Sebagai anak kost yang mengalami long distance relationship (LDR) dengan orangtua, kamu dilatih untuk mandiri dan disiplin. Beruntung bagi kamu yang dulunya pernah asrama atau pesantren, makanannya harus saling berbagi dengan teman dan mendapat porsi yang sedikit. Hal itu membuat kamu terbiasa dengan hidup sulit dan saling berbagi. Tapi kalau belum pernah tinggal jauh dari orangtua, inilah saatnya kamu melatih diri agar terbiasa.

Menjadi anak kost identik dengan hidup hemat, bahkan kalau bisa kamu sendiri yang membiayai kebutuhan sehari-hari.

Berusaha semaksimal mungkin untuk mandiri memang harus dari kamunya yang pintar mengatur pengeluaran, salah satunya yaitu makanan. Kira-kira makanan apa aja ya yang bisa jadi alternatif? Hipwee punya ulasannya nih, simak yuk!

Gak ada yang mengalahkan murah meriahnya nasi goreng tek-tek

nasi goreng tek-tek via www.serbabandung.com

Nasi goreng tek-tek terkenal dengan wanginya yang menggugah selera makan dan harganya yang murah. Dibandrol sekitar 8-15 ribu, kamu bisa makan sepuasnya dengan porsi yang cukup besar. Kalau makanmu cuma sedikit, porsi mungkin terlalu banyak, daripada mubazir kamu bisa simpan lagi untuk dimakan kembali saat lapar menghampiri.

Advertisement

Bagusnya memesan nasi goreng dengan telur sebagai penyempurna menu makanmu. Jadi, nggak hanya kaya karbohidrat aja yang mengenyangkan, tapi juga protein yang baik untuk tubuh. Belum lagi diberi kerupuk untuk memperlezat nasi gorengmu, kurang apa enaknya?

Menu sarapan gak melulu bubur. Coba tengok ke nasi uduk yuk!

nasi uduk bungkus via ceritaperut.com

Kalau lagi krisis keuangan, sarapan bubur seharusnya kamu hindari karena harganya yang nggak worth it dengan rasa kenyangmu. Namanya juga bubur, nasi yang diberi air, jadi mohon maaf aja kalau nggak memuaskan perut.

Alternatifnya adalah sarapan nasi uduk. Nasi uduk cukup mengeyangkan karena porsi nasi dan lauknya. Memang terdapat penambahan harga kalau kamu meminta lauk lainnya juga, tapi rasa dan kandungan gizinya nggak merugikan kok. Harganya yang masih wajar, Rp5000-15.000, membuatnya bolehlah sekali-kali dicoba.

Kalau lagi bosan makan nasi, ada baiknya beli ketoprak

Nggak memungkiri suatu hari kamu dilanda rasa bosan makan nasi, kepingin mie atau makan lontong lah. Nah, karena makan mie itu kurang baik bagi kesehatan, sebaiknya kamu memilih alternatif lain yang cukup mengeyangkan yaitu ketoprak. Dengan harga sekitar Rp8000, kamu udah dapat porsi yang cukup banyak dengan lauknya yaitu tahu dan bihun. Belum lagi bumbu kacangnya yang membuat semangat makanmu semakin lahap.

Makan siang itu gak boleh dilewatin. Tempe, tahu, dan tumis kangkung pilihan oke sebagai menu siangmu

kenyang dan bergizi kok makan kangkung pakai tempe via bethefoodie.com

Gue laper banget nih dan pingin makan enak, tapi duit tipis

Makan nasi plus tempe dan tumis kangkung juga udah kenyang kok. Butuh banyak protein gak mesti makan daging, keleus.

Makan siang itu penting banget dan haram hukumnya dilewatin. Hal ini karena pada siang hari kamu membutuhkan tenaga untuk beraktivitas, mulai dari fisik yang bekerja hingga pikiran juga. Beragam aktivitas yang kamu lakukan di siang hari perlu diimbangi dengan asupan makanan. Gizi yang baik nggak harus daging dan telur, kamu bisa memilih tempe atau tahu sebagai menu makan siang. Tapi jangan lupakan sayur ya biar seimbang gizinya. Belum lagi harganya yang bersahabat sama kamu, kalau pintar cari warteg, syukur deh dapat Rp8000 di zaman sekarang ini ;p

Yang gak suka tempe, tahu, dan tumis kangkung, bisa pilih alternatif lainnya: telur dengan sayur sop

sup telur puyuh via selerasa.com

Bu, saya mau telur balado itu. Eh, salah deng. Telur dadar aja. Eh maaf Bu, telur balado aja deh.

Lah? Pilih makanan aja galau banget, Mbak.

Hehe, iya Bu. Soalnya kalau telur balado udah sekalian sama cabainya, jadi nggak perlu beli sambal lagi. Maklum Bu, anak kos.

.

Khasiat telur bagi tubuh udah nggak perlu diragukan lagi. Kandungan proteinnya yang tinggi sangat bagus untuk pertumbuhan. Apalagi kalau dikonsumsi dengan sayur sop, udah nggak paham lagi deh sehat dan lezatnya. Sayur sop sendiri kaya akan vitamin lho karena terdiri dari wortel, buncis, kol, dan seledri. Belum lagi tambahannya seperti kentang dan kuah sopnya sendiri dari kaldu daging.

Lagi musim hujan memang paling enak makan yang berkuah, kayak bakso misalnya

makan bakso panas-panas pas lagi hujan? hmm…. via berrykitchen.com

Kayaknya nggak ada yang mengalahkan posisi bakso di tempat pertama sebagai makanan yang paling diinginkan saat hujan turun ya. Lagi dingin-dingin, terus makan yang kuahnya masih panas itu top banget. Tambahan sawi, seledri, bawang goreng, dan sambalnya menjadi makanan khayalanmu di musim hujan deh. Daripada keburu ngiler, mendingan langsung aja segera beli bakso mumpung Indonesia lagi musim hujan nih.

Bakso bisa dinikmati dengan nasi lho, jadi nggak ada alasan kamu nggak kenyang pas ngebakso. Belum lagi bakso sekarang yang isinya macam-macam, ada telur, keju, dan lain-lain yang pastinya bikin kamu semangat 45 memakannya. Oh iya, kalau soal harga bakso merakyat kok 😉

Mau nyemil tapi nyemil yang kenyang. Ada gorengan kok yang setia menanti

gorengan via iwaralaba.com

Nyemil apa ya yang enak?

Gorengan aja. Beli yang panas-panas, bisa tahu, tempe, bakwan, molen, lagian bisa juga dijadiin lauk buat makan ntar malam. Lumayan ngehemat kan?

Yup benar banget! Nyemil gorengan, apalagi kalau masih panas-panas rasa nikmatnya nggak ada yang mengalahkan. Nggak cuma satu jenis aja, tapi ada banyak, mulai dari tempe, tahu, bakwan, pisang molen, dan singkong. Tahu, tempe, dan bakwannya bisa dijadikan lauk lagi, tinggal kamu berikan tambahan sayur, jadi deh. Harganya juga nggak usah ditanya, murah banget. Lagi pula gorengan mudah ditemui di mana-mana, nggak perlu pusing deh mencarinya.

Dompet tipis dan status sebagai anak kost nggak berarti kamu harus setiap hari makan cuma 1-2 kali. Kamu masih bisa makan normal 3 kali sehari dengan kandungan gizi yang baik. Ikuti aja saran-saran Hipwee di atas! Selamat berhemat dan hidup sehat!