Makan malam bisa jadi dilema tersendiri bagi kamu yang sedang ingin meraih berat badan ideal. Bukan mustahil, kamu rela menahan lapar demi mempertahankan atau menurunkan berat badan. Mungkin selama ini kamu percaya bahwa untuk diet kamu harus sama sekali menghindari makan malam. Padahal, ini gak sepenuhnya benar. Yang menyebabkan badanmu semakin membengkak bukanlah jam makan, tapi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu dan aktivitas yang kamu lakukan beberapa jam setelah makan.

Jadi sebenarnya tak masalah jika kamu tetap makan malam. Hanya saja, jenis makanan dan seberapa banyak panganan yang kamu cerna tetap harus kamu perhatikan. Hal ini menuntutmu untuk pandai-pandai pilih menu. Apalagi biasanya setelah makan malam kamu akan langsung segera tidur dan tak melakukan aktivitas fisik yang banyak membakar kalori.

Jadi di artikel ini Hipwee akan memberikanmu rekomendasi menu makan malam. Nggak perlu khawatir, makanan-makanan ini tetap bisa kamu nikmati tanpa perlu khawatir tubuhmu melar!

1. Tak perlu puasa makan enak kok untuk tetap langsing. Kamu bisa makan semangkok sup ayam bening!

Jika ingin berat badanmu stabil, cobalah mengurangi konsumsi nasi di malam hari. Sebagai gantinya, kamu bisa coba nikmati sup ayam bening saat makan malam. Sayur dan air dalam sup juga bisa membuatmu terhindar dari dehidrasi saat malam hari. Selain itu kaldu ayam bisa membuatmu merasa cepat kenyang, sehingga kamu gak akan tergoda untuk makan banyak.

Advertisement

Nah, sekarang kamu bisa nikmati semangkuk sup ayam. Cara membuatnya juga gampang kok. Bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • 200 gram kentang
  • 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 100 gram wortel
  • 50 gram daging ayam
  • 1 tangkai seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 blok kaldu ayam
  • 1  sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 liter air

Cara membuatnya:

  • Pertama-tama kamu tumis bawang putih hingga wangi, lalu angkat dan sisihkan.
  • Lalu kamu rebus air dan tuangkan bawang putih, daun bawang dan daging ayam . Jangan lupa gunakan api kecil ya dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah itu masukkan kentang dan wortel lalu masak hingga empuk.
  • Lalu kamu tambahkan kaldu ayam, garam dan merica bubuk. Rebus bahan hingga matang.
  • Sesaat sebelum kompor dimatikan, masukkan seledri, aduk rata dan angkat sup, lalu sajikan selagi hangat.

2. Menyantap steak saat makan malam itu nggak salah kok. Asal pilih daging sapi tanpa lemak (lean beef) yang justru bisa bikin kamu lebih cepat kenyang

Daging tanpa lemak via coretanperpus.blogspot.com

Konsumsi steak di malam hari tidak akan membuat badanmu makin penuh dengan timbunan lemak. Syarat utamanya adalah memilih daging sapi yang rendah lemak, misalnya jenis tenderloin (has dalam) dan  topside (has luar). Daging jenis ini mempunyai kalori yang tidak terlalu tinggi.

Menurut sebuah penelitian nutrisi di Amerika, menyertakan daging merah dalam menu makan juga bisa membakar kalori lebih banyak. Selain itu, protein daging ini akan menjaga kebutuhan otot tubuh, tanpa perlu khawatir bakal ditimbun jadi lemak. Konsumsi ideal adalah <200 gram saja selama makan malam.

Nah, jika kamu ingin membuat steak sendiri, kamu juga bisa coba dengan cara ini:

Bahan utama:

  • 200 gram daging sapi tanpa lemak

Bahan rendaman (dicampur jadi satu) :

  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya

Langkah-langkah untuk menghidangkan steak sapi tanpa lemak yang enak, begini nih caranya :

  • Pertama- tama kamu rendam daging dengan bumbu rendaman yang sudah dihaluskan. Lalu simpan biarkan beberapa jam. Atau kadan ada juga yang menyimpannya dalam kulkas selama seharian agar bumbu semakin merasap.
  • Lalu siapkan teflon dan letakkan daging diatasnya sampai airnya keluar.
  • Setelah itu, tambahkan mentega, lalu panaskan daging hingga matang. Jika kamu suka pedas, maka tambahkan lada hitam agar lebih nikmat.
  • Agar lebih sedap, kamu bisa tambahkan gorengan asparagus.

Selain membakar kalori, berbagai vitamin B dan protein yang ada didalamnya bisa bikin kamu lebih cepat kenyang karena kandungan nutrisinya. Kandungan seng juga bisa menambah daya ingat, jadi kencan kalian tidak akan terlupakan.  Nah, mudah ‘kan?  Tertarik mencoba? atau mau beli di restoran?

3. Tahu tak hanya ramah kantong di akhir bulan. Makanan ini juga bisa bikin kamu kenyang tanpa harus takut kegemukan

Pasta tahu cocok untuk makan malam via www.vemale.com

Siapa bilang tahu hanya menu pengisi akhir bulan? Jenis makanan satu ini juga bisa jadi rekomendasi untuk makan malammu bersama pacar lho. Kandungan serat dan protein yang ada di dalam tahu bisa membuatmu percernaanmu jadi lancar dan tidak banyak kalori yang tersimpan jadi lemak. Selain itu, tahu juga bisa bikin kamu cepat kenyang, jadi kamu gak perlu makan banyak sampai perutmu terasa penuh. Dan perlu kamu tahu bahwa kalori di dalam tahu itu gak terlalu tinggi, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ya.

Selain harganya yang lebih terjangkau, kamu juga bisa mengolahkan dengan banyak variasi. Misalnya pasta tahu timun yang bisa di buat di kosan. Penasaran? Begini caranya:

Bahan yang kamu butuhkan :

  • 120 gram pasta siap pakai
  • 1 bungkus tahu dipotong dadu (agak besar agar tidak pecah)
  • 1 sdm dan 4 sdm soy sauce
  • 2,5 sdm jahe parut
  • 2,5 sdm minyak untuk memasak
  • 1,5 sdm air lemon
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3/4 sdm parutan kulit lemon
  • 1/4 sdt garam
  • Bubuk cabe sesuai selera
  • 1 buah timun ukuran sedang, dikupas, belah dua, buang bijinya dan dipotong dengan ketebalan 1/4 inci
  • 3 batang daun bawang diiris tipis
  • 3 sdm peterseli

Langkah untuk mendapatkan spaghetti tahu yang sedap untuk dinikmati bersama pacar adalah :

  • Pertama-tama, rebus pasta dalam air garam hingga matang. Setelah sekitar 15 menit, kamu tiriskan lalu disiram dengan air bersih matang
  • Siapakan teflon lalu masukkan 1 sdm soy sauce dengan 1/2 sdm jahe parut. Lalu masukkan tahu ke dalamnya.
  • Setelah itu siapkan teflon dengan minyak, dan goreng tahu sebentar saja hingga kecoklatan.
  • Lalu dalam teflon, yang berbeda kamu buat saus dengan menambahkan jahe, soy sauce, 1,5 sdm minyak, sari lemon, minyak wijen, parutan lemon, garam dan bubuk cabe.
  • Setelah itu baru deh masukkan pasta ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan daun bawang, timun, peterseli dan aduk hingga rata. Sajikan di atas piring dengan menambahkan tahu yang sudah dimasak tadi.

Menu sepiring sajian pasta tahu timun akan membuat makan malammu menjadi lebih menyenangkan. Karena tanpa khawatir kegemukan, kalori di dalam sajian ini tidak akan membuat pagimu dikejutkan dengan berat badan yang meningkat. Nah, berani coba?

4. Kamu juga bisa menyantap makan malam dengan oseng buncis udang

Oseng buncis udang via www.vemale.com

Sayuran buncis yang renyah bisa dijadikan salah satu pilihan makan malam yang lain. Sayuran yang biasanya jadi menu andalan saat diet ini punya sedikit kalori. Bayangkan dalam 120 gram buncis hnya mengandung 35 kalori saja. Jadi kamu gak perlu takut gendut lagi. Selain itu, makanan ini mengandung folat dan serat yang bisa membuat pencernaanmu lancar. Nah, salah satu olahan buncis yang mak nyus dilahap bersama pasangan adalah oseng buncis udang. Mau tau gimana caranya? Simak yaa.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 200 gram buncis segar
  • 100 gram udang
  • 2 siung bawang merah
  • 3 awang putih
  • 1 buah tomat
  • 3 buah cabai
  • 1 cm lengkuas kecil
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm garam
  • Merica secukupnya

Cara memasak gampang banget kok, berikut ini caranya :

  • Pertama-tama, kamu tumis bawang putih dan merah hingga harum dan masukkan daun salam, cabai, lengkuas kemudian tumis hingga layu.
  • Setelah itu, kamu bisa menambahkan udang segar dan tumis hingga layu.
  • Lalu, kamu tambahkan buncis, gula, garam, merica dan sedikit air.
  • Jangan lupa kamu tambahkan tomat agar lebih segar ya.

Nah, kalau olahan ini bisa kamu pasangkan dengan seperempat piring nasi hangat. Kandungan kalium, kalsium, vitamin A dan betakarotein bisa jadi nilai plus untuk menguatkan tulang. Mau coba? Kamu gak perlu ragu untuk makan malam dengan sajian ini.

5. Jika memang menyukai udang, kamu bisa menyantapnya di kedai masakan Cina

Asem Asem Udang via www.vemale.com

Cobalah ajak pacar atau teman-temanmu pergi ke kedai makanan khas China. Biasanya di sanalah kamu akan menemukan surga seafood bernama udang. Makanan jenis ini bisa menjadi menu yang tidak membuatmu jadi gemuk lho. Kenapa? Karena ia punya kadar asam amino yang tinggi, dengan 85-95% protein yang mudah dicerna tubuh.

