Sekarang ini godaan untuk mendapatkan kecantikan secara instan makin sering didapat. Perawatan dokter berbiaya jutaan yang di-klaim bisa membuat muka mulus, berbagai macam tipe diet yang katanya bisa bikin kurus, sampai kosmetik yang hanya Tuhan dan pembuatnya yang tahu keamanannya.

Ingin cantik tentu bukan dosa. Hanya saja kita sering lupa bahwa tidak ada kecantikan yang bisa datang dalam semalam, tanpa diusahakan. Jika mau sedikit berusaha banyak kok bahan alami yang aman, murah, dan bermanfaar bagi kecantikan kita. Madu, salah satunya.

Penasaran bagaimana cara menjadikan madu sebagai racikan alami untuk merawat serta mempercantik tubuh? Belum yakin madu memang sedahsyat itu sampai bisa digunakan untuk perawatan head to toe? Berikut Hipwee kupas tuntas tipsnya untukmu!

1. Akhiri kemesraan dengan salon di akhir minggu. Hemat 30 ribu-100 ribu uang jajanmu dengan “selingkuh” ke hair mask paduan minyak zaitun dan madu

hair mask via www.hellomagazine.com

Rambut indah memang idaman setiap cewek. Bahkan, banyak cewek yang sengaja mengalokasikan dana tersendiri untuk kebutuhan perawatan rambut. Padahal untuk sekali perawatan rambut di salon membutuhkan dana sekitar Rp 35.000 hingga Rp 100.000. Nah, daripada membuang uang mending kamu melakukan ritual ini di kos. Bahan yang harus kamu persiapkan juga cukup sederhana kok :

Advertisement
  • 1 kuning telur
  • 2 sendok makan madu

Langkah yang harus kamu lakukan :

  • Masukkan kedua bahan ke dalam wadah, aduk rata hingga tercampur sempurna
  • Oleskan pada rambut lembap sehabis keramas (oleskan merata sampai ke akar rambut)
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin

Tuh ‘kan, punya rambut indah itu gak harus mahal kok.

2. Pakai teknik reverse shampoing, gunakan gabungan conditioner madu+zaitun setiap sebelum keramas demi rambut berkilau dan anti rontok

madu sebagai conditioner via theeverygirl.com

Selain sebagai masker rambut, kamu bisa menggunakan madu sebagai conditioner sesaat sebelum keramas. Perpaduan madu dan minyak zaitun akan membuat rambutmu makin berkilau. Minyak zaitun merupakan antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan rambut akibat bahan-bahan kimiawi (shampoo, conditioner, cat rambut). Selain itu minyak zaitun juga bisa menekan hormon DTH yang menyebabkan rambut rontok. Untuk meraciknya, kamu bisa menyiapkan :

  • 2 sdm madu
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara pemakaiannya :

  • Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, aduk hingga tercampur merata
  • Gosokkan pada kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih

Voila! Katakan selamat datang pada rambut indah nan berkilau.

3. Campuran madu dan tepung almond adalah pejuang perdamaian bagi kamu pemilik kulit berminyak. Karena bahannya yang alami kelembapan kulitmu juga tak akan terkikis karena ini

madu dan tepung almond via www.rubiesandradishes.com

Mulai sekarang tidak usah bingung lagi bagaimana cara menyiasati wajahmu yang berminyak. Gabungan antara madu dan tepung almond sangat berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan minyak. Bahkan, kamu bisa sering-sering mencuci muka dengan racikan ini karena semua bahannya alami dan aman untuk kulit. Bahan yang kamu butuhkan :

  • 1 sdt madu
  • sedikit tepung almond

Untuk menggunakannya kamu harus :

  • Campurkan semua bahan hingga membentuk pasta
  • Kemudian oleskan pada wajah secara perlahan dengan menggunakan handuk hangat dan pijat perlahan
  • Diamkan sebentar kemudian bilas dengan air hangat

Ps : Untuk menyiasati harga tepung almond yang tergolong mahal, kamu bisa mengajak teman-teman di kostmu untuk patungan supaya lebih hemat.

4. Sudahi perang sengit antara kamu, jerawat, dan rasa pilu dengan masker pasta campuran oatmeal dan madu

madu dan oatmeal via hisacne.com

Jerawat bisa timbul karena kulit yang kotor dan berminyak. Campuran oatmeal dan madu adalah getaway bagi jerawat yang sudah sekian lama betah menghinggapi wajahmu.

Madu merupakan antiseptik alami yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Sedangkan oatmeal bersifat menyerap zat cair secara cepat, sehingga ketika kamu menggunakannya sebagai masker, kotoran dan minyak yang ada di wajah akan terserap secara sempurna. Bahan yang harus kamu siapkan demi perang dengan jerawat cukup mudah :

  • 1 sdm madu
  • semangkuk kecil oatmeal yang sudah dimasak

Langkah yang harus kamu lakukan juga mudah, campurkan semua bahan dan aduk rata. Kemudian kamu bisa mengoleskannya ke permukaan wajah. Diamkan dan biarkan hingga mengering sekitar 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Kamu bisa merawat wajah dengan campuran ini sesering mungkin hingga jerawat menghilang. Tidak perlu khawatir untuk melakukannya sering-sering karena bahan yang kamu gunakan masih alami dan tidak ada campuran bahan kimiawi. 🙂

5.  Kamu yang kulitnya kering, mana suaranyaa? Mari berpegangan tangan keliling dunia karena madu + susu telah datang sebagai juru selamat kita!

madu dan susu via www.tumblr.com

Kamu tidak perlu perawatan mahal di salon atau dokter kulit untuk mengatasi kulit kering. Dengan racikan sederhana berupa madu dan susu kulit keringmu sudah bisa terhidrasi dengan cukup baik.

Madu bersifat humectant, yaitu bisa menarik air dan mempertahankannya di dalam lapisan kulit. Hal ini menyebabkan kulit terhidrasi dan tetap kenyal. Sedangkan, asam laktat pada susu bisa membersihkan sekaligus mengangkat sel kulit mati. Untuk membuatnya kamu harus menyiapkan :

  • 4 sdm susu bubuk
  • 2 sdm madu
  • 2 sdm air hangat
  • 2 handuk kecil

Kemudian, langkah yang harus kamu lakukan :

  • Campurkan semua bahan di dalam sebuah wadah
  • Kemudian kamu bisa mengoleskannya pada wajah secara merata menggunakan kuas khusus wajah
  • Letakkan handuk, yang sebelumnya sudah direndam di air hangat, menutupi wajah. Satu bagian menutupi hidung ke atas, handuk lainnya menutupi hidung ke bawah. (Dengan begini lubang hidup tidak tertutup)
  • Diamkan selama 10 menit supaya masker meresap sempurna
  • Terakhir, bersihkan sisa masker dengan handuk hangat dan keringkan

Sering-sering lakukan ritual ini ya dan katakan selamat tinggal pada wajah kering kusammu.

6. Mandi susu sudah biasa. Kini kamu bisa melakoni mandi madu untuk melembutkan kulit dan mencerahkannya secara sempurna

mandi dengan air madu via www.catherinehinds.edu

Selain memakai lotion sehabis mandi, kamu juga bisa menggunakan madu sebagai campuran di air mandi untuk membuat kulit lebih lembut. Cukup tuangkan 1/4 hingga 1/2 cangkir madu ke dalam air mandimu. Dengan larutan air dan madu ini kulitmu akan menjadi lembut dan beraroma manis. Jika kamu ingin mendapatkan kulit berkilau berkat madu kamu bisa juga melakukan cara sederhana ini :

  • Oleskan madu di seluruh permukaan kulit
  • Kemudian tepuk-tepuk kulit dengan kedua tangan hingga madu mengering
  • Bilas dan bersihkan dengan air sesuai selera, terserah mau air hangat atau air dingin

Voila! Kulitmu pun akan nampak berkilau, lembut, dan beraroma manis. Selamat mencoba! 😀

7. Pingin punya bibir merah alami dan tetap lembap tanpa menggunakan lip balm? Oleskan saja madu murni ke bibir keringmu

Madu juga bisa jadi solusi buat bibir keringmu

Selain berkhasiat bagi rambut dan wajah, madu juga memiliki khasiat sempurna untuk bibirmu. Madu bisa membuat bibir tidak kering dan merah alami tanpa bantuan lip balm. Cara yang harus kamu lakukan juga sangat sederhana, hanya mengoleskan madu secara merata ke seluruh permukaan bibir dan mendiamkannya selama beberapa jam. Untuk hasil yang lebih sempurna kamu bisa mengoleskannya pada malam hari sebelum tidur. Jika kamu rutin melakukannya maka bibir merah alami juga akan dengan cepat kamu dapatkan.

8. Paripurna sudah urusan rambut, badan, dan muka. Kini saatnya menggunakan madu demi tumit dan kaki yang juga perlu dirawat dengan seksama

madu untuk perawatan kaki via www.babble.com

Apakah kamu sering kesal dengan tumitmu yang kasar dan tampilannya yang kurang cantik karena pecah-pecah? Mulai sekarang kamu tidak usah khawatir lagi karena kamu bisa menggunakan madu untuk menghaluskannya dan membuatnya makin terlihat sempurna. Cara yang harus kamu lakukan cukup sederhana karena hanya mengoleskan madu ke bagian tumit yang pecah-pecah setelah sebelumnya dicuci dengan air bersih terlebih dahulu.

Selain langsung mengoleskan madu pada tumit, kamu juga bisa membuat racikan antara madu dan susu untuk merendam dan menghaluskan kaki.

Ini yang harus kamu persiapkan:

  • Susu bubuk
  • Madu secukupnya
  • Baskom berisi air hangat
  • Handuk bersih

Langkah yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan semua bahan ke dalam baskom, kemudian rendam kakimu selama 10-20 menit. Langkah terakhir, bilas dengan bersih dan keringkan dengan handuk. Lakukan sesering mungkin ya, supaya hasil yang kamu dapatkan juga maksimal.

Jadi, setelah membaca artikel di atas, tidak ada lagi alasan untuk menghamburkan banyak uang di salon demi perawatan tubuh ‘kan? Honey come to the rescue!