Tahu nggak, mood kamu selama sehari punya kaitan erat dengan kegiatanmu di pagi hari? Nggak cuma itu saja, kesehatan tubuhmu di masa tua itu juga dipengaruhi dengan kebiasaanmu di pagi hari? Kegiatan yang terlihat sepele ternyata bisa punya efek yang panjang di masa depan.

Misalnya saja, punya kebiasaan bangun siang dan mengabaikan sarapan. Dengan bangun siang, secara nggak langsung kamu menanamkan pola kemalasan dalam dirimu. Juga berlaku untuk yang malas sarapan, itu sama saja kayak melatih perutmu untuk memproduksi asam lambung dengan takaran yang nggak wajar.

Keadaan tubuhmu di masa tua dipengaruhi oleh kebiasaanmu memulai pagi

Lalu bagaimana sebaiknya kita membiasakan aktivitas pagi secara sehat? Simak tips dari Hipwee ini yuk. Demi masa tua yang sehat, kenapa nggak?

Biasakan untuk bangun pagi. Nggak perlu menunda-nunda sampai terbit matahari

Bangun pagi adalah kunci dari semua hal-hal baik yang dilakukan di pagi hari. Bagaimana bisa beraktivitas di pagi hari kalau bangunnya jam 7 pagi? Coba kalau kamu bangunnya jam 5, kamu punya 2 jam yang bisa digunakan melakukan banyak hal. Manajemen diri yang baik juga bisa ditandai dengan bangun pagi, lho. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri sendiri untuk bangun lebih pagi. Ya?

Setelah berhasil bangun, usahakan nggak tidur lagi. Mending lakukan kegiatan lain yang lebih produktif

Break sebentaran

Kesalahan utama setelah bangun pagi adalah tidur lagi. Badan akan terasa lebih capek dari biasanya, letih, lesu, dan kurang bersemangat. Coba deh, sesekali kamu nggak tidur lagi setelah bangun pagi. Niscaya badanmu akan lebih semangat dan hari terasa indah. Ini serius! Sebagai alternatifnya, kamu bisa melakukan hal-hal bermanfaat ini:

…misalnya nonton video Youtube yang lucu

menonton youtube via luckypolls.com

Menambah pengetahuan baru atau memberi energi humor pada diri juga penting adanya. Penelitian menunjukkan orang yang banyak tertawa bisa hidup lebih lama dan panjang umur. Asupan tertawa di pagi hari bisa kamu dapatkan dari Youtube atau TV yang lucu-lucu.

Tidak hanya soal humor saja, kamu juga bisa mencari pengetahuan baru melalui Youtube. Lumayan kan, sambil belajar. Coba kalau kamu bangunnya siang, nggak bakal sempat melakukan beginian.

Mencoba meratakan perut dengan sit-up mandiri di rumah. Sayang ah, masih muda kok perutnya buncit, bagaimana kalau tua nanti?

perut buncit via flip2bfit.com

Membentuk bagian perut di pagi hari juga cukup efektif jika dilakukan secara rutin. Nggak perlu lama-lama, cuma sepuluh menit saja asalkan rutin dilakukan juga bisa memberikan efek besar lho. Tambahan lagi, karena kamu melakukannya di rumah, kamu nggak perlu pakai baju bagus-bagus kayak di contoh gambar. Yang penting ‘kan gerakannya.

Jogging sejenak di seputaran kompleks rumah. Sepatu olahragamu nanti jamuran kalau nggak dipakai

jogging dulu, biar sehat

Kapan terakhir kali kamu memakai sepatu olahraga? Sebulan? Enam bulan? Setahun? Jangan-jangan malah nggak pernah dipakai semenjak pertama kali beli. Hmm, jangan begitu ya.

Pakailah sepatu olahragamu untuk jogging dan menggerakkan diri di pagi hari. Nggak susah kok, kamu bisa melakukannya di seputar kompleks rumah, atau bisa juga di dalam rumah sendiri. Selain membuat badan sehat, olahraga juga terbukti bisa membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan segar.

Aktivitas memasak juga bisa membangkitkan mood-mu lho. Termasuk juga dengan menyiapkan bekal untuk makan siang nanti

memasak

Memasak juga bisa menjadi aktivitas sehat yang dilakukan di pagi hari. Jika waktumu nggak banyak, nggak perlu masak yang susah-susah kayak rendang misalnya. Kamu bisa memulainya dengan menceplok telur, menata nasi, dan menggoreng kornet.

Aktivitas memasak di pagi hari juga bisa membuat kamu makin produktif dan hemat. Bagaimana tidak, dengan kamu sarapan, kamu akan lebih menghemat biaya yang dipakai untuk jajan. Sudah gitu, makanan yang dimasak sendiri lebih terjamin kesehatannya.

Setelah itu, lakukan sarapan sehat yang baik untuk tubuhmu. Sarapan itu penunjang utama energi selama sehari, jangan lewatkan ya

sarapan sehat dulu

Setelah itu, jangan skip sarapanmu di pagi hari ya. Meskipun cuma telur atau roti, setidaknya isilah perutmu. Sarapan adalah kegiatan yang menyehatkan dan bisa memberimu energi seharian. Coba bandingkan sendiri, sarapan vs. tidak sarapan. Mood kamu akan lebih sempurna saat nggak melewatkan sarapan.

Sempurnakan sarapanmu dengan minuman nutrisi yang sehat seperti Indomilk

sempurnakan sarapanmu

Untuk melengkapi sarapanmu yang sehat dan bergizi, kamu bisa minum Indomilk UHT 250 Full Cream. Susu Indomilk UHT 250 Full Cream bisa memberikan 45% kebutuhan kalsium, 30% kebutuhan kalori sarapan pagi, dan 25% kebutuhan vitamin A. Dengan keunggulan dari sisi nutrisi, maka minum Indomilk UHT 250 Full Cream setiap pagi bisa membantumu untuk semakin sehat lho.

Nah itu tadi, kebiasaan-kebiasaan #SehatItuAsik yang bisa kamu rutinkan setiap pagi. Demi masa tua yang berkualitas, apa salahnya mencoba sedari dini. Yuk lakukan segera.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya