Menusia itu sering kali khilaf. Hal tersebut menjadikannya sebagai makhluk yang lalai dan enggan memperbaiki apa yang telah dilakukan. Jarang sekali ada yang mau belajar dari kesalahan, meski sikap seperti itu hanya segelintir orang yang menerapkan. Termasuk kebiasaan khilaf meletakkan suatu barang. Mulai dari barang berharga hingga yang murahan, waktu kamu bisa terbuang sia-sia hanya untuk mencari-cari HP, dompet, atau kunci.

Supaya saat terburu-buru di pagi hari kamu nggak ribet mencari, sebaiknya kamu kamu coba cara untuk mengatasinya. Jika dibiarkan pun bakal bikin rugi sendiri, oleh karena itu kamu harus lakukan cara yang sudah Hipwee Tips rangkum berikut ini. Ada 6 langkah yang memudahkan mencari barang, sekaligus mengatasi keteledoran dan sifat pelupa kamu.

1. Berikan wadah khusus untuk menaruh kunci, HP, atau dompet. Kamu juga bisa meletakannya di gantungan dekat pintu

taruh di gantungan kunci ini via www.etsy.com

Punya kebiasaan lupa menaruh barang memang sangat menyebalkan. Ketika ingin segera berangkat, kamu malah sibuk mencari barang yang sangat dibutuhkan. Apalagi kalau bendanya kecil dan warnanya gelap, maka kamu akan merasa kesulitan mencarinya. Untuk memudahkan, kamu sebaiknya mempunyai wadah khusus untuk meletakan barang tersebut. Misalnya barang seperti kunci, kamu bisa membuat gantungan kecil di dekat pintu. Atau kamu juga bisa menyediakan tempat seperti mangkuk kecil yang sengaja untuk menaruh kunci, dompet, maupun HP.

Paling mudah, letakkan wadah di atas meja yang sering dilewati atau gantungan kunci di dekat pintu keluar rumah. Sehingga memudahkanmu menemukannya ketika membutuhkan.

2. Luangkan waktu untuk merapikan seluruh bagian rumah agar barang-barang yang tak terpakai dapat disingkirkan segera. Sehingga meminimalisir kesulitanmu jika nanti mencari barang

Advertisement

rapikan barang-barangmu via www.japantimes.co.jp

Sesibuknya kamu sehari-hari, paling tidak luangkan waktu sejenak untuk membersihkan rumah. Selain rumahmu jadi nyaman ditempati dan elok di pandang, keberadaan barang-barang tak terpakai dapat segera disingkirkan. Dengan begitu, kamu jadi lebih gampang menemukan barang yang diperlukan saat itu juga. Siapa yang senang kalau rumah rapi dan nggak bikin ribet ketika mencari barang?

3. Biasakan mengucap ketika kamu meletakan suatu benda. Dengan begitu, alam bawah sadar akan membantu mengingatnya

jangan bengong, tapi menaruhnya sambil mengucap via www.resume.com

Taruh kunci di meja belajar kamar. Jangan lupa ya.

atau,

Letakan HP di meja ruang keluarga supaya gampang dengar kalau lagi di dapur.

Menurut Michael Solomon – penulis How to Find Lost Objects, supaya kamu terbantu mengingat barang yang diletakan, maka biasakan untuk mengucapkannya. Karena hal itu akan mengerakan alam bawah dasar untuk membantumu mengingat tempat mana saja kamu tadi meletakan barang.

4. Setel ponsel selalu dalam keadaan dering dan dokumen penting pada map cerah agar nggak susah mencari

deringkan ponselmu via www.cnbc.com

Jika tidak diwajibkan untuk membuat mode silent, sebaiknya kamu tetap kondisikan HP dalam keadaan dering. Hal ini memudahkanmu ketika sedang kehilangan HP. Tinggal mengikuti bunyi deringnya, HPmu pasti mudah ditemukan. Jangan lupa juga untuk mengatur volume HP agar tak terlalu kecil. Jika kamu menyetelnya kecil, maka sama saja tidak akan terdengar.

5. Buat dirimu senyaman mungkin supaya bisa berpikir jernih ketika ingin menemukan barang hilang. Misalnya duduk, ambil napas perlahan, sambil minum air mineral atau secangkir teh

tenang dirimu, cari posisi nyaman via www.entrepreneur.com

Biasanya saat merasa kehilangan barang kamu bakal panik. Sayangnya, barang kamu akan makin sulit ditemukan kalau kamu tak bisa tenang. Untuk itu, kamu harus berusaha menenangkan diri dengan cara duduk yang nyaman dan ambil napas secara perlahan. Tak ada salahnya juga jika kamu sekalian mengambil minum air mineral atau secangkir teh agar makin tenang. Dengan begitu, pikiranmu jadi lebih fresh dan bisa berpikir dengan jernih. Kamu jadi bisa mengingat deh terakhir tadi kamu dari mana dan membawa barang apa saja.

6. Cek berbagai tempat yang kemungkinan terkait dengan benda yang kamu cari. Sambil mengingat-ingat kapan terakhir kamu menggunakannya dan di mana

misalnya tas kamu via www.quickanddirtytips.com

Mencari barang yang sedang diperlukan sekali memang nggak mudah. Kamu harus mengingat dari awal lagi seharian tadi kamu habis dari mana saja dan membawa apa saja. Kamu dapat mengecek ke berbagai tempat yang ada kemungkinannya dengan benda-benda yang kamu cari. Cari di sekitar lokasi itu karena bisa saja barang tersebut terjatuh saat kamu tidak menyadarinya.

Salah satu hal yang menyebalkan yaitu kamu sedang memerlukan suatu barang, tapi tidak menemukannya. Kamu lupa menaruhnya di mana dan jadi membuang-buang waktu. Coba kamu terapkan keenam cara tadi agar sifat pelupa dan sikap teledor kamu bisa teratasi dengan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya