Kita semua tahu, pembalut dan tampon adalah benda yang biasa digunakan oleh cewek ketika menstruasi. Bantalan kapas dengan berbagai kandungan dan desain yang bermacam-macam ini punya sifat yang menyerap air. Sehingga cocok untuk permasalahan cewek yang takut tembus ketika tamunya datang.

Eits, ternyata pembalut dan tampon juga punya fungsi lain yang nggak kalah hebatnya, lho! Teman kapas kecil ini bisa disulap jadi berbagai barang-barang kreatif yang akan menyelamatkan hidupmu kalau kepepet. Penasaran apa saja? Yuk, intip bareng Hipwee Tips…

[SEKADAR INFORMASI] Apa sih tampon itu? Bedanya sama pembalut apa?

Pada dasarnya, tampon dan pembalut itu nggak jauh beda. Bahan baku keduanya yang berasal dari kapas lembut membuat pembalut dan tampon sama-sama punya fungsi utama, yakni mencegah pendarahan berlebih. Dan sebetulnya, yang membedakan pembalut dan tampon hanya bentuknya saja, bukan hal-hal lainnya.

Karena bentuknya yang lebih mini dan fleksibel dibanding pembalut, tampon biasanya dipakai mereka yang berprofesi sebagai model, agar tak mengganggu penampilan ketika berjalan di atas catwalk.

Kalau penasaran, beginilah bentuk dari tampon dan cara menggunakannya:

Advertisement

tampon via inusanews.com

cara pakai tampon via pinterest.com

Atau, lihat tutorial lengkapnya di sini.

So, sudah tahu ‘kan perbedaan tampon dan pembalut itu apa? Nah, langsung saja yuk simak ulasann Hipwee Tips mengenai ide-ide berkreasi dengan kedua benda privasi cewek ini!

1. Saat nggak ada perban, pembalut bisa digunakan untuk menutup luka di tangan atau kaki yang berdarah. Tapi kalau luka hati, nggak bisa bantu, ya..

jadi perban via willowhavenoutdoor.com

perban luka pakai tampon via offgridweb.com

Suatu ketika kamu lagi dalam perjalanan menuju rumah dengan berkendara. Tiba-tiba kamu terserempet dan jatuh. Sayangnya, lengan kirimu luka dan berdarah. Sesampainya di rumah kamu nggak menemukan perban untuk membalut lukamu yang berdarah itu.

Nah, dalam keadaan mendesak seperti ini, kamu bisa gunakan pembalut sebagai alternatif.

Caranya mudah, cukup bersihkan lukamu, lalu tutup luka dengan bagian dalam pembalut, kencangkan dengan tali pengikat. Nggak bikin sembuh sih, tapi setidaknya darahnya nggak akan ngalir dan lukamu akan tetap steril.

Baca juga Cara-cara Bertahan Hidup Dengan Tampon.

2. Kamu yang punya masalah ‘burket’ atau keringat berlebih di ketiak, pembalut bisa jadi solusinya

anti burket via g01.a.alicdn.com

Kamu ‘burket’? Pakai deodoran atau bedak nggak membantu? Nah, kamu bisa gunakan pembalut untuk mengatasi masalah ini. Cukup tempelkan bagian lem pembalut di dalam lengan baju yang sudah disesuaikan posisinya dengan ketiakmu. Niscaya, ketiakmu bakal kering karena pembalut punya daya serap ekstra yang bisa kamu andalkan.

3. Biar nggak risih pas lantai rumah lagi kotor, bikin aja sandal indoor pakai pembalut, bisa kok!

jadi sendal 🙂 via boundaround.blogspot.com

Kalau yang ini cocok banget nih buat kamu yang gampang risih dan nggak suka berjalan di lantai yang kotor. Coba ambil dua pasang pembalut, buatlah satu lembar untuk alas kaki dan satu lembar lagi untuk pengaitnya. Jadi deh, sandal pembalut buatanmu. Sekilas mirip sandal hotel kok, jadi nggak perlu malu memakainya.

Atau buat kamu yang memiliki keluhan telapak kaki berkeringat, cobalah terapkan cara ini. Yakin deh, kamu bakal berasa berjalan di atas awan, hehe.

4. Kamu mimisan? tampon bisa jadi sumbat hidung darurat karena darahnya yang harus segera dihentikan

awas hati-hati nyolokinnya via www.wikihow.com

Tampon yang bentuknya kecil dan ringan itu bisa kamu jadikan sumbat hidung ketika kamu, teman atau kerabatmu mimisan. Biasanya orang yang mimisan kerap menutup hidupnya dengan tangan dan menengadah, padahal hal itu justru berbahaya karena darah bisa masuk ke saluran pernapasan.

Nah, tampon bisa jadi solusi buat menghentikan darah keluar untuk sementara waktu. Yah, namanya juga mendesak.

5. Buat ibu menyusui, pembalut bisa digunakan untuk menyumbat ASI yang bocor. Wow, gimana caranya?

selipkan begini ya via ae01.alicdn.com

Lagi-lagi mudah. Kalau kamu punya teman, kerabat, tetangga, atau siapapun yang sedang menyusui lalu mengalami masalah ASI-nya yang kerap bocor, sarankan untuk menggunakan potongan pembalut untuk menyumbat kebocorannya.

Kalau biasanya menggunakan bantalan payudara, teknik ini bisa jadi alternatif yang lebih ekonomis. Tinggal rekatkan ke bra bagian dalam saja yang sudah disesuaikan posisinya dengan kebocoran tadi. Nggak perlu khawatir, serahkan semuanya kepada penyerap segala cairan.

6. Kalau kamu kreatif, tampon bisa disusun jadi bunga hias yang lucu dan unik

tampon jadi bunga 🙂 via pinterest.com

Nggak perlu menghabiskan banyak biaya untuk bikin ruanganmu jadi menarik. Kamu cuma butuh pembalut dan beberapa bahan pendukung lainnya seperti kawat, lem, cat semprot warna, dan vas.

  • Gunting dan gulung-gulung pembalut untuk membuat bunga kuncup, lalu lem.
  • Tancapkan gulungan tadi ke kawat yang disediakan, lalu semprot dengan cat.
  • Untuk bunga mekar, gunting-gunting kapas bagian dalam pembalut, lalu tumpuk berselang-seling hingga menyerupai lembaran bunga mekar.
  • Tancapkan lembaran yang sudah disusun tadi ke kawat dan semprot dengan warna yang berbeda.
  • Jika sudah, kamu bisa mencampur ‘bunga tampon’ dengan bunga asli sesuai selera!

Atau jadi buket bunga yang ini aja? Sumpah, sama-sama kecenya!

buket bunga tampon via id.pinterest.com

Tutorial lengkapnya bisa kamu baca di Cara Menyulap Tampon Menjadi Bunga Hias yang Cantik!

Mudah, bukan?

7. Yang lebih hebatnya lagi nih, pembalut bisa disulap jadi lampu kristal. Dan cuma orang ‘selaw’ yang bisa melakukannya

lampu gantung dari tampon via anginc.files.wordpress.com

tampon dibuat lampu? via whitecabana.wordpress.com

ini kalau dari dekat via litterarti.com

Bukan sulap bukan sihir, hasil kreatifitas yang satu ini nggak kalah unik. Ya, tampon bisa disusun rapi menjadi lampu gantung setinggi 5 meter. Benda unik ini dibuat oleh cewek bernama Joana Vasconcelos, seniman asal Portugal. Dia berhasil membuat karya lampu gantungnya itu dari 14.000 tampon, kawat dan benang kapas. Keren, ya!

Tuh, ternyata banyak banget ‘kan kegunaan dari tampon dan pembalut wanita. Kira-kira ada yang mau kamu coba nggak dari contoh-contoh kreasi di atas jika kepepet? Atau kamu punya ide lain untuk mendayagunakan benda ajaib ini? Share di kolom komentar, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!