Hal yang paling diinginkan setiap orang setelah seharian beraktivitas adalah tidur. Tanpa pikir panjang dan melihat kondisi kamar yang berantakan, kadang kamu juga bisa langsung terlelap. Alih-alih memperhatikan kondisi kamar, posisi tidur saja mungkin gak kepikiran. Padahal posisi tidur sangat menentukan kualitas tidur dan kesehatanmu lho. Nah, jika kamu ingin istirahat dengan lebih berkualitas maka gak ada salahnya untuk mencoba mencari tahu apa sih efek dari berbagai macam posisi tidur untuk kesehatanmu. Berikut ini Hipwee berikan tentang efek 8 posisi tidur yang sering kamu praktikan sehari-hari. Simak yaa.

1. Jika ingin bangun tanpa rasa pegal, mulai malam ini kamu harus mulai tidur telentang

Tidur terlentang via m.theepochtimes.com

Setelah seharian duduk dikursi kerja, gak jarang nyeri punggung mulai menyerang. Terkadang kamu memilih untuk menggunakan plester anti pegal dipunggung yang panasnya tidak karuan. Nah, jika kamu ingin lebih sehat pada pagi harinya, maka gak ada salahnya untuk mencoba tidur dalam posisi terlentang. Biarkan tubuhmu tergeletak pada bidang yang datar dan tanganmu terletak sejajar disamping tubuhmu. Posisi ini bisa membuat tulang leher dan tulang punggungmu menjadi lebih sehat selagi kamu tidak menggunakan bantal. Selain itu, dengan posisi seluruh organ tubuh yang sejajar dengan jantung, maka aliran darah ke otak juga menjadi lebih lancar.

Namun, jika kamu terbiasa mengalami gangguan pernafasan saat tidur atau mendengkur, maka posisi tidur terlentang tidak disarankan. Karena biasanya dengan tidur terlentang, pangkal lidahmu bisa menutupi tenggorokan dan bisa memperparah ngorok. Jadi jika memilih posisi ini kamu perlu hati-hati nih ya kalau mau tidur di tempat umum.

2. Kamu yang tidak ingin punya banyak lkerutan, cobalah tidur dengan posisi star fish. Dijamin, wajahmu tidak lagi terlihat kusut saat bangun pagi.

Star fish pose via www.buzzfeed.com

Advertisement

Buat kamu para cewek yang mengidam-idamkan wajah cantik seperti putri salju saat bangun pagi, tidur dengan posisi badan dan tangan terlentang membentuk star fish bisa jadi solusi. Posisi semacam ini bisa mengurangi kerutan diwajah dan lipatan kulit lho. Karena wajahmu akan terhindar dari bantal yang sering membuat mukamu menjadi kusut pada pagi harinya. Selain itu, posisi terlentang dan merentangkan tangan juga bisa membantu menjaga bentuk tubuhmu dan membuat otot-otot tubuhmu menjadi lebih relaks, apalagi saat kamu sedang lelah melakukan banyak aktivitas. Gak jarang kamu bisa menjadi lebih segar saat bangun pagi nanti.

Sebenarnya efek lain yang ditimbulkan masih sama dengan gaya tidur terlentang yang pertama. Terkadang posisi ini juga bisa menyebabkan ngorok dan masalah naiknya lambung dari perut. Selain itu, perlu diingat juga ya, jika lenganmu sedang merasa pegal, maka posisi ini tidak disarankan. Kamu bisa mencoba menurunkan tanganmu kesamping tubuhmu seperti gaya yang pertama. Selamat mencoba.

3. Tidur dengan cara tengkurap memang tidak terlalu menguntungkan, kecuali kamu ingin memperbaiki pencernaan.

Tidur tengkurap via www.buzzfeed.com

Apakah kamu sering terserang ganguan penceranaan? Maka posisi tidur tengkurap diatas lambungmu bisa membuat pencernaanmu menjadi lebih baik. Gak jarang jika kamu sering tidur dengan posisi ini, maka kamu akan sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Selain itu, jika kamu sepanjang hari membungkuk dan duduk, maka tidur dengan posisi ini juga bisa membuat punggungmu menjadi lebih nyaman lho.

Tapi perlu diketahui, sebenarnya posisi tidur semacam ini paling beresiko diantara posisi tidur yang lain. Karena kerapkali menyebabkan nafasmu menjadi sesak karena dada yang tertekan. Atau membuat wajahmu menjadi kusut sebelah karena harus berpaling ke salah satu sisi sepanjang malam. Nah, jika kamu ingin lebih cerah di esok hari? Coba hindari tidur dengan gaya seperti ini.

4. Jika kamu malu mendengkur, maka tidur dengan posisi lurus miring bisa menjadi pilihan untuk meredam suara.

Tidur miring lurus via somelearning.com

Kamu mulai tidak khawatir jika tiba-tiba kamu mendengkur saat tidur bersama teman-temanmu? Maka gak ada salahnya kamu coba tidur dengan posisi lurus miring dengan tangan sejajar. Posisi ini sangat baik untuk mengurangi gangguan pernafasan seperti mendengkur, selain itu juga bisa terhindar dari sakit pinggang dan sakit leher. Posisi ini juga cocok jika kamu ingin bangun dengan wajah yang lebih fresh esok hari.

Eits, tunggu dulu, sayangnya posisi miring seperti ini juga punya efek samping yaitu bisa menyebabkan kerutan kulit serta menurunnya payudara karena posisi tubuh harus mengikuti gaya gravitasi. Jadi kamu bisa mulai ganti posisi tidur dari sekarang ya.

5. Jika kamu terbiasa tidur miring dengan tangan yang tertahan di kepala, kamu patut waspada.

Tidur miring dengan tangan tertindih via www.amazon.com

Tidur seringkali bisa membayar lunas semua kelelahan kita sepanjang hari. Maka gak ada salahnya kamu memperhatikan posisi tidur agar istirahatmu lebih berkualitas. Nah, diantara sekian banyak posisi, mungkin kamu penggemar tidur miring dengan posisi tangan tertindih di bawah kepala dan tangan lain menjulur ke luar. Apalagi kalau tidur di meja kelas, gak jarang posisi ini juga selalu menjadi favorit. Padahal, posisi seperti ini tidak terlalu baik untuk kesehatanmu lho. Karena saat tanganmu tertindih, maka saraf-saraf bagian lenganmu bisa tertekan sehingga bisa menganggu aliran darah. Hingga terkadang kamu juga bisa merasa nyeri lengan dan pegal di bahu. Posisi tidur seperti ini juga kerapkali menimbulkan efek yang sama dengan tidur menyamping sebelumnya, misalnya lipatan kulit.

Nah, jika kamu ingin tidur dikelas tanpa meninggalkan bekas lipatan diwajah, maka kamu bisa meninggalkan cara tidur seperti ini saat kamu sedang bosan.

6. Tidur bisa membawamu kealam bawah sadar. Maka posisi seperti bayi di kandungan adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan badan dan pikiran.

Tidur dengan posisi gaya bayi dikandungan via livetheblastlife.com

Kamu ingin tidur nyenyak kayak pas kamu diperut dulu? Nah, coba saja tidur dengan miring, lutut tertekuk dan tangan tertindih di bawah kepala. Posisi ini bisa mengatasi gangguan mendengakur  dan mengurangi tekanan pada punggung. Namun, dalam posisi ini pastikan kamu gunakan bantal untuk menjaga posisi kepala yang tidak terlalu rendah. Sehingga saat bangun disiang hari, kamu tidak bermasalah dengan leher dan telapak tangan.

Selain itu, tidur dengan posisi ini bisa mengurangi rasa mulas dan nyeri perut. Sebenarnya posisi ini tidak mempunyai efek samping yang terlalu banyak, hanya saja mungkin hanya lipatan pada wajah seperti efek tidur miring lainnya. Posisi tidur seperti ini juga bisa membuatmu menjadi lebih hangat saat berasa dalam kondisi yang dingin. Jadi, kamu akan tetap merasa nyaman. Dan pastikan, jangan lupa berdoa dulu sebelum tidur yaa

7. Gak cuma milih pacar yang butuh sikap selektif, arah tidur miring juga harus pilih-pilih. Jika kamu punya masalah asam lambung, maka miring ke kiri bisa menjadi solusi.

Efek tidur miring ke kiri via www.wisebread.com

Ada beberapa orang yang memang tidak terbiasa tidur terlentang, maka mereka memilih tidur miring sebagai pilihan. Mungkin kamu salah satu penggemarnya. Nah, ternyata tidur dengan posisi miring ke kiri dan ke kanan punya efek medis yang berbeda lho. Salah satunya efek pada organ pencernaan.

Jika kamu mengalami maag atau asam lambung yang sering meningkat, maka dengan miring ke kiri bisa menjadi solusi. Menurut The Journal of Clinical Gastroenterology dengan posisi menghadap ke kiri maka sambungan antara perut dan kerongkongan tidak akan terbuka meskipun kadar asam lambung sedang tinggi, jadi kamu tidak akan tersiksa dengan rasa begah atau mual saat terjadi asam lambung ingin keluar. Dan buat ibu hamil, disarankan tidur ke kiri untuk memperlancar aliran darah ke janin.

Namun, perlu kamu tahu ya, posisi miring ke kiri bisa membuat organ-organ tubuh lain seperti jantung menjadi lebih terbebani. Jadi, jika memang kamu tidak pernah bermasalah dengan asam lambung, kamu bisa mencoba tidur dengan arah yang lain.

8. Jika kamu ingin tetap sehat tanpa banyak keluhan nafas, maka tidur miring ke kanan bisa menjadi pilihan tepat.

Tidur miring kekanan via m.theepochtimes.com

Jika kamu ingin tidurmu nyenyak dan berkualitas, maka sangat penting untuk tahu apa manfaat dan efek dari setiap posisi tidur yang menjadi ritual setiap malammu. Misalnya jika kamu tidak sering menderita gangguan asam lambung, maka posisi tidur miring ke kanan lebih disarankan. Posisi ini bisa memperlancar pernapasan saat tidur sehingga kamu juga bisa mengurangi resiko mendengkur. Selain itu, posisi menghadap ke kanan juga justru bisa mempercepat pengosongan lambung untuk segera turun kebawah dan masuk kedalam usus. Maka dengan begitu, gak jarang lambungmu akan lebih cepat beristirahat dan memudahkan BAB saat kamu bangun pada esok paginya. Yang ingin mengguruskan berat badan dengan mengandalkan kelancaran pencernaan, maka kamu wajib untuk tidur dengan menghadap ke kanan.

9. Memang pelukan adalah sikap tubuh yang selalu menentramkan. Maka tidur dengan menggunakan bantal atau guling juga bisa membuat tidurmu lebih nyaman.

Tidur menggunakan guling via rebirthwellnessblog.com

Dulu, awalnya guling hanya digunakan oleh para penjajah dari Inggris yang datang ke Indonesia tanpa para istrinya. Karena jauh dari para istrinya, maka dibuatlah sebuah guling agar tidur lebih nyenyak. Hingga kini, ternyata benda satu ini secara ilmiah memang bisa membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas. Bantal atau guling yang bersih dan empuk bisa membuat rasa nyaman dan tenang saat akan mulai terlelap. Selain itu, apapun posisinya, menambahkan beberapa batal sebagai ganjal juga bisa membantu menyempurnakan tidurmu agar lebih lelap. Bantal besar bisa kamu tumpuk dibawah kaki bisa menghilangkan bengkak kaki karena seharian duduk di kendaraan. Bantal kecil juga bisa kamu tumpuk dipunggungmu saat sakit menstruasi datang, guling yang bisa kamu peluk saat tidur posisi miring juga bisa membuatmu lebih nyenyak. Agar efek bisa teercapai, pastikan bantalmu bersih dan empuk ya…

Nah, sudah jelas ‘kan? Ternyata dibalik setiap posisi tidur juga menyimpan rahasia medis yang bermanfaat untuk tubuhmu. Jadi, jika kamu ingin istirahat dengan lebih maksimal, nyenyak, dan berkualitas, maka kamu wajib paham posisi tidur seperti apa yang kamu butuhkan. Karena tidur merupakan ritual penting untuk membuatmu menjadi segar kembali, pastikan kamu tidak salah posisi ya.

Selamat mencoba.