Tahukah kamu mengapa cewek lebih banyak menjadi pusat perhatian dan sering jadi trendsetter dalam hal penampilan? Ya, karena mereka senantiasa merawat dan menjaga penampilannya.

Berbagai macam perawatan dari ujung rambut sampai kaki cewek lakukan demi menunjang penampilannya. Bukan mau pamer atau apa, semata-mata ini hanya ‘menjual’ diri sendiri agar orang lain segan dan menghargai. Tapi cowok? Mereka cenderung cuek dengan semua itu.

Bagi cowok, sekadar mandi, cuci muka dan sikat gigi sudah cukup. Padahal masih banyak anggota tubuh cowok yang harus dirawat dan itu nggak bisa diselesaikan hanya dengan mandi saja. Paling tidak 6 perawatan ini harus cowok perhatian dengan seksama. Sederhana, kok!

1. Keramas tiap hari bukan solusi buat tampilan rambutmu. Coba deh sesekali pakai vitamin atau serum rambut biar lepek dan kusam mati kutu

Perawatan rambut via rd.com

Cowok boleh saja tidak peduli dengan penampilan rambut, yang sebenarnya titik tumpu perhatian semua orang ini. Rambut yang sehat dan nggak kusam itu nggak bisa dihasilkan hanya dari keramas saja, melainkan aneka perawatan lainnnya.

Advertisement

Sesekali, manjakan juga rambutmu dengan perawatan menggunakan bahan alami, misal mencucinya dengan masker lidah buaya selama sebulan sekali.

2. Karena cowok bakal jengah pakai bedak, melindungi wajah dengan tabir surya atau pelembab sudah cukup, kok

Mencuci muka via huffingtonpost.com

Selain cuci muka, sebenarnya ada dua produk lagi yang harus kamu gunakan, yaitu pelembab dan tabir surya. Kecuali kulitmu memang sudah agak berminyak jadi tak perlu lagi pakai pelembab. Buat kamu yang nggak mau ribet, cukup cari sabun cuci muka yang mengandung moisturizer.

Dan yang paling penting, dengan rutin mengoleskan tabir surya atau pelembab, kulit wajahmu sebagai cowok aktif nggak akan kusam, kering bahkan berjerawat karena debu, polusi dan sinar UV.

3. Karena produksi keringat cowok lebih banyak ketimbang cewek, menjaga area seperti ketiak dan selangkangan tetap perlu dilakukan

Makai deodoran dulu Mas via bluestarsilicones.com

Salah satu solusi untuk mengatasi bau badan adalah dengan memakai deodoran. Pilih produk yang mengandung aluminium klorida dan sebaiknya digunakan sebelum tidur juga.

Hati-hati juga Mas, deodoran kadang bisa menimbulkan iritasi lho kalau kamu sembarangan memilihnya.

4. Paling penting dan khas cowok banget; bercukur! Bukan cuma kumis dan jambang, tapi rambut-rambut yang lainnya juga

Bercukur via youbysia.com.au

Saat bercukur, hal paling penting yang harus kamu pilih adalah memilih pisau cukur yang bagus. Pemilihan pisau cukur bahkan jauh lebih penting daripada krim pencukurnya. Mencukurnya harus searah dengan rambut jenggot itu tumbuh alias jangan berlawanan arah. Kalau kamu terluka saat mencukur, pisau cukurnya harus langsung diganti untuk mencegah bakteri atau infeksi.

Selain bercukur menggunakan krim cukur, kamu juga bisa menggunakan minyak khusus. Coba krim cukur yang mengandung lidah buaya. Nah setelah bercukur, bilas wajah dari sisa krim dengan benar, dan keringkan. Setelah itu, oleskan lotion untuk menenangkan kulit wajah dan kemudian oleskan pelembab. Ini bisa mengencangkan kulit wajah dan mempersempit pori-porimu lho, Mas!

5. Sikat gigi doang kadang belum cukup, kamu juga harus rajin ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi atau sekadar melakukan flossing

Flossing via selloscope.com

Cowok butuh senyum yang cemerlang untuk menaklukan para kaum hawa di sekitarnya.

Selain senyum yang cerah, cowok juga butuh nafas segar agar enak diajak ngobrol. Jangan sampai orang-orang menilai penampilanmu kurang baik karena saat diajak bicara ternyata mulutmu bau 🙁

6. Kebersihan tetap jadi yang utama! Mulai sekarang, cowok harus memperhatikan setiap detil dari kebersihan baju hingga celana dalamnya

Menjaga kebersihan via lifestylesdefined.com

Menjadi cowok yang menjaga kebersihan itu bukan berarti cupu, kok. Justru, di sini lah letak tanggung jawabmu sebagai cowok, yang kelak akan menjadi suami dan seorang ayah. Semua pakaianmu baik itu baju, kaos kaki, celana dalam, maupun celana boxer harus rajin dicuci agar tidak menumpuk bakteri. Handuk yang sudah usang dan sikat gigi yang sudah bulukan pun harus segera diganti.

Please, Mas. Jangan jorok! :’)

Well, kalau ke-6 perawatan tadi sudah kamu lakoni, kebaikan hati dan tingkah laku yang terpuji tetap jadi yang utama. Jangan jadi cowok urakan, karena sekarang sudah nggak zaman. Oke, Mas?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!