Impian punya wajah mulus rasanya nggak bisa tercapai kalau masih sering muncul jerawat, walau cuma 1 biji. Kepercayaan dirimu jadi berkurang seketika, bahkan sampai menghindar ketika berpapasan dengan orang lain. Bagimu jerawat seperti malapetaka buat penampilan, apalagi kalau lama hilangnya.

Kalau ngomongin jerawat, biasanya kamu bakal pakai BB Cream, atau concealer buat menutupinya. Kamu bakal aplikasikan ke area-area yang kemerahan. Namun, kamu perlu tahu kalau sebenarnya selain BB Cream atau concealer, ada produk make-up lain yang bisa bikin jerawat tersamarkan. Hasilnya pun nggak kalah sempurna dengan concealer. Apa saja ya produk-produknya? Ini dia nih…

1. Punya 3 fungsi sekaligus, wonder pencil wajib ada dalam kotak kosmetikmu

pakai wonder pencil via hellotobeauty.com

Alat make-up satu ini punya 3 fungsi sekaligus, yaitu sebagai lipliner untuk membentuk garis bibir, eyeliner buat cerahkan area mata, dan bisa untuk menutupi jerawat.

Cara supaya jerawat tersamarkan pakai wonder pencil yaitu, cuma totol-totolkan area yang ada jerawatnya saja, kok. Dengan begitu, wajahmu terlihat mulus tanpa ada titik-titik yang mengganggu.

2. Lip liner atau pembingkai bibir berwarna pink pun nggak kalah ampuhnya buat menyamarkan jerawat

Advertisement

pilih yang pink via mikkasmakeupbox.com

Selain wonder pencil, kamu bisa gunakan lipliner, tapi pilih yang berwarna merah muda (pink) dan lebih cerah dari kulitmu ya. Cara aplikasikan pada wajah yaitu tinggal kamu totol-totolkan pink lipliner pada area wajah yang berjerawat. Namun, sebelumnya kamu harus pastikan dulu pink lipliner-nya udah terasah.

Produk make-up ini cukup ampuh mengatasi masalah jerawat kamu. Bekas-bekas jerawat, pori-pori besar, dan warna pink-nya akan menyamarkan warna hitam bekas jerawat.

3. Siapa bilang obat tetes mata cuma untuk mengatasi masalah pada mata? Yuk coba teteskan pada jerawat juga!

bisa mengatasi jerawat via www.sweetlikeapeach.com

Bukan cuma alat make-up saja, tapi obat tetes mata bisa digunakan juga buat jerawat. Kamu tinggal teteskan beberapa cairannya ke area berjerawat agar langsung tersamarkan. Terutama pada jerawat yang matang dan peradangannya bakal nggak terlalu terlihat.

Namun, nggak sembarang obat tetes mata bisa kamu gunakan. Sebaiknya, pilih yang mengandung tetrahydrozoline – zat yang bisa menghilangkan peradangan jerawat dengan cara menyempitkan pembuluh darah.

Cara pakainya, kamu perlu bersihkan wajah dulu dan tepuk-tepuk secara perlahan dengan handuk lembut dan kering. Teteskan pada area wajah yang berjerawat secukupnya dan tunggu sampai kering.

4. Sebelum pakai foundation, oleskan green color corrector supaya jerawatmu tertutupi dengan sempurna

green color corrector via www.sophistikat.ie

Warna hijau di percaya bisa menetralkan warna merah (seperti jerawat) atau apapun. Oleh karena itu, bisa juga digunakan pada wajahmu yang berjerawat. Tapi, jangan pakai di area sekitar mata ya, cukup pada bagian yang berjerawat atau bekasnya saja. Kamu dapat gunakan green color corrector sebelum memakai foundation, lalu wajahmu bakal terlihat mulus sempurna.

Kalau kamu belum tahu apa itu green color corrector, silakan lihat di sini, ya…

5. Kalau mau praktis, kamu juga bisa pakai cotton bud dan air panas sebagai pembasmi jerawat

celupkan ke air panas via www.tokopedia.com

Percaya atau tidak, cotton bud bisa kamu gunakan buat mengatasi wajah berjerawat. Caranya yaitu cotton bud dicelupkan ke dalam air panas, lalu tekankan ke jerawatnya. Hal ini diyakini ampuh buat menghalangi jerawat membesar dan bisa mengempiskan.

Namun, kamu harus pastikan kalau suhunya hangat, agar cotton bud yang telah dicelupkan ke air panas itu bisa diterima kulit, ya.

6. Es batu memang ampuh buat jerawat. Tapi yang benar dibalut dulu dengan tisu

dibalut tisu ya via papasemar.com

Banyak yang mengatakan kalau es batu bisa dimanfaatkan buat kecantikan wajah. Sayangnya, banyak yang salah praktikkan, yaitu langsung memoleskan area wajah yang berjerawat dengan es batu. Padahal, ada baiknya kamu balutkan es batu dulu dengan tisu. Kemudian, baru deh oleskan ke jerawatnya biar bisa kempes.

Supaya hasilnya sempurna, aplikasikan juga foundation setelah oleskan dengan es batu yang dibungkus tisu, ya.

Tanpa harus pakai concealer, kamu bisa gunakan produk make-up lainnya buat menyamarkan wajah dari jerawat. Dengan begitu, nggak ada lagi deh jerawat membandel yang bikin penampilanmu berkurang kadar kecenya. Selamat mencoba ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya