Lupakan pemikiran bahwa buku mewarnai hanya untuk anak-anak. Orang-orang dewasa seperti kita ini juga punya buku mewarnai khusus orang dewasa! Buku yang juga biasa dikenal dengan coloring book for adults ini juga sedang hits — menjamur di toko-toko buku dan diunggah di berbagai media sosial. Alih-alih terlihat kekanak-kanakan, buku mewarnai orang dewasa justru bisa jadi wadah yang sehat untuk melepas stres setelah melakukan kegiatan yang melelahkan.

Kamu masih tidak percaya? Sudah banyak penelitian yang membahas tentang efektivitas terapi seni dalam mengurangi stres, dan salah satunya adalah dengan mewarnai. Lebih lanjutnya, simak pemaparan Hipwee di bawah ini yuk!

Ada beberapa pola mewarnai yang terkenal, pastikan kamu tahu ciri masing-masing

Pertama-tama yang perlu kamu ketahui adalah ada beberapa perbedaan antara buku mewarnai untuk anak-anak dan orang dewasa. Pola yang ada untuk orang dewasa jauh lebih kompleks dan sedikit abstrak ketimbang buku mewarnai yang sering kamu lihat semasa kecil.

1. Mehndi Designs

Ciri dari Mehndi Designs via www.donteatthepaste.com

Advertisement

Burung-burung dan kupu-kupu yang eksotis, dan kumpulan bunga-bunga, mehndi designs menawarkan berbagai tantangan yang menarik.

Berasal dari seni kuno henna body painting, banyak pola yang mencolok berdasarkan pada budaya tradisional India, Afrika, dan Timur Tengah.

Setiap pola yang ada juga menjadi cara yang efektif dan menyenangkan untuk bersantai dan mengurangi stres.

2. Nature Mandalas

Penuh dengan nuansa alam adalah ciri dari Nature Mandalas via www.selfcoloringpages.com

Seperti namanya, nature mandalas dibuat karena terinspirasi oleh alam, yang terlihat dalam desain melingkar yang menggabungkan daun, tanaman merambat dan pohon.

Ciri khas lain dari nature mandalas adalah desain geometris, seperti kubus, bintang, oval, segitiga, berlian dan bentuk lainnya.

Mengingat desainnya yang sedikit rumit, membuat nature mandalas ini dirancang untuk colorist yang sudah berpengalaman dan sudah memiliki jam terbang tinggi.

3. Steampunk Designs

Steampunk mengangkat tema zaman Victoria via www.huffingtonpost.com

Steampunk designs berdasarkan mode dari literatur steampunk yang menggabungkan era kejayaan Victoria dengan kacamata, jam, dan aksesoris yang khas.

Steampunk sendiri adalah subgenre fiksi ilmiah dan kadang-kadang fantasi yang menggabungkan teknologi dan desain estetika yang terinspirasi dari abad ke-19 di mana industri mesin bertenaga uap sedang berjaya.

4. Tessellation Patterns

Sedikit abstrak adalah ciri dari Tessellation via letscolorit.com

Tessellation patterns dipenuhi fitur bintang, motif geometris dan bentuk saling lainnya yang menantang colorist membuat ilusi optik dan efek tiga dimensi.

Dirancang khusus untuk colorist berpengalaman, tessellation patterns menawarkan sebuah ruang untuk melarikan diri ke dunia yang inspiratif dan pastinya artistik.

5. Whimsical Garden

Banyak bunga via www.craftsy.com

Pola dengan taman-taman imajinatif, desain yang lucu sehingga menginspirasi untuk menambahkan sentuhan khusus seperti ciri khas warna dan membuat keunikan tersendiri.

Whimsical Garden sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai kegiatan mewarnai maupun yang tidak ingin repot-repot mewarnai dengan pola yang rumit.

6. Art Nouveau Animal Designs

Desainnya agak rumit via freecoloringpages.co.uk

Terinspirasi oleh karya-karya MP Verneuil, Alphonse Mucha, dan master Art Nouveau lainnya, polanya sangat sesuai gaya dari Art Nouveau.

Ilustrasi gambarnya berupa pola angsa yang anggun, buruk merak, kupu-kupu, serta tanaman yang terdiri tanaman merambat, maupun bunga.

Bila kamu menyukai keindahan, maka pola ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

7. Creative Cats

Pola kucingnya lucu, ya via thecoloringpage.xyz

Buat pecinta kucing coba merapat!

Ini adalah pola yang cocok buat kamu yang senang dengan kucing, karena ada buku mewarnai khusus hewan yang lucu ini. Pola yang ada tidak hanya kucing saja, tapi juga pola kucing yang dipadupadankan dengan motif hati, bunga, dan berbagai pola lain. Kamu pasti jadi tidak sabar untuk mengambil pensil warna dan segera mewarnainya.

8. Fanciful Faces

Fanciful Faces via www.adultcoloringblog.com

Wajah manusia adalah fokus dari pola ini.

Berbagai versi wajah wanita dengan fantasi liar para desainernya, dibentuk oleh bunga, burung, hati, dan tokoh-tokoh fantasi dari sang desainer.

9. Floral Designs

Pola bunga yang abstrak via freecoloringpages.co.uk

Pola yang sederhana yang biasanya hanya didominasi bunga dan hati.

Desainnya sedikit surealistik.

Setiap pola yang ada, menjadi cara yang menyenangkan untuk waktu bersantaimu. Kamu pun bisa memilih-milih pola mana yang ingin dikerjakan lebih dulu.

10. Flower Fashion Fantasies

Menyerupai anime Jepang via colorine.net

Pola-pola cantik yang menyajikan model yang didominasi oleh bunga, daun, dan tanaman yang ilustrasinya sedikit rumit.

Ilustrasi dari flower fashion fantasies biasanya terinspirasi dari karya seni Jepang, Cina, dan India.

Mewarnai memang membuat kamu bisa menjadi lebih santai, tapi pastikan juga kalau pekerjaan yang sedang kamu kerjakan sudah selesai. Jangan sampai karena keasikan mewarnai, kamu sampai lupa tugas dan lupa waktu. Dan tidak usah memikirkan soal corak warna apa yang bagus, yang penting adalah kamu merasa nyaman dengan kegiatan yang membawa kepada memori kecilmu. Seru, ‘


kan? Semua gambar yang ada di sini juga printable, lho. 🙂