat luar biasa.

1. Wajahmu yang berjerawat itu perlu perawatan khusus. Untuk itu, jangan terlalu sering makan makanan yang memang dilarang

Jangan kalap makan sembarangan via khoobsurati.com

Makanan “larangan” itu berbeda-beda, tergantung seperti apa jenis kulitnya. Bisa jadi, pantangannya berupa makanan pedas, manis, berlemak, atau olahan susu. Makanan pedas “dilarang” karena mengandung likopen asam yang bisa membuat beberapa orang iritasi dengan cara mempengaruhi pH kulit. Salah satu dampaknya, ya kemunculan jerawat-jerawat nakal di wajahmu.

Advertisement

Jadi kalau sudah ada tanda-tanda kemunculan jerawat, ditahan dulu deh nafsu pengen makan makanan yang dilarang. Sesekali boleh lah, tapi jangan sering-sering.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memicu jerawat:

  • makanan tinggi lemak jenuh; santan, gorengan, mie instan, serta aneka olahan daging (gajih)
  • makanan mengandung protein terlalu tinggi; keju dan susu kental manis
  • makanan manis; donat, permen dan manisan tinggi gula, dan lain-lain

Nah, solusi makanan seperti apa yang layak kamu konsumsi agar jerawatmu membaik ada di sini. Baca dengan seksama, ya!

2. Nggak tahan memencet jerawat sendiri. Padahal, ini bisa meninggalkan bekas merah abadi di wajah 🙁

Stop pencet jerawat! via modasta.com

Hal yang paling haram kamu lakukan kalau wajahmu berjerawat adalah menyentuh wajahmu, apapun alasannya. Bahkan, sebelum mencuci muka pun kamu harus memastikan tanganmu steril. Apalagi kalau kamu tak sekedar menyentuhnya, tapi sampai memencetnya, ini akan sangat parah akibatnya!

Parahnya lagi, bakteri yang ada dalam jerawat justru akan tertarik keluar dan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lain. Kemudian, jerawatmu akan bertambah banyak bukan malah berkurang. Syereeeem!

3. Kamu menyepelekan stres, lalu jerawat membuatmu semakin stres. Kalau sudah begini, masalah wajah nggak akan selesai

stresssss! via xnet.ynet.co.il

Stres bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajahmu, dan sebaliknya jerawat yang tak kunjung sembuh juga bisa membuatmu makin stres. Siklus stres dan jerawat semacam ini biasanya yang paling sulit di atasi.

Cobalah untuk sedikit lebih memenangkan diri. Entah dengan berolahraga atau meditasi agar produksi hormonmu bisa lebih seimbang. Karena stres hanya bisa memproduksi hormon yang akan membuat jerawatmu makin parah saja.

Hmmm… senyum dulu coba, jangan stres lagi 🙂

4. Sesepele mengganti sprei dan sarung bantal juga jangan sampai kamu sepelekan. Nggak mau ‘kan jerawatmu itu nempel terus-terusan?

Sarung bantal udah dicuci? via huffingtonpost.com

Sarung bantal kelihatannya sepele, padahal sarung bantal adalah benda yang paling dekat dengan wajah kita selama berjam-jam. Bisa dibilang, pipi kita menempel disana selama kurang lebih 8 jam. Karena itu. kebersihan sprei dan sarung bantal jadi hal yang harus diprioritaskan.

Kamu harus rajin mencucinya paling tidak seminggu dua kali, atau kalau mau ganti tiap hari juga akan lebih baik lagi.

Mencucinya juga jangan menggunakan detergen yang nggak ramah kulit ya, lihat kandungan bahan kimianya dulu.

5. Kamu jarang mengganti penutup kepala atau hijab setiap hari? Ingat, bakterinya bisa bikin jerawatmu balik lagi

ganti hijab setiap hari! via huffingtonpost.co.uk

Semua benda yang berpotensi untuk ‘memenjarakan’ keringat dan bakteri di sekitar wajahmu, harusnya rutin diganti tiap harinya. Terkhusus buatmu yang berhijab, kamu pasti punya banyak pilihan hijab yang bisa dipakai untuk ganti-ganti ‘kan tiap harinya? Jadi jangan malas-malas lah untuk mengganti dan mencucinya. Jangan sampai jerawat datang lagi hanya karena kamu malas ganti.

Kolaborasi serat kain hijab, keringat dan bakteri akan menghasilkan jerawat menahun di wajahmu. Bisa dibayangkan seperti apa hasilnya?

6. Sudah menjadi rahasia umum kalau HP-mu itu sarang kuman. Tapi, kamu kok santai saja sih menempelkannya di wajah!?

Pakai earphone-nya dulu via bydeals.net

Tahu ‘kan kalau ponsel adalah benda dengan jumlah bakteri yang sangat besar? Bayangkan kalau bakteri-bakteri itu menempel ke kulit wajahmu lalu berpindah kesana, terutama saat kamu menerima telepon. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan earphone saat menerima telepon, agar meminimalisir bakteri penyebab jerawat menempel!

7. Adalah haram hukumnya memilih make-up dengan kandungan yang terlalu berat! Apalagi, kamu terbiasa malas membersihkannya

Bersihin dulu makeupnya via rd.com

Pemilik kulit berjerawat sebaiknya jangan menggunakan bedak padat, tapi bedak tabur aja. Selain itu, kandungan yang ada di dalam kosmetik juga harus benar-benar kamu perhatikan. Tiap kosmetik kini sudah terbagi sesuai jenis kulit kok, jadi nggak usah khawatir yang penting kamu jeli saja.

Hal terpenting lainnya, kamu juga jangan malas membersihkan make-up mu secara rutin. Minimal, kamu rajin cuci muka dan membuat kulit wajahmu bernafas setiap menjelang tidur. INI PENTING, agar jerawatmu tak muncul lagi dan lagi. Gunakanlah make-up yang non-comedogenic dan oil free formula agar lebih sempurna, ya!

Selain 7 hal yang sudah disebutkan tadi, pola hidupmu juga harus diperbaiki, misalnya dengan mengurangi begadang, rajin keramas dan juga cuci muka. Hal-hal dasar seperti ini tak boleh terlewatkan lho, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!