“Tidak ada yang tahu kapan dan di mana manusia akan menutup usia, selain Yang Maha Kuasa. Sepandai apapun seseorang, mustahil jika dia bisa menebak usia, bahkan kematian orang lain. Dan di sini, Hipwee Tips HANYA SEBATAS memaparkan fakta baru mengenai harapan hidup pria, yang ternyata lebih pendek daripada wanita. Sikapi dengan bijak dan mata terbuka, ya :)”

Studi yang dilakukan Scientific American menyimpulkan bahwa harapan hidup cewek jauh lebih lama dibandingkan cowok. Bahkan di negara maju, harapan hidup ini bisa berjarak sampai 10 tahun. Berdasarkan data yang ada, tingkat kematian cewek lebih rendah di semua usia, termasuk sebelum kelahiran.

Hal serupa juga juga dilansir BBC melalui tulisan David Robson yang mengungkap bahwa cowok meninggal 3 tahun lebih dulu dari cewek di seluruh tempat di dunia, di seluruh kurun waktu.

Ada yang bilang, hal ini disebabkan karena cowok menjalani hidup yang lebih keras, mereka terbiasa bekerja di bawah tekanan dan punya tanggung jawab yang lebih besar. Benarkah?

1. Rahasianya ada pada DNA yang menyusun tubuh kita. Ingat ‘kan kalau kromosom cewek dan cowok berbeda?

Advertisement

Kromosom cewek adalah XX sedangkan cowok XY. Perbedaan kromoson ini berdampak pada usia sel. Dua kromosom X yang dimiliki cewek dapat menyimpan salinan ganda dari setiap gen. Sehingga jika ada yang rusak masih ada cadangannya, sementara cowok tidak memiliki backup seperti itu.

Artinya, ketika sel-sel mereka rusak seiring bertambahnya usia, maka resiko terserang penyakit juga meningkat.

2. Hormon estrogen yang dimiliki cewek membuat hidup mereka lebih lama, sedangkan hormon testosteron cowok sebaliknya

Hormon cewek dan cowok beda via eharmony.com

Sebuah penelitian di Korea yang dilakukan Park Han-Nam pada abad ke 19 pada 81 kasim istana dipotong testisnya sebelum pubertas menunjukkan bahwa mereka ternyata hidup 20 tahun lebih lama. Bahkan dibuktikan juga para kasim itu memiliki kemungkinan 130 kali lipat dari orang lain untuk hidup sampai 100 tahun. Hal yang sama juga diungkap David Gems (University of London) dalam penelitiannya terhadap narapidana yang dikebiri.

Testosteron membuat tubuh lebih kuat dalam jangka pendek tapi seiring bertambahnya usia juga meningkatkan resiko penyakit jantung, infeksi, kanker prostat, hipertensi, aterosklerosis.

Sementara itu hormon estrogen yang dimiliki perempuan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghilangkan racun kimia penyebab stres dan membantu menjaga arteri tetap kuat. Hormon ini juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung sampai waktu menopause.

FYI, detak jantung wanita meningkat selama menstruasi dan sama saja dengan olahraga ringan, hasilnya bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari lesswrong.com dan www.ncbi.nlm.nih.gov

3. Harus diakui, cewek lebih peduli pada kesehatannya, sementara cowok lebih banyak yang cuek-cuek saja

Cowok tidak terlalu care via flyertalk.com

Cewek lebih sering berkunjung ke dokter menurut data dari Agency for Healthcare Research and Quality. Selain itu, saat sakit cowok cenderung mengidap Sindrom John Wayne, mereka tidak ingin ketahuan kalau sakit. Seperti yang dilansir www.urbandictionary.com, kebanyakan cowok juga memiliki pola hidup yang lebih tidak sehat seperti merokok, minum-minuman keras, dan makan banyak.

Penyebab kematian terbesar ketiga pada cowok adalah cedera yang tidak disengaja dan ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Lobus frontal di otak yang digunakan untuk memperhitungkan resiko dan tanggung jawab ternyata berkembang lebih lambat pada cowok. Akibatnya mereka cenderung lebih sembrono atau tidak hati-hati.

Inilah yang disebut dengan lobus frontal:

Lobus frontal via cnsvp.standford.edu

4. Kehidupan sosial cewek dan cowok yang cenderung berbeda juga menjadi salah satu faktornya

Cewek suka curcol via kamervibe.com

Studi yang dilakukan Universitas Brigham Young pada tahun 2010 mengungkap bahwa cowok cenderung lebih banyak menyimpan masalahnya sendiri. Sedangkan cewek lebih senang bercerita pada orang lain, karena itulah cowok memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari cewek. Dibuktikan juga kalau pria yang menikah, harapan hidupnya lebih lama.

Dilansir dari: www.bbc.com

5. Jadi bukan karena cowok menjalani hidup yang lebih “keras” ya, tapi memang sudah bawaan dari sananya

Bukan karena kehidupan cowok lebih keras via allmysonswestpalmbeach.wordpress.com

Sejak di dalam rahim, cewek sudah memiliki perkembangan fisik yang lebih cepat dari cowok. Sistem imun yang dibawa sejak lahir pun lebih kuat dalam tubuh cewek menurut Imperial College School of Medicine di London. Saat dewasa, cowok juga cenderung lebih tinggi dan besar tubuhnya.

Artinya, ada lebih banyak sel yang dimiliki sehingga lebih berpotensi mengembangkan mutasi yang berbahaya dan membakar lebih banyak energi dan menambah kehausan jaringan.

Disclaimer penulis: artikel ini bukan bertujuan untuk mendahului kehendak Sang Kuasa mengenai panjang-pendeknya usia seseorang. Sekali lagi, terbukalah terhadap fakta-fakta baru yang dunia kesehatan temukan. Lagi pula, wajar rasanya jika pola hidup tak sehat yang dilakukan seseorang secara terus-menerus bisa memicu timbulnya banyak penyakit, bahkan yang kronis penyebab kematian. So, don’t make it too serious, ya 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!