Menghitamnya kulit di sekitar organ intim pada sebagian besar kasus merupakan hal yang normal. Perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, seperti usia, sel kulit mati yang menumpuk, iritasi, obesitas dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, khususnya kamu yang masih single, nggak akan terlalu terganggu dengan kondisi seperti ini. Namun, perlu kamu tahu bahwa kelak jika kamu punya pasangan yang halal nanti, permasalahan selangkangan hitam akan jadi momok yang bikin kamu nggak percaya diri. Wah 🙁

Eits, jangan dulu mengeluh. Kamu bisa kok merawat selangkangan sejak dini supaya berbuah manis saat tiba waktunya nanti. Lagipula, sudah selayaknya kamu menjaga dan merawat bagian tubuhmu ini, meski nggak dipamerkan ke orang lain. Lakukan cara-cara dari Hipwee Tips berikut, ya!

1. Biasakan untuk menggunakan celana dalam yang nggak terlalu ketat dan berbahan katun agar keringat terserap sempurna

gunakan celana dalam berbahan katun via cdn.shopify.com

Bukannya jarang dibersihkan, kulit selangkangan yang menghitam lebih dikarenakan area ini sangat sensitif apalagi jika terkena gesekan antara kain dari celana dalam yang sering dipakai. Terlebih jika kamu berkeringat di bagian ini, keringat yang nggak terserap bahan kain celana dalam akan mengendap dan menumpuk menjadi sel kulit mati. Inilah yang menyebabkan kulit selangkanganmu menghitam.

Advertisement

Untuk mencegah hal ini, baiknya kamu menggunakan celana dalam berbahan katun yang sifatnya mudah menyerap keringat. Selain itu gantilah celana dalam secara teratur agar kotoran nggak menumpuk di area sensitif tersebut.

2. Mencukur bulu kemaluan itu perlu, tapi sebaiknya hindari menggunakan pisau cukur dan obat perontok bulu

hindari alat cukur dan obat perontok bulu via www.google.co.id

Mencukur bulu kemaluan hukumnya wajib bagi kamu yang peduli kebersihan. Namun, untuk melakukannya kamu nggak bisa sembarangan. Sebagaimana area sensitif lainnya, salah perlakuan akan mengakibatkan infeksi pada kulit, termasuk area selangkangan.

Baiknya kamu hindari menggunakan pisau cukur atau obat perontok bulu ketika mencukur bulu kemaluan. Gesekan pisau cukur akan menyebabkan kulit iritasi, begitupun bahan kimia dari obat perontok bulu. Kulit yang terinfeksi ini akan menyebar ke area sekitarnya dan mengakibatkan selangkangan menghitam.

3. Buat para cewek, jangan memakai bedak tabur di area kemaluan, ya!

don’t use this, please via nisrina.co.id

Kadang cewek merasa insecure area kemaluannya lembab. Beberapa solusi yang dipilih antara lain dengan menggunakan bedak tabur. Alih-alih mencegah kelembaban, justru bedak tabur jadi sumber kotoran yang bisa menambah tumpukan sel kulit mati di selangkanganmu.

Nah, untuk menjaganya tetap kering, usaplah area kemaluanmu setiap habis buang air. Usahakan celana dalam tetap kering saat digunakan.

4. Lakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati di area selangkangan. Gunakan bahan-bahan alami agar terhindar dari zat kimia yang membahayakan

Pakai lemon

vitamin C dalam jeruk lemon efektif cerahkan kulit selangkangan via i.huffpost.com

Karena yang alami jauh lebih aman dan menimalisir infeksi. Siapkan dulu bahan-bahan scrub berikut ini:

  • Belah jeruk nipis atau jeruk lemon menjadi dua bagian.
  • Gosoklah area selangkan dengan lembut selama 10-15 detik, bilas dengan air hangat. Lakukan setiap setelah mandi.

Pakai batu tawas

batu tawas memiliki kandungan antibakterial, antijamur, dan mineral alami yang dapat memutihkan selangkangan via 2.bp.blogspot.com

  • Larutkan batu tawas secukupnya dengan air panas hingga membentuk adonan mirip pasta.
  • Oleskan merata ke seluruh bagian selangkangan. Diamkan sampai keras dan mengering. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Pakai mentimun dan madu murni

Mentimun kaya akan mineral alami, sehingga terkenal bisa mencerahkn kulit, khususnya pada area sensitif. Cara membuat scrub untuk selangkangannya pun cukup mudah, yakni:

  • Haluskan mentimun seperlunya saja, kemudian tambahkan sedikit madu.
  • Oleskan merata ke seluruh bagian selengkangan selama 30 menit.
  • Atau, kamu bisa juga menggosokan potongan mentimun ke area selangkangan agar lebih praktis. Lalu bilas dengan air hangat.

