Gaya orang dalam berpakaian sebenarnya adalah hak masing-masing individu. Mau bergaya feminin, edgy, quirky, atau cuek: semuanya terserah kamu. Tapi tetap saja ada berbagai etika yang sebaiknya kamu turuti kalau tak mau dilirik atau dicap tidak sopan oleh orang di sekitarmu.

Dalam artikel ini, Hipwee bakal menjabarkan dua hal. Yang pertama adalah apa yang harus kamu hindari dalam berpakaian. Yang kedua adalah hal-hal yang bisa kamu pertimbangkan. Tujuannya? Apa lagi kalau bukan berpenampilan lebih elegan dan menarik?

Yang Harus Kamu Hindari:

1. Memadukan Kaos Kaki dan Sandal Beralas Datar

Kaos Kaki dan Sandal via www.reddit.com

Secara estetika, memadukan kaos kaki dan sandal beralas datar itu nggak rapi dan membuatmu terlihat pemalas. Kalau memang mau terlihat edgy, padukan kaos kaki dengan sandal yang memiliki hak. Itu pun dengan catatan bahwa kaos kaki yang kamu pakai tidak terbuat dari bahan katun tebal berwarna-warni.

2. Menggunakan Merek KW

Tas Merek Palsu via www.thedollsfactory.com

Advertisement

Sebelumnya, Hipwee sudah pernah membahas disini kenapa kamu sebaiknya menghindari merek KW. Memakai merek KW nggak akan membuatmu keren. Malah ini akan mempermalukan dirimu sendiri kalau sampai ketahuan. Lagi pula, ada banyak cara tampil keren tanpa harus memakai merek KW, ‘kan?

3. Memakai Jeans Robek ke kantor

Jeans Robek via fc02.deviantart.net

Meskipun ada tren memadukan jeans sobek dengan kemeja berpotongan rapi, bukan berarti kamu bisa pergi ke kantor dengan penampilan seperti itu! Kalau kantormu memang mengizinkan pegawainya bercelana jeans, tetap pilih jeans berpotongan “normal” untuk busana kerja. Ini untuk menghindari hal-hal tak terduga seperti saat kamu harus bertemu dengan klien.

4. Riasan Terlalu Tebal

Riasan Tebal  via www.morefashionable.com

Iklim tropis Indonesia sama sekali nggak mendukung kita memakai riasan yang terlalu tebal. Ketika udara panas, riasan wajahmu akan meleleh dan langsung berubah warna menjadi abu-abu. Riasan tebal juga membuat wajahmu terlihat tua dan seperti memakai topeng. Ganti pemakaian foundation dengan bb cream atau cc cream untuk pemakaian sehari-hari. Batasi penggunaan foundation pada acara-acara resmi!

5. Microskirt dan Micropants

Microskirt via hausofgenius.com

Microskirt dan micropants hanya diperuntukkan bagi mereka yang mau show! Lagian, gak ada orang yang mau lihat dalaman kamu di tempat publik. Kalau kamu naksir dengan microskirt atau micropants yang kamu lihat di mall, atau terlalu sayang menyingkirkan yang sudah kamu punya, kamu masih bisa memakainya di atas tights kamu (untuk microskirt dan micropants) atau skinny jeans kamu (untuk microskirt).

6. Memakai Jeans Biru ke Kondangan

Jeans Biru via www.melijoe.com

Jeans biru adalah pakaian yang terlalu santai untuk dibawa ke acara formal seperti kondangan. Yang ada malah kamu akan terlihat tidak menghormati si empunya hajatan. Kalau kamu memang mau memakai jeans, pakailah yang berwarna hitam supaya terlihat lebih rapi.

7. Memakai Legging Sebagai Pengganti Celana

Jangan Dicontoh!! via katelewwest.files.wordpress.com

Legging atau tights tidak bisa menggantikan fungsi celana. Bahan mereka yang tipis dan elastis akan membuat lekuk bokongmu terlalu jelas. Kalau kamu memang ingin memadukan legging atau tights dengan baju atasan, usahakan baju atasan yang kamu gunakan longgar dan memiliki panjang minimal setengah paha.

8. Memakai Jas Kedodoran

Pakailah Jas Dengan Ukuran Pas!! via www.details.com

Boys! Sekarang bukan zamannya lagi memakai jas dengan ukuran  kedodoran. Ini akan membuatmu terlihat seperti Pak RT! Badanmu akan tenggelam dalam baju, dan terlihat lebih pendek dari seharusnya. Jangan memakai jas kedodoran dengan alasan menyamarkan bentuk tubuhmu. Apapun bentuk tubuhmu itu, pakailah jas yang pas di badanmu!

9. Memperlihatkan Celana Boxer

Justin! Naikkan Celanamu!! via dambreaker.files.wordpress.com

Masih buat para cowok: jangan pernah dengan sengaja menurunkan celana kalian hingga ke bawah pinggang dengan tujuan memperlihatkan boxer kalian. Kami para cewek akan langsung ilfil, bahkan kalau muka kalian seganteng Liam Hemsworth. Berpakaianlah dengan rapi — niscaya kalian gak bakal dijutekin sama pacar atau gebetan kalian.

10. Pakai Baju Seksi, Tapi Gestur Kamu Gak Nyaman

Baju Seksi via www.putinstyle.com

Apa artinya memakai hot pants atau rok mini kalau kamu tarik-tarik ke bawah sepanjang waktu? Apa motivasinya pula memakai baju berbelahan rendah yang akhirnya kamu tutupi dengan clutch bag atau pashmina?

