Kadang, kamu menganggap waktu yang kamu punya masih sangat kurang untuk menuntaskan tugas sehari-hari. Rasanya kamu sampai ingin punya waktu lebih dari 24 jam sehari, supaya semua tugasmu bisa terlakoni.

Tapi sama seperti jatuh cinta, waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu manipulasi. Waktu terus bergulir, walaupun kamu hanya diam atau malas-malasan.

Tenang, karena dengan waktu yang kamu punya sekarang, kamu tetap bisa mengerjakan semua tugasmu dengan baik kok. Asal terapkan saja 7 tips di bawah ini. Tips-tips apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Jadwalkan waktumu. Kira-kira apa yang ingin kamu kerjakan dalam waktu satu hari?

Kamu bisa membuat jadwal mingguan ataupun harianmu sendiri via www.paigesimple.com

Advertisement

Cara pertama yang bisa kamu lakukan supaya tidak membuang-buang waktu adalah dengan membuat jadwal kegiatanmu dalam sehari.

Kamu bisa membuat daftar kegiatan dimulai ketika kamu bangun di pagi hari, hingga kamu akan tidur saat malam tiba. Tetapkan jadwal yang tepat dan sesuai dengan kegiatanmu. Menggunakan cara ini, kamu akan tahu apa saja yang sudah kamu lakukan.

2. Luangkan waktu 30 menit setiap pagi sebelum memulai hari

Jangan malas untuk berolahraga via bendoeslife.tumblr.com

Sebelum kamu memulai aktivitasmu setiap hari, pastikan kamu juga meluangkan 30 menit untuk memulai harimu.

Dengan meluangkan waktu 30 menit melakukan aktivitas fisik di pagi hari, misalnya dengan berolahraga, kamu memiliki banyak energi sepanjang hari dan tidak akan merasa lemas.

Selain itu, membuatmu untuk tetap fokus dan bugar menjalani aktivitas yang padat. Maka, bergeraklah sekarang juga.

3. Kamu yang tahu kemampuan dirimu, maka tak ada salahnya menetapkan deadline untuk tugas yang sedang kamu kerjakan

Jangan terlalu santai bila tugas belum selesai via www.tumblr.com

Jika kamu mempunyai tugas-tugas yang perlu mendapat perhatian lebih setiap hari maupun setiap minggunya, kamu bisa menetapkan deadline untuk dirimu sendiri.

Misalnya kamu bisa membuat rencana kapan kamu mengerjakan tugasmu dan kapan harus menyelesaikannya. Kamu yang tahu kemampuan dirimu sejauh apa, maka kamu sendiri yang bisa menerapkan batasnya.

Cara yang menyenangkan dan mudah adalah kamu bisa menempelkan sticky notes warna-warni di tempat yang gampang untuk kamu lihat dan baca, semisalnya di dinding kamar.

Daripada kamu berjuang buat menemukan waktu menyelesaikannya, lebih baik kamu menetapkan waktu dan menaatinya, kan.

4. Halau energi negatif yang ada di sekelilingmu dan bisa merusak suasana hatimu

Bertemanlah dengan orang-orang yang bisa berpikir positif via www.viralnovelty.net

Tidak ada hal yang bisa menguras energi dan merusak suasana hatimu lebih cepat dibandingkan orang-orang yang memiliki energi negatif.

Mereka inilah yang dapat merecoki semua kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari, salah satu contohnya adalah kamu memiliki teman yang selalu bercerita tentang hal-hal buruk yang dia alami, walaupun sebenarnya tidak buruk-buruk amat.

Mereka akan meminta pendapatmu sampai membuatmu ikut memikirkan penyelesaian masalahnya dan yang paling parah adalah ketika suasana hatimu ikut rusak karena ikut merasakannya.

Bila kamu menemukan orang-orang seperti itu, sebaiknya kamu jangan ikut ambil pusing urusan mereka, karena semua orang pasti punya masalah yang harus mereka selesaikan sendiri.

5. Hindari multitasking dalam mengerjakan sesuatu. Kalau ingin fokus, matikan semua koneksi yang mengganggu

Fokus pada kemampuanmu via www.psychologies.co.uk

Multitasking tidak selamanya baik, terlebih bila tugas yang kamu lakukan memintamu untuk fokus dalam pengerjaannya. Kamu tentu tidak bisa melakukan semua tugas dalam satu waktu dan menyelesaikannya dalam waktu yang bersamaan, sebab itu sedikit mustahil.

Tugasmu tidak akan selesai, jika kamu terus-terusan melihat akun Youtube atau membuka akun media sosial. Maka dari itu, cobalah untuk matikan semua koneksi.

Segera matikan ponsel, tutup semua akun media sosial, matikan WiFi dan semua hal yang bisa mengacaukan konsentrasimu saat mengerjakan tugas.

6. Jangan buang waktumu buat begadang. Apalagi cuma buat melihat timeline media sosial. Apa nggak sayang?

Mengecek media sosial boleh saja, asal jangan mengganggu waktu tidur via magdalenegroup.org

Ada kalanya kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur. Bisa jadi karena kelelahan atau memang belum merasa mengantuk. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek akun media sosialmu, seperti Path, Facebook, Twitter, Instagram ataupun yang lain.

Kamu mungkin tidak akan mengunggah postingan apapun, hanya melihat postingan yang diunggah oleh teman-temanmu atau orang-orang yang kamu ikuti.

Namun, mengecek akun media sosial seperti itu, membuat waktu bergulir tidak terasa. Eh, ternyata sudah dua jam jam saja, membuat waktu tidurmu jadi molor. Padahal besok pagi kamu harus mempresentasikan tugasmu dan dituntut untuk berpenampilan segar. Gimana mau penampilan segar kalau kamu kekurangan tidur karena keasikan melihat timeline media sosial?

7. Tulis semua yang sudah kamu kerjakan dalam sehari, dan bersyukurlah karena kamu berhasil menyelesaikannya

Tuliskan apapun di dalam jurnal milikmu via www.prepary.com

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang ada di gawai milikmu untuk membuat daftar kegiatan apa saja yang sudah kamu kerjakan dalam sehari. Kalau kamu lebih nyaman menulis dengan tangan, kamu bisa memanfaatkan buku catatan yang kamu punya dan menulislah. Pastikan buku catatanmu selalu ada di dekatmu, supaya kamu bisa tetap menuliskannya di mana pun dan kapan pun. Saat menulis itu, kamu juga akan tahu daftar apa yang kamu lewatkan dalam sehari.

Selesai menulis, kamu akan merasa begitu lega karena berhasil menyelesaikan tugasmu dengan baik.

Jangan lupa untuk bersyukur karena kamu tidak membuang-buang waktu.

Itu tadi tujuh hal yang bisa kamu praktikan untuk membuat waktumu jadi lebih produktif dan tidak terbuang sia-sia. Kamu sendiri apakah punya cara lain untuk membuat waktumu berharga? Bagikan ceritamu, yuk.