Selain harganya yang terjangkau, telur juga mudah dicari dan diolah. Wajar dong kalau telur jadi salah satu makanan dengan kandungan protein yang bisa kamu andalkan untuk mencukupi kebutuhan gizi serta kalori sehari-hari. Apalagi saat bulan puasa nanti, telur bisa jadi penyelamat saat kamu telat bangun sahur dan bingung mau makan pakai apa. Telur tinggal ceplok atau dadar, nggak ada 5 menit juga sudah jadi dan bisa dilahap.

Tapi, kalau kamu pengen menu puasamu lebih seru, Hipwee punya loh beberapa olahan telur tak biasa yang cocok buat menu buka atau sahur. Penasaran apa aja? Yuk langsung disimak, Pssttt…. Jangan lupa juga ya buat dicatat.

1. Tamagoyaki, telur dadar ala jepang yang bisa untuk menu sahur ataupun buka puasa. Asyik kan!

Telur dadar ala Jepang ini agak beda dengan telur dadar biasa yang sering kamu buat. Bedanya terletak pada bentuknya yang digulung dan tengah-tengah gulungan telur yang bisa saja kamu tambahkan bahan lain, mulai dari wortel, sosis, ayam, ikan, nori, sampai dengan mozzarella atau keju quick melt. Bagaiaman jadi pengen cepat nyoba kan? Langsung yuk sist….

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 siung bawang putih cincang halus
  • 1 batang daun bawang Rajang halus
  • ½ teh merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Margarin atau minyak sayur untuk mengolesi teflon
Advertisement

Isi gulungan: ((sesuai selera)) bisa worte atau sayuran lain yang kamu suka, lalu di campur sosisatau ikan, atau cukup beberapa lebar nori dan keju.

Cara membuatnya:

  1. Kocok telur dengan semua bumbu sampai tercampur rata, sambil menyiapkan teflon persegi.
  2. Tuang adonan telur tadi ke dalam teflon dan ratakan.
  3. Saat telur dadar sudah mulai ke kuningan, gulung di ujungnya, lalu letakkan nori diseluruh permukaan telur dan potongan keju di samping ujung gulungan. Bari kamu mulai gulung kembali sampai dengan ujung berikutnya.
  4. Anggkat telur jika permukaannya sudah kuning kecokelatan.

Sebelum disajikan, jangan lupa dipotong-potong ya gulungan telurnya. Hmmmm yummy….

Resep asli dari shizuokagourmet.com

2. Omelet gulung isi nasi, supaya buka puasa nggak cuma nasi putih sama telor ceplok biasa.

Omelet isi nasi yang Juga dari negeri sakura via www.lafujimama.com

Resep masakan yang satu ini masih sama dari negeri sakura. Sebenarnya telur dadar sama omlet itu sama, bedanya cuma di namanya aja kok! Hehehe. Nah, kalau tadi telurnya digulung sama lauk pauk lain, kalau sekarang telurnya di gulung sama nasi. Penasaran bagaimana buat omlet gulung isi nasi ala Omurice dari Jepang? Nih, resepnya….

Bahan:

  • 200 gram nasi putih
  • 1 buah sosis rasa ayam atau sapi, iris bulat sesuai selera
  • 1 sendok makan kacang polong
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombay cincang kasar
  • 1 buah cabai merah, iris tipis
  • 1 sendok teh kecap manis
  • Garam dan merica
  • Minyak goreng

Bahan telur omlete:

  • 3 butir telur ayam
  • Garam dan merica secukupnya
  • Mentega atau minyak goreng secukupnya
  • Saus tomat, sambal atau mayonaise untuk toping juga hiasan

Cara Membuat Nasi Goreng:

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan sosis, kacang polong dan cabai merah, aduk rata. Lalu Tuang nasi ke dalam wajan. Tambahkan garam dam merica sesuai selera. Masak hingga bumbu tercampur rata dan matang. Angkat, sisihkan.

Cara membuat kulit omlete:

  1. Kocok telur, garam, dan merica hingga mengembang. Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama rata.
  2. Panaskan minyak diatas telfon datar. Kemudian tuangkan 1 bagian adonan telur dan ratakan. Masak hingga matang dan angkat telur tersebut. Ulangi proses yang sama berulang kali hingga adonan telur habis.
  3. Ambil 1 lembar telur dadar. Letakan 1/3 bagian nasi di atas permukaan telur. Gulung dan rapatkan seperti omelet. Ulangi bagian ini sampai telur dan nasi habis.

Sajikan Omurice ini pakai saus tomat, sambal atau mayonnaise sesuai selera kamu ya, gais.

3. Kamu yang suka sayuran bisa coba telur orak-arik bayam yang ditambah keju quick melt.

telur orak-arik via www.bonappetit.com

Kamu yang suka banget sama sayuran dan pengen puasanya lebih segar dengan mencukupi kebutuhan serat. Berarti kamu harus coba telur orak arik bayam yang ditambah keju quick melt. Bayangin aja bagaimana lembut pulus gurihnya keju lumer di mulut kamu. Duh jadi nggak sabar mau mencoba…. 🙂

Bahan:

  • 2 butir telur
  • Garam dan merica
  • Mentega atau minyak sayur
  • Bayam sesuai selera
  • 2-3 sendok parutan keju (bisa keju biasa, bisa keju quick melt, mozzarella, atau parmesan)
  • Cabai merah atau hijau besar iris kasar-kasar

Cara Membuatnya:

Kocok telur yang sudah ditambahi garam dan merica bubuk. Panaskan mentega atau minyak sayur di teflon dengan api sedang. Masukkan bayam masak sampai sedikit layu sekitar 1 menit. Masukkan telur dan aduk-aduk secukupnya. Setelah 1 menit, masukkan keju dan irisan cabai. Aduk kembali sampai semua bahan menyatu dan keju cukup lumer.

Nah, jangan lupa sajikan ini selagi hangat ya! Biar lelehan kejunya benar-benar kerasa di mulut gitu. Oke?

4. Stick telur goring krispi camilan kriuk-kriuk yang bisa menemani kamu bersantai setelah sholat tarawih.

telur kriuk-kriuk via jiviechannel.com

Biasanya selepas tarawih perut kamu rasanya lapar lagi. Pengen makan tapi nggak pengen makanan berat, supaya nanti pas sahur tidak terlalu kenyang. Pas banget nih, kamu bisa coba kudapan dari telur yang satu ini. Lumayan kriuk-kriuknya bisa nemenin santai sambil kumpul sama keluarga atau teman. Yuk dicoba!

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung tapioca
  • 1 bungkus mie kering
  • Garam dan merica
  • 1 siung bawang putih halus
  • Air
  • Saus cabai

Cara memasaknya:

Telur digoreng dadar kemudian dilumuri adonan yang berisi tepung terigu, tepung tapioka, garam, air, bawang putih halus, dan mie kering yang dihancurkan. Kemudian telur ini digoreng hingga matang. Telur Goreng Krispi Kriuk-Kriuk dapat disajikan dengan menggunakan saus cabai.

5. Roti panggang telur keju, perpaduan yang nggak hanya sandwich melulu.

telur roti panggang keju via kumpulan-resep-ok.blogspot.co.id

Roti, telur dan keju nggak cuma dibuat sandwich aja. Ketiga perpaduan itu bisa kamu panggang dan menjadi kudapan gurih yang pas untuk camilan yang nggak kalah kriuk dari menu sebelumnya. Tenang cara membuatnya pun mudah seperti halnya sandwich. Bahan-bahan yang kamu butuhkan cuma roti tawar atau gandum, telur, merica, garam, mentega dan keju. Sedangkan cara membuatnya, lihat petunjuk di bawah ini ya.

  1. Pipihkan bagian tengah roti tawar atau gandum dengan bentuk segiempat menggunakan sendok, bumbui dengan merica dan garam.
  2. Pecahkan telur dan dan letakkan di tengah bagian roti tawar, bumbui
  3. Oleskan butter di sekeliling roti tawar, taburkan parutan keju
  4. Panggang kurang lebih 10 menit atau hingga roti kecoklatan. Sajikan deh, mudah kan?

Resep diadaptasi dari blog Kumpulan Resep Oke

6. Atau kamu juga bisa coba Pizza telur sosis yang asyik buat camilan atau menu sahur.

Bikin kudapan telor ala-ala pizza kayaknya seru ya. Apalagi kalau kudapan itu nggak cuma bisa dijadikan camilan, tapi juga bisa sebagai menu sahur andalan. Urusan rasa, pastinya bisa bikin kamu ketagihan. Yuk langsung contek resep di sini!

Bahan:

  • 3 buah telur rebus, potong
  • 6 buah roti burger
  • Tomat, potong sesuai selera
  • 3 buah sosis, potong kecil
  • Minyak zaitun
  • Keju mozarella, parut
  • Bubuk oregano
  • Garam secukupnya
  • Mentega secukupnya

Cara membuat:

  1. Panggang roti burger yang sudah diolesi dengan mentega hingga kecoklatan.
  2. Lumuri dengan minyak zaitun, lalu tumpuk tomat, potongan telur rebus, sosis dan parutan keju mozarella.
  3. Taburi dengan bubuk oregano dan sedikit garam.
  4. Panggang sekitar 5 menit hingga keju lumer.
  5. Sajikan dengan saos

Bagaimana udah dicatat belum resep-resep di atas? Atau jangan-jangan udah ada yang nyobain lagi. Semoga daftar resep yang Hipwee susun kali ini bisa membantu ya. Biar kamu nggak pusing juga menyiapkan sajian untuk puasa nanti.