“Duh, kok ada jerawat sih? Perasaan semalam udah cuci muka, deh..”

“Lho, sejak kapan ada jerawat? Kemarin nggak ada, kok!”

Rasanya semua cewek pernah mengalami kaget luar biasa ketika tiba-tiba menemukan jerawat saat bangun tidur. Hal menyebalkan ini otomatis bikin mood jadi kacau mendadak. Sambil berkaca, kamu bertanya-bertanya kenapa bisa ada jerawat bermunculan di wajah sementara di hari sebelumnya wajah tampak baik-baik saja. Huh, ‘kan jadi bete!

Namanya juga jerawat, bisa muncul kapan saja saat kita lengah. Jangan khawatir dulu, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk mencegah hal ini terjadi. Berikut ulasannya dilansir dari laman Today.com, simak dan praktikkan, ya!

1. Jangan gunakan handuk muka yang sama berkali-kali, karena ini sama saja kamu memindahkan bakteri

sering ganti handuk wajah via www.wisegeek.com

Dr. Debra Jaliman, asisten profesor di Mount Sinai School of Medicine dan penulis buku Skin Rules mengatakan bahwa sebaiknya kamu punya persediaan handuk muka yang cukup banyak sehingga bisa menggunakan yang baru setiap kali mencuci muka.

Advertisement

Rasanya cukup boros memang jika kamu harus punya persediaan handuk muka untuk gonta-ganti lap muka. Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan tisu kering. Tapi juga harus irit ya, karena tisu sulit lapuk dalam tanah.

Jangan lupa juga untuk mencuci muka sedikitnya dua kali sehari untuk menyingkirkan bakteri sekaligus mencegah kemunculan jerawat.

2. Pastikan bantal yang kamu gunakan selalu bersih dengan rutin menggantinya minimal dua kali dalam sebulan

sering ganti sarung bantal via www.wikihow.com

Sarung bantal jadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri. Kotoran, debu dan minyak dari rambutmu bisa terakumulasi di sarung bantal. Usahakan selalu ganti sarung bantalmu secara rutin minimal dua kali dalam sebulan.

Kamu juga bisa gunakan sarung bantal satin yang nggak menyerap kelembaban dan mengurangi gesekan kulit dengan kain.

3. Hindari menyentuh remot TV apalagi main handphone sebelum tidur, kalaupun iya, cuci tangan dulu dengan sabun

cuci tangan habis mainan HP via www.npr.org

Remote TV adalah salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri dan dengan mudah bakteri ini bisa berpindah ke wajah lewat jari-jari tanganmu.

Jangan lupa selalu mencuci tangan setelah menggunakan remote TV. Kamu juga bisa sekali seminggu mengusap remot dengan tisu anti bakteri.

Perlakuan yang sama juga perlu diperhatikan pada ponsel. Bakteri yang ada di permukaan ponsel juga bisa berbahaya untuk kesehatan kulit wajahmu, terutama area di sekitar mulut dan pipi. Jika kamu terpaksa menggunakan ponsel sebelum tidur, usap permukaan dengan tisu basah beralkohol, ya.

Ribet, ya? Memang. Tapi ini ampuh mencegah jerawat bermunculan setelah bangun tidur.

4. Duh, jangan ngemil di atas kasur, deh. Baiknya hentikan aktivitas makan satu hingga dua jam sebelum kamu tidur

kurangi ngemil sebelum tidur via www.huffingtonpost.co.uk

Makanan manis sebelum tidur, bisa meningkatkan kadar gula darah dengan tajam dan memunculkan peradangan. Salah satu efek sampingnya adalah jerawat. Kadar gula yang tinggi juga bisa meningkatkan kadar energi yang menyebabkan kamu sulit tidur. Padahal semakin sedikit waktu tidurmu, maka akan semakin tinggi kadar glucocorticoid yang dikeluarkan tubuh.

Glucocorticoid adalah steroid yang bisa memicu kemunculan jerawat. Nah, lho!

5. Rajin-rajinlah membersihkan wajah sebelum masa menstruasi, karena pada fase ini produksi hormon sedang tinggi

lebih rajin cuci muka menjelang mens via diypaleo.com

Puncak produksi hormon dalam tubuh cewek terjadi seminggu sebelum menstruasi. Periode ini membuat kelenjar minyak jadi terlalu aktif dan membuat kulit jadi mudah berjerawat. Gantilah pembersih muka dengan jenis yang juga mengurangi kadar minyak di kulit. Bersihkan wajah lebih rutin dari biasanya di masa-masa ini, ya.

6. Jaga posisi tidur, usahakan jangan sering tidur dengan posisi miring apalagi di ruangan yang panas

posisi tidur diperhatikan via www.huffingtonpost.com

Tidur miring ke salah satu sisi akan membuat minyak yang keluar dari rambut langsung kontak dengan kulit wajah. Hal ini tentu saja akan memicu lebih banyak jerawat yang muncul.

Karenanya, jauhkan rambut dari wajah saat tidur dengan menggunakan bando atau mengucir rambut, tapi jangan terlalu kencang.

Tinggikan kepala dengan bantal, untuk menghilangkan efek mata bengkak di pagi hari. Cara ini juga baik untuk mencegah munculnya kerutan kulit. Selain itu, jaga suhu ruangan saat tidur karena ruangan yang terlalu panas akan membuat kulit memuai dan berkeringat terlalu banyak sehingga memicu munculnya jerawat.

7. Tidurlah dengan tenang, jangan ‘bawa’ stres ke kasurmu! Stres juga jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat

kurangi stres via www.huffingtonpost.com

Memang sangat mudah diucapkan dibanding dilakukan. Stres yang tinggi bisa membuat produksi minyak di kulit semakin banyak dan menimbulkan peradangan.

Jangan lupa berdoa sebelum tidur, meditasi, yoga atau dengarkan musik yang menenangkan untuk meredakan stres dan mencegah kemunculan jerawat di pagi hari.

Gampang ‘kan?

8. Jangan ulangi lagi memencet jerawat atau terlalu bernafsu pada produk perawatan kulit

jagan keseringan mencet jerawat via www.verywell.com

Tahan semua keinginan untuk memencet jerawat seberapapun mengganggunya godaan itu. Karena jerawat itu akan muncul lebih parah di keesokan harinya dan justru menimbulkan bekas.

Lebih baik kompres dengan air hangat pada kulit wajah yang mulai terlihat akan berjerawat, lalu oleskan krim anti jerawat setelahnya. Tapi juga jangan terlalu bernafsu pada bahan perawatan kulit. Terutama perawatan seperti pembersih dan scrub yang keras yang malah bisa membuat kulit menjadi lebih aktif memproduksi calon jerawat.

Pilih pembersih yang lembut dan menganding salicylic acid untuk membuka dan membersihkan kotoran yang terperangkap dalam pori dan minyak.

Dengan cara-cara di atas, kamu nggak akan lagi terkaget-kaget gara-gara jerawat yang tiba-tiba muncul di wajahmu saat bangun tidur. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya