Hari wisuda adalah momen paling berharga bagi para mahasiswa. Selain merayakan keberhasilan menyelesaikan semua tantangan selama kuliah, wisuda juga menjadi momen dimana kamu akan memasuki hidup yang sebenarnya. Kamu dan teman-temanmu kerapkali memeriahkannya dengan saling berkirim bunga berisi ucapan atau boneka beruang yang menggunakan toga.

Nah, jika kamu ingin kadomu lebih terkenang bagi temanmu yang telah menyelesaikan studi. Maka kamu wajib memberikan sesuatu yang berbeda dari biasa. Tak melulu harus memberikan sebuket bunga atau boneka panda, berikut ini Hipwee berikan rekomendasi kado yang bisa kamu bikin sendiri! Dijamin mereka tak akan melupakan apa yang kamu suguhkan. Mau tahu apa aja? Simak baik-baik ya.

1. Setelah wisuda, sahabatmu belum tentu langsung dapat kerja. Cobalah memberinya “bekal” dengan menghadiahkan uang dalam pigura.

Bingkai uang untuk kado wisuda via www.alittlecraftinyourday.com

Kado wisuda tidak melulu bunga atau boneka panda. Karena sekarang kamu bisa coba kirimkan uang kertas dalam pigura. Tak perlu banyak-banyak, mungkin dua lembar uang Rp. 10.000-an atau Rp Rp. 20.000-an. Kamu tulis ucapan-ucapan nyeleneh seperti “dalam keadaan mendesak, pecahkan kaca” pada kertas pigura. Lalu kamu tempelkan dua lembar uangmmu di atasnya. Kado pigura ini membawa pesan bahwa kamu perhatian, karena sudah memberinya “bekal” untuk dia dimasa depan. Nah, gak jarang temanmu pasti akan heran dan tertawa saat menerimanya.

2. Dengan alasan yang sama, kalung bunga uang seribuan bisa jadi kado yang membuatnya bahagia

Kalung uang buat kado wisuda via lilluna.com

Advertisement

Wisuda adalah perayaan dimana kamu dan temanmu akan bersenang-senang dengan cara kalian sendiri. Memberikan kalung bunga mungkin hanya kamu temukan saat acara olimpiade atau perlombaan. Nah, agar acara wisuda makin meriah, sekarang kamu bisa memberinya selamat dengan kalung uang. Gak harus mengeluarkan uang banyak kok, cukup pecah saja uang yang kamu rencanakan untuk membeli bunga segar. Gulung pecahan uang seribuan itu menjadi bentuk bunga.

Caranya mudah dan murah kok. Ini bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  1. Uang seribuan
  2. Kertas HVS yang telah digunting seperti bentuk uang
  3. Lem Kertas
  4. Tali.

Nah caranya, pertama-tama kamu lipat uang kertas menjadi seperti bentuk kipas, lalu tambahkan sedikit lem agar lipatan kipas berbentuk seperti cakram. Lakukan hal yang sama pada kertas HVS yang sudah disiapkan. Lalu kamu masukkan tali pada uang yang sudah berbentuk cakram, dan diselingu dengan cakram kertas HVS. Jika sudah cukup penuh, lalu kamu ikat tali mati agar tidak mudah lepas. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek disini. Nah, dengan pemberian seperti ini, temanmu pasti akan bahagia dan merasa senang.

3. Cangkir yang berisi ucapan atau bergambar negara impian juga bisa kamu buat sendiri lho. Dengan kado seperti ini, dia akan tambah semangat mewujudkan mimpi.

Gelas gambar untuk dia yang sedang wisuda via www.theprospect.net

Hari wisuda memang hari yang paling dinanti-nanti para mahasiswa. Maka, kamu sebagai teman pasti akan memberikan kado selamat atas keberhasilannya. Nah, jika kamu ingin memberikan barang yang istimewa dan tidak terlalu mahal. Kamu bisa menambatkan hati pada cangkir polos yang kamu kreasi sendiri. Hanya dengan menggunakan spidol marker kamu bisa menuliskan ucapan selamat dengan tanganmu sendiri. Atau kamu bisa gambar peta negara yang selama ini paling ingin dia kunjungi. Setelah cangkirmu selesai ditulis atau digambar, kamu bisa segera masukkan dalam oven atau microwave selama 30 menit dalam suhu 176 ‘C. Dengan hadiah semacam ini, dijamin temanmu bisa menjadi lebih semangat untuk meraih masa depannya. Mau coba?

4. Jika ingin kado yang berbeda dari biasanya, kamu bisa berikan satu pot tamanan mini cup cake bertoga.

Satu cup coklat juga bagus untuk kado wisuda via www.celebrations.com

Kado wisuda dalam bentuk sebuket bunga sudah biasa kita temui. Saking seringnya, yang menerima bunga itu bisa lupa bunga-bunga yang diterimanya diberikan siapa saja. Jika kamu ingin memberikan kado spesial yang berbeda dari biasanya, maka kamu bisa berikan satu pot mini cupcake bertoga.

Bahan yang kamu butuhkan:

  1. Mini cupcake
  2. Biskuit
  3. Choki choki / pasta cokelat lainnya
  4. Permen berbentuk panjang (misalnya,permen Yupi berbentuk ular yang kamu potong menjadi kecil dan tipis)
  5. Chocochip
  6. Stik Permen
  7. Pot plastik

Caranya mudah kok, pertama-tama kamu bisa buat mini cupcake atau membuat sendiri dengan cara seperti ini. Lalu kamu tambahkan biskuit yang berbentuk coklat diatasnya dengan choki-choki sebagai lem. Lalu sematkan permen berbentuk panjang dan tambahkan choco chip diatasnya. Seteleh itu, pasang stick permen dan tancapkan pada pot yang telah diisi busa dihiasi dengan kertas warna. Nah selain gampang dalam pembuatannya, masih jarang orang yang membuat kado begini di Indonesia lho. Siapa tahu kamu jadi yang pertama.

Cara membuat mini cupcake buat wisuda via lilluna.com

5. Memberikan kalimat ucapan memang sudah biasa, tapi beda rasanya jika kamu mengemasnya dengan kertas kerton berisi snack ringan.

Papan pesan dari makanan via www.pinterest.com

Mengucapkan kalimat selamat dan semangat untuk ke depannya memang sudah menjadi hal yang biasa. Namun, kalimat ucapan menjadi mengagumkan jika kamu bisa mengemaskan dengan cara yang berbeda, misalnya kertas karton makanan ringan. Dengan memanfaatkan kata-kata dalam setiap kemasan jajanan, kamu bisa merangkai menjadi kalimat indah untuknya.

Nah, jika ada beberapa huruf dalam kemasan jajan yang ingin kamu hilangkan, kamu bisa menutupnya dengan kertas. Lalu gunakan anak panah agar kalimatmu bisa mudah dipahami. Lalu jangan lupa pasang lem yang kuat agar snack tidak mudah lepas dari kertas karton yang kamu gunakan. Ucapan selamat yang dikemas se-“niat” ini, pasti akan membuat dia terharu sekaligus kagum dengan pemberianmu.

6. Buat seru-seruan, kamu bisa buat botol berisi uang sebagai tanda bahwa jerih payahnya telah terbayar.

Setoples uang untuk masa depan via www.pinterest.com

Memberi kado wisuda tidak harus barang-barang mahal dan memberatkanmu yang mungkin masih wisuda. Kamu bisa menggunakan beberapa gulungan uang pecahan seribuan yang dikemas dalam botol selai. Caranya mudah kok, kamu cukup masukan kain perca atau pasir laut, lalu masukkan uang yang sudah digulung dan diikat dengan tali rotan. Setelah itu, hiasi tutup botol dengan renda atau manik-manik sesuai selera. Jangan lupa tuliskan pesan singkat yang nyeleneh, seperti “Kerja kerasmu sudah terbayar, ini ya bayarannya, seceng!” Alih-alih kamu benar-benar membayarnya dengan uang yang pantas, botol yang berisi uang seribuan justru mampu mengocok perutnya dan membuatnya jadi senang sekaligus terpana.

