Salah satu komponen biaya nikah yang paling besar adalah sewa gedung atau ruangan. Tak jarang, belasan bahkan puluhan juta harus habis agar kamu bisa mengamankan tempat yang layak untuk menyelenggarakan pesta resepsi. Keribetan akan bertambah kalau kamu berniat menyelenggarakan pesta saat musim kawin. Tak hanya biaya yang mahal, kamu pun harus rebutan gedung dengan puluhan pasangan lainnya yang juga ingin menghelat pesta yang sempurna.

Padahal sebenarnya kamu nggak harus menyewa gedung demi pernikahan impian. Outdoor wedding atau pernikahan yang diselenggarakan di luar ruangan bisa menjadi alternatif yang tak hanya hemat, namun juga berkesan spesial.

Outdoor wedding seringkali dinilai tidak nyaman dan panas, padahal tamu undanganmu justru bisa menjadi lebih akrab kalau pernikahanmu dilaksanakan di luar ruang. Memang sih, belum banyaknya orang yang mengaplikasikan ide ini bisa bikin kamu bingung dalam memilih tema wedding. Tapi jangan khawatir; di artikel berikut ini, Hipwee akan menawarkan beberapa rekomendasi konsep outdoor wedding yang bisa kamu gunakan.

1. Konsep white wedding yang elegan akan membuat pernikahanmu semakin sakral. Pestamu pasti lebih menyenangkan dan tak bikin kepanasan.

Menikah tema putih via greenweddingz.com

Menikah di luar ruangan memang lebih hemat dan menguntungkan, karena kamu tak perlu lagi membayar sewa gedung yang mahal. Salah satu konsep outdoor yang bisa kamu gunakan adalah white wedding. Agar para tamu tak kepanasan, kamu bisa memasang tenda warna putih di halaman rumah atau taman yang kamu sewa. Lalu lapisi semua properti dengan kain putih polos dan tambahkan hiasan balon di bagian atap.

Advertisement

Tema warna putih yang identik dengan kesucian bisa membuat pernikahanmu lebih sakral. Selain itu, warna putih juga tak bikin tamu kegerahan karena sifatnya yang tak menyerap panas. Dijamin, para tamu undangan pasti akan terkesan dengan kesederhanaan dan keanggunan pestamu.

2. Mau tema pernikahan yang romantis dan ceria? Konsep cherry blossom akan membuat para tamu serasa ada di Negeri Sakura

Cheery blossom wedding juga bisa kamu gunakan via www.sentrabunga.com

Menikah dengan tema yang romantis nan ceria dengan harga yang lebih hemat bukan lagi mimpi. Sebabnya, sekarang kamu bisa menggelar pesta dengan tema cherry blossom di halaman rumah atau ruang terbuka. Caranya mudah kok: kamu cukup menghias dekorasi pernikahanmu dengan tanaman-tamanam palsu dan pasang bunga warna merah muda. Selain itu gunakan perpaduan warna putih untuk semua properti agar lebih enak dipandang mata.

Tema cherry bloosom yang mirip dengan pemandangan taman bunga sakura di Jepang ini bisa mengantarkanmu pada pesta nikah yang romantis dan bikin betah. Para tamu undangan pasti akan senang menghadiri pernikahan yang kamu gelar. Kamu pun terhindar dari rasa tak kepanasan.

3. Beach wedding concept juga bisa kamu terapkan untuk sensasi pernikahan tak terlupakan. Suara angin dan ombak di lautan menjadi musik pengiring “pelaminan”.

Tema pantai bisa kamu terapkan untuk pernikahan via www.weddingthemes.net

Selain di halaman rumah, menikah outdoor juga bisa kamu lakukan di pantai. Tema beach wedding bisa dilaksanakan hanya dengan menggunakan tenda dan beberapa kursi yang dilapisi kain berwarna putih atau biru. Lalu hiasi pesta pernikahanmu dengan bunga warna-warni. Agar pesta pernikahanmu lancar, pastikan laut tidak sedang pasang ya. Dan jangan lupa gunakan baju pengantin yang tidak terlalu tebal dan laksanakanlah saat menjelang senja.

Suara angin dan ombak di tepi pantai akan membuat pernikahanmu lebih asyik. Selain itu, atmosfer tepi pantai yang khas bisa membuat hari jadimu lebih magis. Dijamin tema semacam ini pasti membuat hari bahagiamu akan mengesankan bagi siapa saja yang datang.

4. Garden wedding tak hanya hemat biaya. Suasana yang homy juga bisa membuat para tamu undangan tak henti-hentinya memuji.

Gunakan halaman rumahmu menjadi tempat menikah via www.capitolromance.com

Menggelar pesta pernikahan itu gak harus mahal kok. Kamu bisa gunakan kebun kota atau halaman rumah sebagai venue pesta untuk lebih menghemat biaya. Nah, konsep garden wedding menjadi panduan. Kamu bisa manfaatkan tanaman hijau di sekeliling taman sebagai dekorasi alami. Lalu tambahkan beberapa hiasan bunga merah muda agar lebih segar.

Jika kamu menikah saat udara sedang sejuk dan tak hujan, maka kamu bisa manfaatkan kanopi pohon disekitar taman pelindung dari terik matahari. Jadi, kamu tak perlu menggunakan tenda. Selain itu, gunakanlah beberapa bangku kayu di area pernikahan. Nah, konsep pernikahan seperti ini bukan hanya bisa menghemat banyak uang. Para tamu undangan juga bisa lebih merasa homy dan akrab satu sama lain. Tertarik menggunakan tema ini?

5. Pesta pernikahan tak harus digelar saat siang. Malam yang bertaburan bintang juga bisa membuat hari bahagiamu lebih terkenang.

Pesta pernikahan saat malam via tuningpp.com

Pesta pernikahan itu tak melulu harus digelar saat siang, karena sekarang kamu bisa menyelenggarakannya saat malam hari. Gelapnya malam di halaman akan terasa lebih indah saat kamu mau menambahkan beberapa lampu berwarna kuning. Nah, jika biasanya kamu mengadakan prosesi lepas balon di hari resepsi, sekarang kamu bisa ganti dengan pesta kembang api.

Gelaran pernikahan di malam hari bisa memberikan suasana yang syahdu. Tanpa banyak hiasan bunga, kerlap kerlip bintang dan lampu warna kuning pun sudah bisa membuat pernikahanmu tak akan terlupakan. Nah, kamu berminat menerapkannya?

6. Nuansa pernikahan yang lembut bisa kamu ciptakan dengan pastel wedding yang dipenuhi warna-warna syahdu.

Menikah dengan tema pastel via www.hanginglanterns.co.uk

Meskipun pernikahan outdoor belum terlalu banyak diterapkan, kamu gak perlu ragu menetapkan pilihan para tema pastel untuk sedikit menghemat uang. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumahmu, taman kompleks, atau kolam renang belakang rumah. Lalu gunakan tenda warna putih.

Selain itu, kamu bisa hiasi dekorasi pelaminanmu dengan warna-warna pastel nan lembut seperti ungu, pink, hijau muda, atau kuning. Pernikahan dengan tema ini tak hanya menghipnotis pestamu agar menjadi lebih romantis, suasana syahdu nan tenang juga bisa terpancar. Kamu tertarik menerapkannya?

7. Agar cerita cintamu berakhir indah layaknya Cinderella, terapkan saja tema fairy tale untuk pernikahanmu dengan dia.

Gunakan konsep fairy tale untuk pernikahanmu via www.pintocarriageworks.com

Pesta pernikahan yang indah dan terkenang bisa disiasati dengan cara menerapkan tema pernikahan yang jarang terpikir orang. Salah satu contohnya adalah tema negeri dongeng. Caranya, kamu cukup kenakan gaun yang mirip dengan cerita-cerita di negeri dongeng. Namun, jika kamu menggunakan gaun biasa, sekarang kamu bisa coba gunakan kereta kencana atau dokar yang kamu sewa.

Kamu bisa tambahkan beberapa hiasan bertema fairy tale sebagai pajangan, lalu tambahkan beberapa bunga warna-warni. Nah, tema seperti ini ampuh membuat pernikahanmu terkenang selamanya. Apakah kamu mau coba?

Selain biayanya yang lebih murah, pernikahan outdoor membuatmu punya banyak pilihan konsep pernikahan yang menarik dan romantis. Selian itu, ruangan terbuka juga mampu memberikan suasana yang akrab satu sama lain. Gak jarang juga bisa menyuguhkan suasana yang homy.

Nah, kamu pilih yang mana nih untuk pernikahanmu kelak?