Pakai lidah buaya

lidah buaya baik buat selangkangan via stylecraze.com

Lendir lidah buaya dikenal bisa melembabkan dan menjauhkan kulit dari kegelapan. Wah, bisa banget nih dipakai memutihkan selangkangan! Caranya:

  • Balurkan lendir lidah buaya dan pijat area selangkangan dengan lembut selama beberapa menit.
  • Tunggu hingga lendir kering lalu bilas.

Atau, kamu bisa pakai kunyit

kandungan senyawa pigmen berwarna kuning inilah alasannya via bodynutrition.org

Seperti ramuan-ramuan zaman dahulu yang banyak memanfaatkan kunyit untuk mencerahkan kulit, sekarang amu bisa memanfaatkannya untuk merawat kulit selangkanganmu. Gini nih caranya…

  • Campurkan 2 sdm bubuk kunyit dengan air hangat, tambahkan dengan 1-2 sdm air perasan lemon.
  • Oleskan ke area selangkangan selama 20-30 menit. Bilas dengan air hangat.

Gimana, nggak susah ‘kan?

5. Demi mencegah gesekan antar paha dan selangkangan, jagalah berat badan supaya tetap sehat dan ideal

jaga berat badan untuk menghidari gesekan berlebih pada paha via ghk.h-cdn.co

Tanpa bermaksud menghakimi, kebanyakan orang yang kelebihan berat badan memiliki area selangkangan yang cenderung gelap. Seringnya terjadi gesekan antara dua kulit paha yang berdekatan adalah penyebabnya. Ditambah lagi jika dikombinasikan dengan keringat yang mengucur di area tersebut, maka kemungkinan menghitamnya area selangkangan menjadi lebih besar.

Baiknya kamu menjaga pola makan dan berat badan agar tetap ideal. Kurangi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang juga menyebabkan permasalahan berat badan.

6. Minumlah air putih secara teratur agar kulit beregenerasi secara optimal

teratur minum air putih via awesomejelly.com

Air putih terbukti ampuh untuk membantu proses regenerasi kulit. Sel-sel kulit seperti sel-sel organ lainnya, juga membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Air memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas.

Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Termasuk mengatasi masalah selangkangan menghitam.

7. Penuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, kandungan asam sitrat akan mencerahkan kulit selangkangan dari dalam

minum larutan air lemon tiap pagi via www.google.co.id

Masalah kulit selangkangan yang menghitam dapat diatasi dengan perawatan dari dalam. Makanan terbaik untk menjaga kesehatan kulit adalah vitamin C. Vitamin C dan asam sitrat dapat mencerahkan kulit.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu bisa meminum perasan air jeruk lemon atau air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat.

Selain bermanfaat untuk kulit, dengan meminum larutan ini juga bagus untuk pencernaan dan berfungsi sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh.

8. Melakukan latihan yoga pranayama demi paha langsing dan kulit yang bersinar

latihan pernapasan via arogyamasthu.com

Pranayama adalah salah satu latihan pengendalian pernapasan. Latihan ini bertujuan untuk mengajarkan cara bernapas yang benar terutama dalam melaksanakan gerakan yoga. Bernapas yang baik dan benar berarti membawa oksigen yang cukup ke otak dan aliran darah, dan pada akhirnya juga mempengaruhi energi kehidupan.

  • Lakukan dua kali pernapasan normal.
  • Tarik napas, kemudian hembuskan napas, tarik abdomen (bagian bawah tulang rusuk dan bagian atas paha) ke dalam. Ulangi sampai 20x, atur ritme dan penekanan saat menghembuskan napas.
  • Kemudian tarik napas, hembuskan sepenuhnya, tarik napas sedalam-dalamnya dan tahan napas selama yang kamu sanggup. Secara perlahan hembuskan.

Latihan ini jika dilakukan secara rutin selain membersihkan saluran pernapasan, juga berfungsi mengencangkan kulit serta membuatnya lebih sehat bercahaya, termasuk juga area selangkangan.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya