Apa zodiakmu? Kira-kira penyakit apa yang rentan kamu derita?

Percaya pada perbintangan alias zodiak memang tidak dianjurkan. Tapi kalau diposisikan sebagai sebuah ilmu, nggak masalah kamu mempelajarinya dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Lagi pula ini bukan soal membaca masa depan, tapi kaitaN waktu kelahiran dengan sifat dan kesehatanmu.

FYI, jaman dulu dokter menggunakan astrologi sebagai alat untuk membantu memprediksi pengembangan kasus penyakit yang serius. Ilmu ini dikenal dengan nama astrologi medis atau iatromathematics, sebuah tradisi intelektual yang cukup lama dipertahankan.

“Dokter tanpa pengetahuan astrologi tidak punya hak untuk memanggil dirinya sendiri dokter.” (Hippocrates)

Ada lebih dari 200 penelitian yang memang membuktikan bahwa bulan kelahiran kita memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Pada tahun 2013 misalnya, diuji 86 juta jiwa dari berbagai belahan dunia dan hasilnya signifikan. Orang yang lahir di musim dingin memiliki resiko schizophrenia lebih tinggi. Ada kemungkinan penyakit lainnya juga. Daripada penasaran apa kata zodiak tentang kesehatanmu, langsung cek ulasan Hipwee Tips yang diolah dari Healthline, yuk!

1. Capricorn (23 Desember -20 Januari) rentan terhadap penyakit di bagian tulang, lutut, gigi, kulit, dan sendi

Advertisement

Postur sempurna via demo-tagdiv.com

Capricorn biasanya memiliki postur tubuh yang sempurna dan tulang yang kuat. Namun juga paling beresiko terkena patah tulang. Si capricorn ini ‘kan dikenal ambisius tuh, jadi dia cenderung bandel dan banyak gerak sehingga resiko tulang menjadi mudah retak. Ya, masuk akal sih.

2. Si anggun Aquarius (21 Januari -19 Februari) waspadai kaki bagian bawah, pergelangan kaki, dan masalah pernapasan

Anggunnya cewek Aquarius via astrologyhub.com

Pemilik zodiak Aquarius memang cenderung sangat anggun, meskipun kadang-kadang “liar” juga. Terkait kesehatan, kamu biasanya memiliki pergelangan kaki yang lemah dan varises di kaki. Kamu juga sering bermasalah di pernapasan dan impuls saraf. Jika kurang cukup waktu untuk istirahat kamu bisa menderita arthritis, jantung, tungkai bengkak, asma dan alergi.

3. Masalah di sistem saraf, kaki, dan thalamus jadi kekhawatiran Pisces (20 Februari -20 Maret)

Pisces cenderung sensitif dan sering khawatir dirinya sakit. Tapi kekebalan tubuhnya memang lemah. Kamu juga orang yang idealis sehingga beresiko sering kecewa, karena itu kamu akan lebih rentan terkena penyakit.

4. Kamu Aries (21 Maret – 20 April)? Jangan sepelekan kesehatan kepala, otak, dan wajahmu

Cewek overthink via huffingtonpost.com

Sebagai pribadi yang ceria dan suka tantangan kamu juga cenderung overthink, sehingga sering mengalami stres fisik dan mental. Walaupun kamu adalah orang yang selalu kuat untuk bertahan dalam segala kerentanan. Masalah kesehatan yang sering kamu hadapai biasanya juga terkait stres seperti sakit kepala, migrain, stroke, gigi, rahang, dan bahkan noda wajah.

5. Taurus (21 April – 21 Mei) tak boleh abai dengan masalah leher, telinga, dan tenggorokan

Taurus biasanya suaranya bagus via youtube.com

Kamu bisa down kesehatannya bahkan hanya karena pilek. Penyakit lain yang rentan kamu derita adalah sakit tenggorokan dan sakit telinga. Yang paling menonjol memang masalah terkait tenggorokan sih. Bagi seorang Taurus, tenggorokan jadi ancaman sekaligus keunggulan, karena biasanya orang Taurus suaranya bagus-bagus.

FYI, kalau kamu sering lesu dan mengalami kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas, mungkin itu karena kamu memiliki tiroid yang kurang aktif.

6. Paru-paru, bahu, lengan dan tangan harus jadi perhatian Gemini (22 Mei – 21 Juni)

Masnya lagi flu via glamourmagazine.co.uk

Orang gemini sering terkena demam, pilek, flu dan batuk serta masuk angin. Kalau pun bukan masalah pernapasan, biasanya penyakit mereka terkait dengan tangan, lengan dan leher. Gemini juga biasanya sering gugup dan ini mengakibatkan kecemasan, insomnia, serta kelelahan saraf.

7. Kamu yang zodiaknya Cancer (22 Juni – 22 Juli), jaga payudara/dada dan perutmu lebih hati-hati

hai cancer! via gymaholic.com

Depresi adalah penyakit umum yang sering diderita para pemilik zodiak Cancer karena mereka cenderung emosional dan intuitif. Untuk menghibur diri, Cancer biasanya mengalihkan perhatian mereka ke makanan. Akibatnya, mereka rentan terkena obesitas dan masalah pencernaan seperti penyakit usus dan juga asam urat.

8. Leo (23 Juli – 21 Agustus) nggak boleh lengah untuk urusan jantung, punggung, tulang belakang, dan darah

Cowok Leo yang percaya diri via skithub.com

Hati-hati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sumbatan arteri, dan detak jantung yang tidak teratur. Kamu secara alami sebenarnya berwibawa dan percaya diri, tapi kalau ada sesuatu yang membuat kamu bersikap sebaliknya, ini bisa jadi masalah.

Tenangkan dirimu dengan penuh kesadaran atau meditasi untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

9. Virgo (22 Agustus – 23 September) cuma punya dua masalah; perut dan usus!

Kalau nggak gemuk banget ya kurus banget via dailydot.com

Virgo biasanya bermasalah dengan berat badan mereka, entah itu terlalu gemuk atau terlalu kurus. Mereka sering mengalami gangguan pada organ pencernaan seperti penyakit perut; bisul, sembelit, alergi makanan, dan sindrom iritasi usus besar.

Mereka cenderung terburu-buru dalam melakukan apapun dan memiliki terlalu banyak pikiran. Tanpa istirahat cukup, penyakit itu akan lebih mudah nyangkut.

10. Perhatikan dengan baik ginjal, kelenjar adrenal, dan kulitmu wahai Libra (24 September – 23 Oktober)

Sakit perut via youtube.com

Kamu lebih sering terganggu oleh masalah pencernaan dan biasanya sering diare atau sembelit. Dan karena kulitmu juga sensitif, pastikan kamu tetap terhidrasi dan membuat kulitmu lembab.

11. Scorpio (24 Oktober – 22 November) paling banyak masalah di kandung kemih, rektum, alat kelamin, ovarium serta testis

kendalikan nafsumu! via sehatfresh.com

Hormon seks yang dimiliki Scorpio cenderung tak menentu pada para pemilik zodiak Scorpio. Kalau sudah ekstrim, sering kali orang Scorpio memutuskan untuk hidup selibat atau tidak menikah. Sebaliknya, kalau yang tidak bisa mengendalikan bisa cenderung terkena penyakit menular seksual.

Scorpio juga pencemburu atau obsesif dan ini tidak baik untuk produksi hormon mereka. Masalah yang bisa ditimbulkan antara lain; menstruasi tidak teratur , infeksi kandung kemih, dan diabetes.

12. Sagitarius (23 November – 22 Desember) harus lebih serius memperhatikan masalah penglihatan

Kesehatan matamu lho, dijaga! via i.huffpost.com

Sagitarius biasanya lebih mudah gelisah sehingga rentan mengalami kecelakaan. Kerentanan ini juga dipengaruhi oleh kualitas penglihatan mereka yang tidak bagus. Selain penglihatan Sagitarius juga kadang mengalami masalah di tulang belakang.

Disclaimer penulis: tentu saja, astrologi medis ini hanya sebuah teori belaka dan pasti sebagian dari kamu ada yang merasa tidak cocok juga. Tapi kalau untuk pengetahuan dan pertimbangan saja, kenapa tidak ‘kan? Intinya apapun bulan kelahiranmu, yang harus kamu lakukan adalah makan makanan yang sehat, berolahraga, dan hidup bahagia agar selalu sehat 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!