Pasti kamu udah familiar banget dong dengan batagor dan siomay? Yup, kuliner yang biasa menjadi cemilan ini rasa lezatnya memang top banget. Kelezatannya semakin bertambah dengan lumuran sambal bumbu kacang. Bisa dibilang makanan apapun kalau menggunakan sambal bumbu kacang pasti kenikmatannya semakin-makin bertambah deh.

Nah, terus makanan apalagi dong yang pakai sambal bumbu kacang?

Nggak cuma makanan berupa cemilan aja, banyak kok makanan berat yang bisa kamu sandingkan dengan nasi. Simak yuk bahan-bahan dan cara membuat setiap makanan yang menggunakan sambal bumbu kacang ini. Sebagai calon istri nantinya, kamu wajib banget mencobanya nih!

 

1. Menghidangkan sayuran nggak terbatas hanya dengan tumisan atau berkuah aja kok, bisa juga dengan sambal bumbu kacang. Pasti anak-anakmu nanti mau makan sayur deh.

Gado-gado super pedas via www.resepmasakanindonesia.me

Advertisement

Biasanya anak-anak kurang suka sayuran nih. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih gado-gado supaya mereka bersemangat makan sayurnya. Kayak gimana ya membuat gado-gado? Langsung aja yuk simak!

Bahan-bahan:

  • 200 gr kentang, direbus, lalu digoreng dan dipotong-potong
  • 100 gr tahu putih
  • 100 gr tempe
  • 8 lembar daun selada, disobek-sobek
  • 1 buah ketimun, diiris tipis
  • 50 gr tauge, diseduh
  • 100 gr kol, diiris kasar, lalu direbus
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Perendam (aduk rata):

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Bahan Saus:

  • 200 gr kacang tanah kulit, digoreng, lalu dihaluskan
  • 3 lembar daun jeruk, tulangnya dibuang
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 ¼ sdt garam
  • 50 gram gula merah, disisir halus
  • 600 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 2 buah cabai merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 4 cm kencur
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt terasi goreng

Bahan Pelengkap:

  • 3 sdm bawang merah goreng untuk taburannya
  • 100 gr kerupuk kanji
  • 100 gram emping goreng
  • 2 buah tomat, diiris-iris
  • 3 butir telur rebus, dipotong-potong

Cara Membuat:

  1. Langkah awal kamu dapat merendam tempa dan tahu dalam bahan perendam. Setelah direndam, goreng hingga matang lalu potong-potong.
  2. Untuk saus, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga wangi. Tambahkan kacang tanah dan kecap manis, kemudian kamu aduk rata dan masukkan santan, garam, serta gula merah. Masak sampai mendidih.
  3. Potongan-potongan kentang, tahu, tempe, daun selada, ketimun, tauge, dan kol ditata di piring, lalu tuangkan sausnya.
  4. Kemudian taburi bawang merah goreng dan saikan dengan pelengkap sesuai seleramu.
  5. Gado-gado buatanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://lezatbanget.com/resep-cara-membuat-gado-gado-enak-lezat-banget/

Menghidangkan gado-gado memang enak banget kalau pas lagi akhir pekan nih. Saat keluarga sedang berkumpul di rumah, wah jadi nggak sabar untuk mencoba!

2. Kalau udah gado-gado, pasti penasaran dong sama karedok. Bedanya apa ya?

Karedok yang menggoda iman via resepcaramasak.com

Mungkin kamu suka sulit membedakan antara gado-gado dan karedok. Tampilannya yang nggak jauh beda dengan bahan-bahan yang mayoritas dari sayur-sayuran juga memang membuatmu jadi sulit membedakannya. Biar nggak penasaran, yuk perhatikan resep karedok berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 150 gr kacang panjang, dipotong-potong 1 cm
  • 150 kol, dibuang tulang daunnya, dicincang kasar
  • 150 tauge, dibuang bagian ekornya
  • 150 gr mentimun, dipotong dadu ½ cm
  • 3 buah terong bulat, bagi 2 bagian, diiris tipis
  • 75 gr daun kemangi, petiki daunnya

Bumbu:

  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 cm kencur
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt terasi bakar
  • 100 gr gula jawa, disisir
  • 250 gr kacang tanah sangrai
  • 1 sdm jeruk limau
  • 75 ml air matang

Cara Membuat:

  1. Untuk bumbunya, ulek cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, kencur, garam, terasi, dan gula jawa sampai halus.
  2. Masukkan kacang tanah secara bertahap sambil terus mengulek sampai halus.
  3. Tambahkan air jeruk limau dan air matang, aduk hingga rata.
  4. Masukkan sayuran ke dalam cobek, lalu aduk rata.
  5. Karedok siap disajikan deh!

Resep ini diambil dari: http://resepmama.com/karedok

Nah, gimana? Sekarang udah tahu dong letak perbedaannya di mana? ;D

3. Ada lagi nih yang gak kalah nikmatnya untuk mengenyangkan perutmu. Yup, pecel Madiun memang juaranya.

Pecel Madiun untuk sarapan. Nyam~ via 2.bp.blogspot.com

Siapa hayo yang mampu menolak pecel Madiun? Makanan yang biasa menjadi menu sarapan keluarga ini memiliki cita rasa yang enak banget. Makanya, nggak salah kalau kamu suka ketagihan untuk memakannya lagi.

Bahan Sayuran:

  • 100 gr tauge atau kecambah direndam air panas mendidih sekitar 5 menit
  • 2 ikat kecil kacang panjang, direbus hingga matang
  • 1 ikat petai cina yang mentah
  • 2 ikat bayam, direbus atau dikukus
  • 10 buah bunga turi, dikukus
  • Sayuran lainnya sesuai selera: kol, kangkung, sawi, dan lain-lain yang direbus.

Bahan Sambal Pecel:

  • 5 buah cabai rawit merah, sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • ½ cm kencur
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
  • 4 lembar daun jeruk purut

Pelengkap:

  • Kering tempe
  • Serundeng kepala
  • Rempeyek atau lempeng

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, goreng kacang tanah sampai matang. Saat menggorengnya, selalu diaduk-aduk agar tidak gosong. Kamu dapat mengangkatnya setelah kacang berwarna sedikit kecoklatan.
  2. Kemudian, tumbuh kacang tanah goreng bersama dengan cabe rawit merah, kencur, bawang putih, daun jeruk purut, garam, dan gula pasir sampai halus.
  3. Selesai deh. Kamu bisa menyajikannya secara terpisah dengan lauk.

Resep ini diambil dari: http://saelekko.com/rahasia-resep-bumbu-nasi-pecel-madiun-asli/

Bahan-bahan sayuran yang digunakan pada pecel Madiun ini sesuai selera. Ciri khas dari pecel Madiun ini ada pada sambal bumbu kacang yang ada jeruk purutnya. Selamat mencoba ya!

4. Kalau tadi serba sayuran, kali ini sedikit berbeda. Ketoprak, makanan favorit sejuta umat.

Ketoprak bikin kenyang dan senang. via www.touristnyasar.com

Selama ini mungkin kamu sering menyantap ketoprak yang dijual di pinggir-pinggir jalan atau sama abang-abang keliling sekitar rumah. Sesekali penasaran dong cara membuat seperti apa. Simak yuk berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 buah ketupat, dipotong dadu sedang
  • 1 buah tahu putih goreng, dipotong dadu kecil
  • 100 gr bihun yang sudah direbus
  • 100 gr tauge, bersihkan, dan direndam dalam air hangat
  • ½ buah timun, diiris tipis
  • 1 buah telur ayam rebus, dipotong 2 bagian
  • Emping goreng atau kerupuk
  • Kecap manis secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya

Bahan Bumbu Kacang:

  • 200 gr kacang tanah goreng
  • 3 sdm gula merah, disisir halus
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air asam jawa
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat bumbu yang dihaluskan, pertama-tama ulek kacang tanah goreng, gula merah, cabai rawit, bwang putih sampai halus. Lalu tambahkan garam, air asam jawa, dan air matang secukupnya, kemudian ulek lagi sampai bumbu kacang halus. Setelahnya lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya kamu dapat menyiapkan piring untuk tempat ketupat, tahu, bihun, tauge, dan timun. Setelahnya tuangkan bumbu kacang yang sudah dihaluskan ke atas piring.
  3. Letakkan potongan telur ayam rebus, emping, dan bawang goreng di atas ketoprak dan tambakan kecap manis.
  4. Ketoprak buatanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://www.resepumi.com/resep-ketoprak.html

Membuat ketoprak mudah banget kan? Porsi jumbo yang kamu dapat saat beli di abang-abang mungkin saat membuat sendiri bisa disesuaikan dengan selera.

5. Jangan mengaku penggemar tahu kalau kamu belum mencoba tahu tek asal Surabaya ini.

Lezatnya tahu tek Surabaya… via tempatberwisatamurah.com

Jawa Timur memang patut diperhitungkan tentang keragaman dan cita rasa kulinernya. Gak cuma pecel Madiun aja yang berhasil membuatmu selalu semangat makan, tapi juga tahu tek asal Surabaya nih. Segera simak yuk bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 buah tahu putih, di potong-potong di goreng
  • 1 sdt garam
  • 2 butir telur ayam

Bahan Halus:

  • 1 sdt garam
  • 2 sdm kacang tanah goreng
  • 2 buah cabai rawit (Sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih di goreng
  • 1 sdm petis udang
  • 2 sdm kecap manis
  • Air secukupnya
  • Gula merah (secukupnya)

Bahan pelengkap tahu tek:

  • Bawang merah goreng
  • Seledri iris halus
  • Daun bawang iris halus
  • Tauge pendek di seduh air panas
  • Kentang (direbus)
  • Timun
  • Lontong
  • Kerupuk

Cara Membuat:

  1. Pertama, kamu dapat mengocok telur dengan menambahkan garam dan merica sampai rata. Lalu campurkan irisan tahu dengan telur, kocok lagi hingga rata.Bagi menjadi 4 bagian, kemudian goreng menjadi dadar sampai matang di kedua sisinya. Kemudian angkat.
  2. Selanjutnya haluskan semua bumbu, lalu beri sedikit air.
  3. Untuk menyajikannya, susun bahan-bahan di atas piring dengan lontong, telur dadar, kentang, tahu, timun dan tauge. Siram menggunakan bumbu kacang
  4. Sajikan dengan menambahkan taburan bawang goreng dan kerupuk diatasnya.
  5. Tahu tek buatanmu siap disajikan deh!

Resep ini diambil dari: http://dapuresep.com/resep-dan-cara-membuat-tahu-tek-khas-kota-surabaya/

6. Kalau tadi udah Jawa Timuran, sekarang ke Jawa Tengah yuk. Ada tahu gimbal khas Semarang yang juga menggunakan sambal bumbu kacang lho.

Tahu gimbal khas Semarang, pas di segala suasana. via log.viva.co.id

Tahu memang lezat dinikmati dengan sambal bumbu kacang. Makanya, nggak salah deh kalau berbagai daerah di Indonesia menjadikan tahu sebagai menu yang dilumuri dengan sambal bumbu kacang.

Bahan-bahan:

  • 1 buah tahu cina, potong 2×2 cm
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr kol, diiris tipis, seduh sampai layu
  • 2 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan
  • 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • Kerupuk udang kecil untuk pelengkap
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Gimbal Udang :

  • 300 gr udang, dikupas
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 butir telur, dikocok lepas bubuk
  • 150 ml air

Bahan Saus (per Porsi):

  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt petis
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 30 gr kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
  • 2 sdt kecap manis
  • 2 sdt air asam jawa
  • 75 ml air

Cara membuat:

  1. Kamu dapat merendam tahu dahulu dalam air dan garam. Diamkan 5 menit lalu goreng sampai matang. Setelahnya, kamu sisihkan.
  2. Untuk gimbal udang, aduk tepung terigu, tepung beras, garam, merica bubuk, dan air. Tambahkan telur dan aduk rata, lalu masukkan udang dan aduk rata lagi. Ambil 1 sendok sayur adonan. Goreng sampai matang. Kemudian sisihkan.
  3. Untuk membuat sausnya haluskan cabai rawit, petis, bawang putih, gula merah, dan garam. Masukkan kacang tanah, ulek rata. Tambahkan kecap manis, air asam, dan air sambil diulek rata.
  4. Tata potongan tahu, kol, dan gimbal udang. Siramkan saus, taburi seledri dan bawang goreng. Sajikan bersama kerupuk udang.
  5. Selesai deh tahu gimbal buatanmu ini.

Resep ini diambil dari: http://resepcaramemasak.info/cara-membuat-resep-tahu-gimbal-khas-semarang-enak/

Jadi, nggak perlu sampai ke Semarang kan untuk menikmatinya? Tinggal membuat sendiri di dapur juga bisa kok. ;D

Nah, terbukti kan kalau sambal bumbu kacang nggak cuma bisa dinikmati sebagai saus untuk cemilan aja. Sambal bumbu kacang juga bisa kok sebagai menu berat yang disandingkan dengan nasi. Jadi, menu yang dihidangkan di meja makan keluarga masa depanmu nanti semakin beragam deh. Selamat mencoba! 🙂