7. Agar kalian makin kompak, kamu bisa berikan dia kalung bertuliskan angkatan dan kampus kesayangan.

Kalung sebagai kenang-kenangan juga bisa kamu berikan via www.etsy.com

Wisuda itu artinya dia pergi dari kampus yang biasa kalian naungi bersama. tentu saja, terkadang ada rasa sedih yang kamu landa karena perpisahan ini. Nah, agar kalian makin kompak, maka sekarang kamu bisa memberikannya kado dalam bentuk kalung. Mungkin kamu bisa menambahkan ukiran tahun angkatan, nama kampus kesayangan, hingga pesan singkat padanya. Benda ini bisa kamu pesan dengan harga yang tidak terlalu mahal kok. Atau kamu bisa ukir sendiri dengan menggunakan pisau ukir serbaguna. Menarik ‘kan?

8. Selain enak untuk dimakan, cokelat yang kamu kemas dalam toples bertoga juga mudah untuk dibuat lho.

Coklat dalam toples bertoga jbisa jadi kado buat yang wisuda via craftingeek.me

Jika kamu ingin memberikan kado wisuda yang berbeda dari biasa, kamu bisa coba memberikan coklat yang dikemas dalam toples bertoga. Selain enak untuk dimakan setelah seharian berdiri untuk upacara, kado ini juga mudah dibuat lho.

Bahan yang kamu butuhkan:

  1. Toples berukuran kecil
  2. Kertas karton berwarna hitam
  3. Lem alteco
  4. Tali
  5. Pita.

Nah, caranya, pertama-tama kamu potong kertas karton sesuai dengan lingkar tutup botol. Setelah itu, potonglah kertas karton dalam bentuk segiempat. Lalu, pasangkan pada tutup botol dengan lem. Setelah itu, buatlah malai dengan tali yang sudah tersedia dan pasang dengan lem alteco. Agar terlihat lebih cantik, kamu pasangi pita di bagian leher botol dan jangan lupa sertakan pesan kecil dalam kertas yang digulung. Selengkapnya kamu bisa perhatikan di sini. Untuk membuat kado yang unik, ternyata gak susah ‘kan?

9. Agar perjuangannya mencari pekerjaan berjalan lancar, kamu bisa hadiahi stopmap kulit buatan sendiri.

Stopmap buatan sendiri via www.designsponge.com

Aktivitas selepas wisuda seringkali diisi dengan mencari kerja. Sebagai teman yang baik, kamu bisa juga menghadiahinya stopmap yang kamu buat sendiri. Tenang, gak susah kok.

Bahan yang kamu butuhkan:

  1. Kain berbahan kulit
  2. Penggaris
  3. Cutter
  4. Alat pembuat lubang
  5. Jarum kulit
  6. Benang
  7. Lilin

Untuk membuat stopmap dalam ukuran besar, pertama-tama kamu potong lipatan kain dalam ukuran 29 x 18 cm menggunakan cutter. Lalu buatlah lubang dengan alat, setelah itu masukan jarum yang telah dipasangi benang. Dan jahitlah dengan pola jeluur dari dua arah. Setelah selesai dijahit, kamu rapikan dengan api yang kamu nyalakan dari lilin. Selengkapnya kamu bisa ikuti intruski gambar di sini. Nah, mudah dan simpel ‘kan? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk teman tersayang.

Wisuda adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi mahasiswa. Namun, terkadang hal ini juga menjadi momen yang membuat haru karena harus berpisah dengan teman-teman. Agar kamu dan dia tetap merasakan kebahagiaan di balik keharuan, kamu harus memberinya kado yang berbeda dari biasanya dan bisa kamu buat sendiri. Misalnya saja 9 jenis kado di atas.

Selamat mencoba.