Kalau kamu merasa suatu baju terlalu seksi buatmu, lebih baik tidak usah kamu pakai sekalian. Atau, lapisi hot pants kamu dengan legging dan baju berbelahan rendahmu dengan tank top. Apapun pakaian yang kamu kenakan, kamu hanya bisa terlihat menarik ketika nyaman memakainya.

11. Memakai Jaket Musim Dingin Di Tempat Tropis

Coat Hanya Untuk Musim Dingin

Jaket musim dingin disini yang dimaksud adalah jaket yang memang dikhususkan untuk musim dingin di luar negeri. Jaket ini hanya akan “berubah fungsi” menjadi sauna portable apabila kamu memakainya di Indonesia. Kalau memang mau terlihat kece, pakailah jaket yang bahannya sudah disesuaikan dengan iklim Indonesia. Ada kok yang juga mengadaptasi gaya jaket musim dingin.

12. Berpakaian Tanpa Melihat Situasi dan Kondisi

Sesuai Situasi via www.mamamia.com.au

Beberapa daerah di Indonesia masih menerapkan peraturan berpakaian yang konservatif. Kalau kamu sedang berada di salah satu daerah ini, siap-siaplah menerima perhatian lebih jika kamu (yang perempuan) bercelana pendek atau kamu (yang laki-laki) memakai baju merah jambu. Kalau tidak mau menanggung risiko tersebut, mungkin kamu bisa menggantinya dengan model pakaian yang lebih “aman”.


Peraturan Yang Bisa Kamu Terapkan

1. Mengikat Rambut Ketika Belum Sempat Keramas

Ikat Rambut via www.bellasugar.com

Ketika kamu harus berangkat ke sekolah, kampus, atau kantor dan belum sempat keramas, kamu bisa mengikat rambutmu dengan karet lucu dan menambahkannya aksesoris seperti bando atau jepit. Kalau tidak mau terlihat terlalu imut, cepol rambutmu dengan gaya balerina. Dengan begitu, rambutmu yang berminyak tetap bisa terlihat rapi.

Tapi jangan keseringan ya! Mengikat rambut terlalu sering bisa membuat rambutmu gampang patah. Terlalu jarang keramas juga akan membuat rambutmu bau dan lepek.

2. Berani Tabrak Corak

Tabrak Corak via theclothingmenu.com

Jangan takut menjadi terlihat “ramai”. Asal pede, gaya tabrak justru bisa membuatmu terlihat unik. Ini rumus sederhana buat kamu yang pemula:

Apabila kamu ingin memadukan dua pakaian dengan corak dan warna yang berbeda, pastikan tone kedua baju tersebut selaras. Contoh, pink muda dengan biru muda. Kamu bisa juga memakai baju dengan warna yang sama, tapi tone yang berbeda. Contoh: biru tua dengan biru muda.  Alternatif lain adalah memadukan motif ukuran besar dengan motif ukuran kecil.

Rumus ini sebenarnya tidak baku — kamu bisa memodifikasinya sesuai keinginan kamu.

3. Memakai Perhiasan Antik Untuk Kegiatan Sehari-Hari

Sama seperti gaya tabrak corak, memakai perhiasan antik untuk sehari-hari juga akan memberikan kesan unik untuk penampilanmu. Kamu bisa meminjamnya dari Ibu atau Nenek — siapa tahu mereka masih menyimpannya?

4. Memakai Lipstik Merah

Lipstick Merah Taylor Swift via blog.napoleonperdis.com

Lipstik merah bisa membuat penampilan sesederhana apapun jadi lebih maksimal! Agar riasanmu sempurna, pastikan kalau wajahmu minim noda dan pupuhkan makeup seadanya di bagian wajahmu yang lain. Jangan pakai eyeshadow atau blush on warna terang dengan lipstik merah menyala! Ini hanya akan membuat dandananmu tampak menor.

5. Pakai Baju Orangtua Yang Sudah Lama Tersimpan di Lemari

Baju Lama via d.lib.ncsu.edu

Tidak ada salahnya jika kamu mendapat warisan baju dari orangtuamu. Meskipun modelnya kuno, kamu bisa memodifikasinya agar terlihat lebih modern dan unik. Hipwee pernah membahasnya disini.

6. Membeli Merek Premium

Tas Merek Premium via stylexposer.com

Kalau kamu sudah memiliki modal lebih, nggak haram lho membeli barang dari merek premium seperti Burberry atau Prada. Dengan membeli merek premium bukan berarti kamu boros. Barang-barang seperti ini bisa kamu jual kembali dengan harga tinggi ketika kamu ingin menggantinya dengan yang baru.

7. Memakai Tas atau Sepatu Warna Cerah

Sepatu Cerah via www.fantasyshoes.co.uk

Jangan cuma bermain aman dengan tas dan sepatu warna netral. Kamu bisa mencoba memakai sepatu atau tas warna merah untuk menggantikan fungsi aksesoris seperti kalung atau gelang, sekaligus untuk mencerahkan penampilanmu.

Nah, semoga peraturan barusan bisa membuatmu lebih jeli dalam berpakaian. Jangan pelit ilmu! Yuk berbagi ke keluarga dan teman-teman kamu yang lain supaya mereka tidak ikutan melakukan kesalahan dalam berpakaian 🙂