Menjadi seorang mahasiswa adalah pengalaman seru, di mana tiap prosesnya merupakan perjalanan nggak terlupakan. Selain wisuda, menjalani pendadaran atau sidang skripsi menjadi momen menegangkan yang nggak pernah terlupakan. Bagaimana tidak? Jatuh bangun yang dijalani dengan segala lika-liku yang terjadi; mulai dari penolakan oleh dosen pembimbing, revisi berulang-ulang hingga panik file skripsi yang hilang atau terhapus.

Nah, jika biasanya kamu hanya mengindahkan momen wisuda saja untuk memberi hadiah ke temanmu, kenapa nggak kamu manfaatkan momen sidang skripsi untuk memberi sesuatu sebagai simbol ucapan selamat dan perayaan kecil-kecilan? Biar nggak cuma menunggunya di luar ruangan saja, coba berikan benda-benda unik dan lucu yang sudah Hipwee Tips rangkum berikut ini. Lumayan juga buat foto bareng, kok!

1. Mahkota bertuliskan ‘lulus’ atau crown dengan desain lucu bisa kamu siapkan untuk dipakaikan di kepala temanmu usai pendadaran

mahkota lucu via www.topsy.fr

Hampir semua mantan mahasiswa mengalami kepala panas dan ‘berasap’ saat berada di dalam ruangan sidang. Nah, buat menghibur temanmu yang lega tapi pusing usai pendadaran, coba buatkan mahkota kreasi dari kertas bertuliskan ‘lulus’. Sematkan ke kepalanya saat ia keluar dari ruangan.

2. Selempang nama plus gelar bakal jadi penghargaan yang meski sederhana tapi bernilai. Eh, kamu juga bisa bikin dengan tulisan lucu lainnya

selempang nama via selempanghits.com

Advertisement

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan selempang nama yang sering diberikan sebagai kado wisuda. meski terkesan mainstream, selempang nama ini masih diminati hingga sekarang, kok. Biar sedikit berbeda, coba kamu beri tulisan unik seperti “Lulus Tanpa Revisi”, “Nunggu Wisuda”, “Calon Menantu Idaman”, atau tulisan lucu lainnya. Saking seringnya digunakan sebagai kado, selempang nama ini sudah banyak dijual di online shop. Jadi, jika kalian malas bikin sendiri, nggak perlu bingung lagi harus cari di mana.

3. Sematkan saja kalung medali atau samir wisuda ala-ala ke temanmu yang baru saja selesai pendadaran. Itung-itung biar dia latihan pakai aksesoris wisuda, ‘kan?

medali via mulpix.com

Jika biasanya medali diberikan pada pemenang dari suatu perlombaan atau kompetisi, sama halnya dengan kalung medali yang kamu berikan ke temanmu yang telah menyelesaikan sidang skripsinya. Selain bersifat personal, kalung medali ini juga merupakan sebuah penghargaan tersendiri bagi penerimanya. Selain kalung medali, kamu juga bisa berikan samir wisuda ala-ala sebagai gambaran bagaimana rasanya mengenakan samir wisuda asli segera.

4. Bawakan dia balon foil dengan ucapan selamat, nama dan gelar atau karakter unik yang mengekspresikan sukacita

Kamu tahu ‘kan, balon foil atau balon kata-kata yang sering digunakan di acara ulang tahu atau perayaan lainnya? Yup, balon foil ini bisa juga kamu manfaatkan sebagai benda unik yang bisa diberikan untuk temanmu yang telah selesai menyelesaikan sidang skripsinya. Susunlah menjadj nama, gelar, ucapan selamat, bisa juga dengan balon foil karakter unik dan lucu. Cocok banget buat foto-foto setelah pendadaran.

5. Selain bunga, buket cokelat pun bisa kamu jadikan alternatif untuk meramaikan momen perayaan usai pendadaran

buket cokelat via www.tokopedia.com

Kenapa cokelat? Camilan yang satu ini memang anti mainstream dan cocok untuk digunakan sebagai pemberian, apapun momennya. Coba bikin hadiah cokelat yang berbeda dari biasanya. Caranya, kamu buat dahulu tempat untuk menampung cokelat yang menyerupai buket bunga. Letakkan bungkusan cokelat di atasnya hingga penuh dan hias dengan bunga-bunga mini. Selain unik, buket cokelat ini juga bisa dimakan rame-rame dengan teman-teman siaga pendadaran lainnya.

6. Bikin saja papercraft atau props kata-kata yang bisa jadi daya tarik saat kalian berfoto ria bersama

Biasanya kamu akan menemukan props ini di event-event khusus seperti resepsi pernikahan misalnya. Nah, kenapa nggak kamu gunakan benda lucu in sebagai penyambutan pendadaran saja? Event khusus juga, ‘kan? Kamu bisa tuliskan hal-hal unik dan memotivasi seperti ‘Akhirnya Lulus”, “Kapan Nyusul?”, “Tetap Semangat”, “Siap Diwisuda”, atau ucapan lainnya. Props ini cocok banget kamu gunakan untuk properti foto usai penyambutan selesai. Pecah!

7. Nggak hanya bunga atau cokelat saja yang bisa diberikan ke temanmu usai pendadaran. Buket snack juga nggak kalah uniknya!

buket snack via www.ipopam.com

Satu lagi ide lucu yang bisa kamu realisasikan saat menyambut temanmu yang lagi pendadaran. Meski kesannya lucu-lucuan, memberikan benda-benda yang nggak terduga juga merupakan usahamu untuk mengapresiasi pejuang skripsi, lho. Buat saja buket aneka snack  misalnya; biskuit, permen, cokelat, keripik, atau kudapan lainnya. Lagipula, buket snack ini bisa kamu makan ramai-ramai usai perayaan selesai. Lumayan, ‘kan?

8. Terakhir, buatkan photo booth mini untuk media foto bareng kalian. Tuliskan kata-kata lucu yang menarik, ya!

photo booth via www.youtube.com

Nggak perlu repot-repot bikin photo booth berukuran besar, kamu cukup buatkan ukuran minimalis yang bisa digunakan untuk foto bareng 2-4 orang. Gunakan gabus atau styrofoam untuk membentuk photo booth mirip televisi, jangan lupa tambahkan kata-kata unik atau karakter yang menarik di tepiannya. Lengkap sudah, properti kalian untuk berfoto bersama. Tinggal siapkan senyum yang lebar, cekrek!

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi kan, mesti bawa benda apa untuk menyambut temanmu yang lagi pendadaran. Sebenarnya nggak penting-penting amat sih, tapi hal kecil ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pejuang skripsi selepas diterpa banyak pertanyaan di ruang sidang. Menyenangkan hati temanmu sesekali nggak apa-apa, ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya