Anak muda sekarang memang identik dengan jalan-jalan. Mulai dari mendaki gunung, pergi ke pantai, atau menelusuri sejarah dan budaya di kota; semua dilakukan. Itulah yang jadi alasan kenapa keliling Indonesia dan melihat indahnya Nusantara adalah cita-cita bagi banyak anak muda Indonesia.

Namun, selain berpelesir di dalam negeri, menginjakkan kaki di tanah asing juga sebenarnya perlu masuk ke barisan daftar mimpi-mimpi yang hendak kamu lakukan. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan kalau jalan-jalan ke luar negeri itu mustahil bagi mahasiswa yang kantongnya cuma cukup buat hidup sederhana doang.
Eits . Siapa bilang? Walaupun kamu belum memiliki penghasilan sendiri, membuka paspor dan ke luar negeri bukan lagi mimpi asalkan kamu mau melakukan hal-hal ini.

Aktif di organisasi itu wajib. Dari sana kamu bisa membuka jendelamu untuk sedikit mengintip dunia luar

Aktif organisasi itu wajib! via osmorsa.com

Selepas kuliah memang lebih nikmat untuk tidur atau bermain dengan teman. Tapi di tempat lain, ada anak-anak muda yang sedang sibuk memantaskan diri dengan bersusah payah menjalankan tugas-tugas berorganisasi. Meskipun sulit, namun manfaat yang dirasakan nanti pasti sepandan kok.

Saat ini, banyak program pertukaran pemuda atau pelajar antar negara yang diadakan dan disponsori berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia sendiri melalui PPAN atau Pertukaran Pemuda Antar Negara. Mereka biasanya akan memprioritaskan untuk memberangkatkan anak-anak muda yang sudah memiliki bekal pengalaman yang memadai. Bila kamu sudah aktif di berbagai organisasi dan juga turut berkontribusi, maka kesempatanmu diberangkatkan akan semakin besar. Mewakili Indonesia dan dibiayai sepenuhnya, siapa yang nggak bangga?

Usahakan untuk selalu konsisten pada minat dan bakat meskipun itu berat. Dengan melakukan itu, jalanmu akan semakin terbuka lebar untuk berlayar ke luar negeri

Advertisement

Bakat dan minat bidang penyiaran sangat bagus untuk kamu kembangkan di luar negeri via brighterchelsea.com

Tidak ada kata telat untuk memulai memperjuangkan minat dan bakatmu, ada kisah tentang seorang mahasiswa di kota Yogyakarta yang baru memulai mempelajari tentang pengelolaan sampah dan wirausaha sosial semenjak kuliah, dan hal itu telah membuat ia berkeliling dunia secara gratis. Tidak hanya untuk jalan-jalan, tapi juga bisa mendapatkan ilmu dan membanggakan bangsa.

Memang sih Joey Alexander belum jadi mahasiswa, tapi konsistensi yang dia tunjukkan pada bakatnya patut untuk kamu jadikan panutan. Joey yang usianya masih 12 tahun saja bisa kok membuktikan bahwa konsistensi pada minat dan bakat pasti berbuah hasil yang hebat, kamu juga jangan mau kalah sama dia.

Kamu harus berani untuk bertarung di event Internasional. Kalau sampai juara, tentu kamu bakal diberi kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri juga

Ikutin deh kalau ada event Internasional via hilo.hawaii.edu

Bila kamu aktif di media sosial seperti Facebook dan Twitter, di sana akan kamu temukan banyak sekali informasi mengenai konferensi dan atau kompetisi internasional. Pada konferensi, tema yang diangkat pun beragam mulai dari pendidikan, perubahan iklim, krisis pangan, inovasi anak muda, wirausaha sosial, dan sebagainya. Bila kamu telah menekuni hal-hal tersebut, maka ini kesempatanmu untuk mengambil peran dalam acara tersebut.

Lain lagi untuk kompetisi, banyak organisasi, pemerintah, atau perusahaan di dunia yang mengadakan kompetisi di berbagai bidang. Kompetisi tersebut sering kali diadakan di negara-negara asal organisasi, pemerintah atau perusahaan tersebut, dan bila kamu lolos sampai tahap final saja, mereka akan menanggung seluruh biaya perjalanan kamu dari Indonesia ke tempat final. Kan asik kalau bisa mengasah keterampilanmu di kancah internasional sambil jalan-jalan gratis.

Kamu mahasiswa yang kreatif dengan minat travel yang tinggi? Kenapa gak nyoba buka biro perjalanan sendiri

Kamu bisa bikin trip orgazier sendiri yang pemesannya juga temenmu sendiri via www.studyinsured.com

Bila kamu memiliki bakat bisnis atau relasi yang banyak di beberapa negara, ini adalah kesempatan yang terbuka lebar untukmu. Kamu bisa memulai dengan mengajak teman-teman terdekatmu dengan paket perjalanan yang khas untuk anak muda, mengunjungi Bangkok lalu singgah ke Chulalongkorn University dan bertemu mahasiswa di sana.

Beberapa mahasiswa kreatif sudah banyak kok yang melakukannya. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan lho! Bayangkan saja misal kamu mengambil keuntungan Rp 500.000 peorang, dan ada 30 peserta yang ikut kegiatan kamu. Kamu sudah mendapatkan keuntungan Rp 15.000.000. Bisa untuk kamu jalan-jalan ke negara berikutnya deh!

Dapat tugas magang juga bisa kamu manfaatkan. Coba deh kirim surat lamaran magang ke Kedutaan atau perusahaan asing di luar negara kita tercinta ini

Kamu bisa magang di Kedubes RI dan ikut pas ada event internasional via wlacademicyearprograms.tumblr.com

Kamu memiliki kewajiban untuk magang dari kampus? Gimana kalau kamu memanfaatkan kesempatan ini untuk merasakan tantangan bekerja di luar negeri? Ada kok Kedutaan Besar Republik Indonesia di beberapa negara yang menyediakan program magang. Gak perlu khawatir, akomodasimu selama di sana bakal dibayarin sama mereka. Gak hanya itu, kamu juga bisa mengambil program magang yang disediakan beberapa perusahaan atau organisasi asing untuk mahasiswa internasional. Beberapa dari mereka bahkan menanggung penuh pengeluaran, dan bahkan memberikan gaji lho!

Ada kok yang sudah membuktikan kesempatan emas ini. Ia melaksanakan kegiatan magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Australia, seluruh akomodasinya ditanggung oleh KBRI di sana. Dan untuk menambah uang sakunya, ia berjualan kopi luwak saat pameran produk Indonesia, keuntungannya ternyata mampu membuatnya berkeliling beberapa kota di benua Australia! Mantap gak tuh.

Menjadi pemburu tiket promo adalah hal wajib bagi kamu mahasiswa traveler berkantong seadanya. Bagimu, tiket murah adalah doa yang jadi nyata

Banyak kok maskapai yang sering ngasi promo via tiketpesawatmurah13.wordpress.com

Saat ini promo tiket penerbangan, hotel, bahkan paket perjalanan sudah bertebaran di mana-mana. Bila kamu cermat, kamu bisa mendapatkan tiket perjalanan pulang-pergi ke negara lain di bawah Rp 500.000, dan bisa ditambah lagi dengan penginapan gratis. Bagaimana cara membuatnya gratis? Kamu bisa menawarkan ke berbagai sponsor lokal di kotamu dengan kompensasi tulisan mengenai perjalananmu, foto produk mereka di luar negeri, atau review produk mereka.

Pengalaman dari Irfan Prabowo membuktikannya, ia mampu mendapatkan sponsor lokal dari kotanya senilai Rp 1 3 juta setiap kali berpelesir ke negara-negara lain di dunia. Sebagian besar dana sponsor akan digunakan olehnya untuk membeli tiket pesawat atau membayar penginapan selama jalan-jalan, bila itu dalam masa promo, ia pun menyatakkan bahwa dana yang diberikan sponsor terkadang tersisa dan ia gunakan untuk uang jajan selama di negara tujuan. Seru kan?

Kamu yang emang pingin lanjut study bisa nyoba buat nyari beasiswa. LPDP dan beasiswa Internasional lainnya sudah banyak tersedia

Beasiswa ada di mana-mana via eightishad.wordpress.com

Menjadi seorang pemburu beasiswa, kenapa tidak? Bila kamu bercita-cita memulai kuliah atau melanjutkan kuliah di luar negeri, saat ini banyak sekali tawaran beasiswa terbuka di depan mata. Kamu dapat memilih sesuai negara, jenis sponsor, atau visi dan misi dari penyelenggaranya.

Misalnya saja kamu mendapatkan beasiswa penuh di Belanda, dengan nilai standar uang bulanan beasiswa yaitu Rp 20 juta. Ketika kamu berhasil hidup hemat di sana, di liburan musim panas bukan lagi mimpi untuk menyapa negara-negara lainnya di benua Eropa.

Selalu ada cara untuk bisa menjelajahi dunia yang telah diciptakan oleh Sang Maha Indah ini, satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mencobanya. Tapi jangan lupa untuk pulang ke Indonesia dan urunan tenaga untuk membangunnya ya. Karena yang kamu capai saat ini, ada kontribusi keringat ibu pertiwi di dalamnya.