Malah nilai plusnya, udang kaya akan omega 3, 6, dan vitamin A, B6, B12, C, D, E, jadi sangat cocok buat kamu yang ingin diet. Jadi kamu gak perlu takut kebanyakan kalori yang tersimpan saat tidur, karena makanan ini rendah kalori yaitu hanya 106 kalori per 100 gram udang.

Atau kamu ingin membuat sendiri makan malam asem-asem udangmu? Begini nih cara membuatnya:

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 350 gram udang
  • 100 gram buncis

Bumbu untuk asem-asem udang yang lezat :

  • 3 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabe merah, iris menyerong
  • 2 buah cabe hijau, iris menyerong
  • 1 buah tomat hijau, iris dadu
  • 2 batang daun bawang, iris menyerong
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dalam sedikit air
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm kecap manis

Cara membuatnya praktis kok, begini nih caranya :

  • Pertama-tama kamu tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau hingga warnanya berubah dan aromanya keluar.
  • Lalu siapkan panci berisi air, dan masukan udang yang sudah dibersihkan serta buncis, lengkuas, daun salam serta asam jawa.
  • Jangan lupa masukann bumbu yang sudah ditumis, dan terakhir masukkan tomat hijau, daun bawang, garam serta kecap manis. Aduk hingga rata dan sajian udang siap dihindangkan untuk makan malam.

Nah, mudah kan? Makan sehat itu gak ribet kok.

6. Nggak dosa kok kalau kamu makan salad buah ditambah keju. Sajian ini akan membuat berat badanmu tetap ideal walaupun makan banyak

Nah, kalau hasrat mengunyahmu kurang bisa dikendalikan, makan malam berupa buah paling cocok untuk kamu terapkan. Kandungan buah yang kaya akan serat justru bisa memperlancar pencernaanmu saat bangun pagi. Selain itu, vitamin dan antioksidan yang melimpah dalam buah juga bikin kamu menjadi lebih segar.

Salah satu menu sajian buah yang nikmat adalah salad. Mau tahu bagaimana membuatnya?

Macam buah yang bisa kamu gunakan (sesuai seleramu sendiri juga bisa kok) :

  • 1 buah apel yang dipotong dadu
  • 5-6 buah stroberi yang di iris tipis.
  • 5 buah ceri untuk pemanis, dan dibelah dua.
  • 2 buah kiwi dipotong dadu.
  •  ½ buah melon yang dipotong dadu.
  •  ½ buah semangka yang dipotong dadu

Untuk bahan saus salad buah :

  • 4 sendok makan mayones.
  • 1 buah jeruk nipis yang diambil airnya.
  •  Sekotak keju rendah lemak.
Nah, proses pembuatannya :
  • Pertama-tama, kamu cuci semua bahan atau buah dibawah air yang mengalir.
  • Kemudian potong-potong buah yang telah disiapkan dan kemudian campurkan dalam satu wadah.
  • Lalu tuangkan bumbu salad di atas buah.
  • Lalu kamu tambahkan irisan keju. Dan salad buah siap di nikmati berdua.

Cara membuatnya gampang ‘kan? Hanya saja kamu memang perlu pilih-pilih buah yang tidak banyak mengandung karbohidrat semacam apokat. Selamat mencoba.

7. Terakhir, cobalah konsumsi sayur atau ikan. Dijamin berat badanmu bisa tetap ideal!

Salad sayur sehat via simomot.com

Alternatif terakhir adalah salad sayur yang dicampur dengan ikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Georgia mengatakan bahwa ikan mengandung DHA dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Dan buah adalah makanan yang tepat untuk memperlancar pencernaan. Maka, kamu gak perlu takut gemuk jika mengkonsumsi ini pada malam hari. Kalori yang  terkandung juga gak terlalu banyak kok. Nah, jika kamu ingin membuat salad sayur yang lezat, kamu bisa coba resep-rese ini:

Bahan baku salad sayur yang kamu butuhkan:

  • 4 lembar daun selada merah
  • 4 lembar daun selada hijau
  • 1 buah tomat merah segar
  • 1/2 buah paprika merah
  • 3 sdm ikan tuna kalengan
  • Minyak zaitun, secukupnya
  • 1/2 buah lemon (ambil airnya, parut kulitnya)
  • Keju parut, secukupnya
  • Lada hitam, secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan salad sayur yang lezat :

  • Siapkan mangkok salad, lalu campurkan selada merah dan selada hijau dengan irisan paprika, tomat, ikan tuna kaleng, dan parutan kulit lemon.
  • Tuangkan minyak zaitun dan air jeruk lemon.
  • Tambahkan lada hitam dan garam, lalu aduk rata memakai spatula atau tangan.
  • Jika sudah tercampur secara merata, sajikan salad di atas piring saji, kemudian taburi dengan parutan keju.
  • Salad sayur sehat nan segar siap disantap.

Nah, gampang kan? Kamu tak perlu banyak waktu untuk membuatnya. Tertarik mencobanya?

Nah, lihat sendiri ‘kan? Kamu gak perlu menderita karena melewati makan malam! Menu makanan di atas tepat untukmu yang ingin menjaga berat badan sambil tetap kenyang. Selamat mencoba, semoga berat badanmu tetap ideal!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya